Sukses

12 Cara Membersihkan Pembuluh Darah, Konsumsi Jenis Makanan Berikut

Ada berbagai cara membersihkan pembuluh darah, salah satunya dengan konsumsi makanan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu jenis penyakit yang cukup banyak penderitanya, yaitu penyakit jantung koroner. Melansir Klikdokter, penyakit jantung koroner bahkan menempati urutan atas sebagai penyebab kematian di dunia.

Timbulnya penyakit jantung koroner tersebut, diakibatkan plak pada pembuluh darah. Plak pada pembuluh darah tersebut bisa terbentuk akibat kolesterol jahat (LDL) yang menumpuk dalam jangka waktu tertentu. Itulah mengapa, sangat penting untuk memahami bagaimana cara membersihkan pembuluh darah agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

Jika dicermati lebih lanjut, cara membersihkan pembuluh darah sangat mudah. Bahkan cara membersihkan pembuluh darah cenderung menggunakan sumber alami, terutama dari makanan. Pemilihan makanan yang tepat, akan membantu menjaga kesehatan jantung bahkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Nah, lalu apa saja makanan yang bisa menunjang cara membersihkan pembuluh darah tersebut? Berikut ini, Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai hal tersebut, Kamis (22/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Ikan dan Alpukat

1. Ikan

Cara membersihkan pembuluh darah yang pertama, menggunakan bantuan dari ikan. Jenis makanan ini banyak terkandung jenis lemak sehat, yang memiliki sifat melindungi kesehatan pembuluh darah serta jantung. Salah satu jenis lemak sehat yang terkandung dalam ikan yaitu omega-3.

Seperti yang secara luas sudah diketahui, omega-3 dikenal sebagai lemak tak jenuh yang bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah, hingga memabntu untuk menurunkan risiko serangan jantung. Beberapa jenis ikan yang kaya akan omega-3 seperti tuna, salmon, dan makerel.

 

2. Alpukat

Ada beberapa nutrisi alpukat yang hampir sama seperti ikan. Di dalam alpukat terdapat kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan jantung serta pembuluh darah. Alpukat juga memiliki kandungan elektrolit dengan nama potasium yang bisa mencegah penyakit jantung dan pengapuran pada pembuluh darah. Senyawa tersebut bisa mencegah timbulnya hipertensi alias tekanan darah tinggi, serta menjaga kesehatan pembuluh darah.

3 dari 8 halaman

Minyak Zaitun dan Kacang-Kacangan

3. Minyak zaitun

Selanjutnya, cara membersihkan pembuluh darah bisa menggunakan minyak zaitun. Minyak ini merupakan salah satu jenis minyak sehat yang punya efek melindungi kesehatan pembuluh darah serta jantung. Maka dari itu, konsumsi minyak ini sangat baik, terutama jika disajikan dengan tepat seperti jadi salad dressing atau minyak untuk menumis.

 

4. Kacang-kacangan

Kandungan alami dari kacang-kacangan yaitu lemak tak jenuh, vitamin, serat, dan antioksidan. Selain itu, kacang-kacangan juga menjadi makanan yang sehat bagi jantung serta pembuluh darah, dengan syarat cara mengolahnya benar.

Beberapa jenis kacang tersebut, seperti kacang almons, kacang tanah, kedelai, dan kacang mede. Jenis kacang-kacangan tersebut sangat efektif menjaga kesehatan pembuluh darah jika diolah dengan dikukus, dipanggang, atau direbus. Sebab, jika diolah dengan cara digoreng, maka berpotensi merusak manfaat sehatnya.

4 dari 8 halaman

Kunyit dan Kopi

5. Kunyit

Kunyit dapat mengurangi pengerasan pada pembuluh darah atau arteriosclerosis. Kandungan curcumin yang terdapat di dalam kunyit, berfungsi sebagai anti-inflamasi dan bisa mengurangi peradangan serta mengurangi timbunan lemak dalam arteri. Kunyit juga memiliki kandungan vitamin B6 yang bisa mengurangi penumpukan plak di pembuluh darah.

 

6. Kopi

Mungkin tidak banyak yang tahu, jika konsumsi kopi bisa menjadi cara membersihkan pembuluh darah. Sebab kopi mengandung antioksidan yang bisa melindungi kesehatan jantung serta pembuluh darah jika dikonsumsi sebanyak dua cangkir sehari.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kopi, pastikan konsumsinya tidak diberi tambahan gula. Selain itu, jangan konsumsi kopi lebih dari dua cangkir per hari. Hal ini untuk mencegah timbulnya risiko hipertensi bagi beberapa orang.

