Sukses

10 Manfaat Bermain Catur untuk Kesehatan, Baik untuk Otak

Catur juga bisa meningkatkan kesehatan otak.

Liputan6.com, Jakarta Catur merupakan permainan papan yang sangat populer di dunia. Permainan ini banyak dimainkan di berbagai tempat saat orang-orang berkumpul. Permainan ini bahkan sudah diakui sebagai satu cabang olahraga.

Tak cuma sebagai permainan, catur juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Catur melibatkan tantangan intelektual yang intens yang sangat baik untuk kesehatan pikiran. Ini membuat para pemain catur harus mengerahkan seluruh pikirannya untuk membentuk taktik untuk memenangkan permainan.

Catur memiliki banyak manfaat kognitif, termasuk kemampuan untuk meningkatkan kognitif, empati, ingatan, kreativitas, dan keterampilan perencanaan dan pemecahan masalah. Catur meningkatkan perkembangan anak dalam hal pemecahan masalah, membangun hubungan sosial, dan berpikir.

Catur juga dapat membantu mengatasi gejala atau tingkat keparahan beberapa kondisi kesehatan, termasuk demensia, ADHD, dan serangan panik. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu harus sering berlatih. Berikut manfaat bermain catur untuk kesehatan yang dilansir Liputan6.com dari Healthline, Minggu (25/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat bermain catur untuk kesehatan

Mengembangkan perspektif

Catur mengembangkan kemampuan untuk melihat dari sudut pandang orang lain. Pemain catur yang terampil belajar mengantisipasi gerakan lawan berikutnya. Untuk memprediksi apa yang akan dilakukan orang lain selanjutnya, pemain harus mengembangkan kemampuan untuk mengadopsi perspektif orang lain dan menyimpulkan tindakan apa yang akan mereka lakukan.

Ini adalah kemampuan yang penting untuk melatih empati dan membangun hubungan sosial yang sehat.

Meningkatkan daya ingat

Para pecatur terkenal memiliki daya ingat yang kuat. Permainan ini melibatkan hafalan berbagai kombinasi gerakan dan hasil potensial. Pecatur berpengalaman menunjukkan kinerja yang lebih tinggi terkait dengan jenis ingatan auditori. Ini adalah kemampuan untuk mengingat apa yang telah dipelajari melalui pendengaran.

Pemain catur yang terampil juga memiliki kemampuan yang lebih baik daripada rata-rata untuk mengingat dan mengenali pola visual dengan cepat.

3 dari 6 halaman

Manfaat bermain catur untuk kesehatan

Meningkatkan kecerdasan

Orang dengan banyak pengalaman bermain catur memiliki kemampuan berpikir yang sangat berkembang di dua bidang; kecerdasan fluida dan kecepatan pemrosesan.

Kecerdasan fluida adalah kemampuan untuk mempertimbangkan jenis masalah baru dan menggunakan penalaran untuk menyelesaikannya. Sementara kecepatan pemrosesan adalah kemampuan untuk dengan cepat memahami tugas dan merespons tantangan secara efisien.

Meningkatkan flow state

Flow state adalah saat seseorang berada pada tingkat kesadaran optimal menjalani suatu proses, namun proses tersebut tidak terasa telah dilakukan karena begitu dinikmati. Atlet, artis, dan pemain sering menggambarkan memasuki semacam time warp, di mana mereka begitu terfokus pada tugas yang ada sehingga kesadaran mereka tentang apa pun di luar penampilan tampaknya menghilang.

4 dari 6 halaman

Manfaat bermain catur untuk kesehatan

Meningkatkan kreativitas

Catur dikenal dapat meningaktkan kinerja otak, terutama pada anak. Peneliti menyimpulkan bahwa catur meningkatkan kemampuan siswa untuk melatih pemikiran yang berbeda dan kreatif.

Meningkatkan keterampilan perencanaan yang lebih baik

Permainan catur dikenal untuk periode kontemplasi diam yang lama, di mana pemain mempertimbangkan setiap gerakan. Pemain menghabiskan waktu mengantisipasi tanggapan lawan mereka dan mencoba untuk memprediksi setiap kemungkinan.

Kebiasan ini adalah salah satu manfaat kesehatan kognitif dari bermain catur. Keterampilan perencanaan pemain catur jauh lebih baik daripada orang yang tidak bermain catur.

5 dari 6 halaman

Manfaat bermain catur untuk kesehatan

Membuat terapi menjadi lebih efektif

Beberapa konselor dan terapis bermain catur dengan klien sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran diri dan membangun hubungan terapeutik yang lebih efektif. Catur dianggap sebagai strategi terapi kreatif. Permainan ini bisa digunakan untuk melihat reaksi seseorang terhadap stres dan tantangan yang muncul. Terapis akan membantu mengevaluasi respons dan mempelajari lebih lanjut tentang respons tersebut.

Cegah perkembangan demensia

Dalam tinjauan penelitian tahun 2019, para ilmuwan menemukan bahwa tuntutan catur fleksibilitas mental yang kompleks dapat membantu melindungi orang tua dari demensia. Peneliti menemukan bukti bahwa permainan yang menantang ingatan, perhitungan, keterampilan visual-spasial, dan kemampuan berpikir kritis, dapat membantu mengurangi penurunan kognitif dan menunda efek demensia seiring bertambahnya usia.

6 dari 6 halaman

Manfaat bermain catur untuk kesehatan

Mengurangi gejala ADHD

Dalam sebuah studi tahun 2016 yang melibatkan 100 anak usia sekolah dengan gangguan attention deficit hyperactivity disorder, para peneliti memasukkan permainan catur secara teratur dalam pendekatan pengobatan multi-faceted.

Pelajar yang berpartisipasi dalam metode pengobatan ini mengalami penurunan 41 persen dalam hal kurangnya perhatian dan aktivitas berlebihan setelah menjalani pengobatan.

Mencegah serangan panik

Catur elektronik dapat membantu mencegah serangan panik. Meski belum ada penelitian skala besar, dalam satu studi kasus tahun 2017, seseorang yang mengalami serangan panik dapat menggunakan aplikasi catur di ponsel untuk meningkatkan rasa tenang dan mencegah serangan panik.

Kunci suksesnya adalah menemukan tingkat tantangan yang tepat untuk menyibukkan perhatiannya dan mengalihkan perhatiannya dari perasaan tidak menyenangkan. Untuk pengguna ini, tingkat kesulitan 2 hingga 4 memberikan jumlah interaksi yang tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini