Sukses

8 Manfaat Minyak Jojoba untuk Kecantikan, Bisa Atasi Jerawat

Manfaat minyak jojoba untuk kecantikan bisa mengatasi berbagai masalah kulit.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak jojoba untuk kecantikan bisa digunakan sebagai perawatan rutin. Tidak hanya memberikan dampak baik untuk kulit, minyak jojoba juga baik digunakan untuk kesehatan rambut. Tidak heran penggunaanya semakin digemari.

Minyak jojoba yang berbentuk lilin cair ini dihasilkan dari olahan biji tanaman jojoba (benih tanaman Simmondsia chinensis). Tanaman ini merupakan semak-semak yang biasanya tumbuh di daerah dengan iklim kering.

Manfaat minyak jojoba untuk kecantikan bisa mengatasi berbagai masalah kulit. Jika kamu ingin melakukan perawatan dengan minyak jojoba, sebaiknya coba oleskan ke kulit tangan terlebih dahulu untuk melihat apakah ada reaksi alergi yang terjadi atau tidak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/10/2020) tentang manfaat minyak jojoba untuk kecantikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Jojoba untuk Kecantikan

Melembapkan Kulit

Manfaat minyak jojoba untuk kecantikan yang pertama adalah dapat melembapkan kulit. Hal ini bisa didapatkan karena minyak jojoba kaya akan komponen seramid, yang baik untuk menghidrasi kulit.

Selain mudah menyerap di kulit, penggunaan minyak jojoba juga tidak meninggalkan sisa minyak yang lengket. Hal ini membantu menciptakan penghalang yang kuat terhadap alergen dan polusi debu.

Teteskan empat sampai enam minyak jojoba pada tangan dan usapkan pada wajah saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur. 

Mengatasi Jerawat

Jerawat juga bisa teratasi dengan manfaat minyak jojoba untuk kecantikan. Hal ini tentunya sangat baik bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat. Minyak jojoba juga termasuk nonkomedogenik, yang berarti tidak menyumbat pori-pori kulit.

Minyak jojoba dapat berfungsi sebagai pelindung wajah. Kandungannya yang kaya yodium membuat minyak jojoba dapat melawan pertumbuhan bakteri berbahaya penyebab jerawat.

Sebuah penelitian menyebutkan, masker wajah minyak jojoba mampu mengurangi peradangan dan munculnya jerawat secara signifikan. Hal ini karena minyak jojoba mampu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

3 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Jojoba untuk Kecantikan

Menghapus Riasan

Jika kamu mengalami alergi saat menggunakan produk makeup remover karena bahan kimianya, minyak jojoba bisa menjadi solusi terbaikmu. Minyak jojoba lebih alami dan terbukti efektif untuk menghilangkan kotoran, riasan, dan bakteri pada wajah. Bahkan minyak ini aman untuk membersihkan riasan pada mata, dan tergolong hipoalergenik.

Cara menggunakannya mudah saja, tinggal teteskan tiga hingga lima tetes minyak jojoba pada kapas pembersih untuk menghapus riasan.

Menyamarkan Kerutan

Manfaat minyak jojoba untuk kecantikan juga bisa menyamarkan kerutan dan garis-garis halus di wajah. Hal ini karena vitamin E yang sangat berlimpah di dalam minyak jojoba. Zat ini berguna untuk menyamarkan garis-garis halus, kerutan, dan secara alami memperlambat tanda-tanda penuaan lainnya.

Sebuah penelitian menyebut bahwa penggunaan rutin minyak jojoba dapat menurunkan garis-garis halus dan kerutan hingga 25%. Setetes hingga tiga tetes minyak jojoba dapat membantu mengenyahkan kerutan pada wajah. Cara menggunakannya mudah saja, usapkan pada area yang berkerut secara perlahan dengan gerakan melingkar hingga menyerap sepenuhnya.

4 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Jojoba untuk Kecantikan

Mencegah Stretch Marks saat Hamil

Minyak jojoba juga dapat digunakan bagi ibu hamil, khususnya untuk mengurangi dan mencegah stretch marks. Caranya, oleskan beberapa tetes minyak jojoba di atas perut dua kali sehari selama hamil dan kamu tak akan berurusan lagi dengan stretch marks yang mengganggu bahkan setelah persalinan.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Manfaat jojoba untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk rambut. Menggunakan minyak jojoba dapat mengatasi kebotakan. Jojoba kerap kali dimasukkan ke dalam produk sampo dan kondisioner karena diklaim mampu melembapkan rambut dan kulit kepala dengan baik. Manfaat jojoba lainnya untuk rambut yaitu mengatasi masalah ketombe dan membuat tampilan rambut menjadi lebih berkilau dan halus.

5 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Jojoba untuk Kecantikan

Mengurangi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Jika semua produk yang kamu beli tak juga berhasil menghilangkan mata panda, coba minyak jojoba saja. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa minyak seperti jojoba dapat menjadi alternatif yang baik untuk mengurangi dan menghilangkan lingkaran hitam.

Menyembuhkan Luka

Manfaat minyak jojoba juga diklaim bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Sebuah studi menunjukkan aktivitas yang baik dalam mempercepat penutupan luka dengan menggunakan minyak jojoba.

Jojoba dianggap mampu merangsang pertumbuhan kolagen. Penelitian ini menganjurkan pemakaian jojoba untuk pengobatan luka sesuai aturan klinis. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika kamu ingin menerapkan manfaat minyak jojoba untuk kecantikan satu ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.