5 dari 8 halaman

Jeruk dan Semangka

7. Jeruk

Jeruk merupakan jenis buah yang sangat kaya akan kandungan vitamin C. Jenis buah tersebut bermanfaat sebagai antioksidan yang bisa menjaga kesehatan pembuluh darah. Apabila buah tersebut dikonsumsi secara rutin dan teratur, maka sangat mungkin dapat mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah.

 

8. Semangka

Selain buah jeruk dan delima, jenis buah semangka juga sangat baik dikonsumsi karena memiliki asam amino yang akan memproduksi nitrat dalam tubuh. Nitrat bisa membuat arteri menjadi rileks dan menurunkan risiko penyakit jantung. Sedangkan asam amino akan membantu tubuh memproduksi nitric oxide, di mana bisa membantu untuk memperlebar pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

6 dari 8 halaman

Bayam dan Brokoli

9. Bayam

Di dalam daun bayam terkandung kalium, folat, dan serat yang bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah sekaligus mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Konsumsi satu porsi bayam per hari bisa menurunkan kadar homosistein, yaitu faktor yang menjadi penyebab penyakit jantung.

 

10. Brokoli

Selain bayam, cara membersihkan pembuluh darah bisa dengan konsumsi jenis sayuran hijau ini. Brokoli memiliki kandungan vitamin K yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang serta menjaga kalsium supaya tidak merusak pembuluh darah. Lalu, konsumsi brokoli juga akan memenuhi keubutuhan akan serat yang bisa menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan mengurangi stres. Sebab, kondisi stres bisa merobek dinding dan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

7 dari 8 halaman

Asparagus dan Gandum Utuh

11. Asparagus

Kemduian, masih dari jenis sayuran. Asparagus adalah jenis sayuran yang sangat baik untuk membersihkan pembuluh darah. Di dalam asparagus terkandung sangat banyak serat serta mineral penting, dan bisa mencegah pembekuan darah. Kandungan dari asparagus tersebut akan bekerja di dalam pembuluh darah untuk mencegah penumpukan dan menangkal gumpalan plak. Pastikan konsumsi asparagus dengan cara yang sehat, seperti dengan dikukus, bakar, panggang, atau dimakan mentah.

 

12. Gandum utuh

Kemudian, cara membersihkan pembuluh darah yang terakhir dengan mengonsumsi gandum utuh. Makanan ini baik untuk kesehatan jantung serta pembuluh darah. Hal tersebut tidak lain karena kandungan serat tinggi yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Sumber gandum utuh seperti oatmeal atau roti gandum utuh, bisa menjadi salah satu pilihan sumber karbohidrat kompleks yang bagus, terutama jika ingin terhindar dari penyakit jantung.

8 dari 8 halaman

Gejala Gangguan pada Pembuluh Darah

Penyempitan pada pembuluh darah akibat penyempitan plak biasa disebut dengan arteriosklerosis. Plak pada pembuluh darah tersebut merupakan hasil dari tumpukan kolesterol, kalsium, serta sel radang.

Sebenarnya gangguan tersebut jika masih dalam tahap ringan, tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun, jika sudah semakin berat, maka bisa timbul berbagai gejala tergantung organ yang dipengaruhinya.

Apabila arteriosklerosis terjadi pada pembuluh darah karotis di mana bertanggung jawab mengantarkan darah ke otak, maka gejala yang bisa timbul adalah:

- Mulut mencong

- Bicara pelo

- Rasa baal pada separuh wajah

- Kelemahan tubuh pada satu sisi

- Sulit bernapas

- Sakit kepala

 

Namun apabila arteriosklerosis terjadi pada pembuluh darah koroner yang bertanggung jawab mengantarkan darah ke otot jantung, maka gejalanya biasanya berupa:

- Nyeri dada, terutama di dada kiri seperti ditimpa benda yang berat

- Keringat dingin

- Muntah

- Pingsan

- Nyeri ulu hati

 

Sedangkan arteriosklerosis yang terjadi pada pembuluh darah tungkai bawah, maka bisa timbul keluhan seperti:

- Bisa terjadi kesemutan atau baal

- Tungkai kaki teraba dingin atau kebiruan

- Nyeri di tungkai bawah yang semakin terasa berat saat beraktivitas

- Bahkan pada kondisi yang berat, tungkai tak mampu digerakkan sama sekali

Selain itu, timbulnya gangguan pada pembuluh darah dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, gagal jantung, gagal ginjal, stroke, dan aritmia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini