Sukses

Viral di Medsos, Ini Asal Usul Jargon 'Tarik Sis Semongko' Versi Netizen

Tarik Sis Semongko mendadak viral di TikTok, ini asal-usulnya.

Liputan6.com, Jakarta Media sosial beberapa waktu lalu memunculkan istilah baru yang banyak dipakai para penggunanya. Istilah itu yakni jargon “Tarik Sis, Semongko” yang mendadak viral di jagat media sosial.

Sejak viral penggunaan jargon “Tarik Sis, Semongko” ini terkesan lucu, asik dan tentunya menghibur. Kalimat tersebut adalah awalan yang diikuti dengan nyanyian musik dangdut. Terkesan lucu dan menghibur, kata-kata tersebut kemudian banyak diunggah ulang oleh para netizen di TikTok.

Meski sudah viral, namun rupanya beberapa netizen masih mencari tahu soal asal usul dan arti dari jargon tersebut. Jargon ini ternyata muncul pertama kali dari Banyuwangi. Dimana saat itu sedang ada acara musik 2nd Anniversary Pemuda Damlimo Community. Setelah jargon “Tarik Sis, Semongko” ini, diikuti dengan lagu berjudul “Bunga” yang juga ikut viral di TikTok.

Tak hanya itu, beragam komentar netizen yang menjelaskan kemunculan awal dan arti jargon tersebut. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, asal usul jargon "Tarik Sis Semongko" versi netizen, Rabu (21/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berawal dari Konser Dangdut

Dilansir dari akun Twitter @bakul_KopiPahit oleh Liputan6.com, asal jargon "Tarik Sis Semongko" berawal dari acara musik dangdut. Saat acara bersiap dimulai, salah satu personelnya berteriak "tarik sis" sebagai aba-aba musik dengan irama gendang.

"Awalnya dari konser dangdut. Saat akan mulai satu lagu, ada personel yg ngucap "tarik sist" trus ada yg jawab "semongko"" tulis pemilik akun @bakul_KopiPahit pada Selasa (13/10/2020).

Ia juga menjelaskan jika "Semongko" adalah plesetan dari kata "Sumonggo" yang punya arti silahkan.  

"Kata "semongko" berasal dari plesetan "sumonggo" yg artinya "silahkan"" lanjutnya. 

3 dari 4 halaman

Ada Personil Bernama Wasis

Selain akun tersebut netizen lain juga menambahkan soal asal usul istilah "Tarik Sis Semongko" yang viral itu. Pamilik akun Twitetr @rajief_JR menuliskan jika ada grup orkes dangdut bermama SERA dan salah satu personelnya bernama Wasis.

"Tarik Sis" adalah ucapan personel lain yang meminta pemain musik bernama Wasis untuk bersiap. Lalu Wasis menyaut dengan kata "Semongko" yang merupakan plesetan kata yang berarti silahkan.

4 dari 4 halaman

Konser Dangdut di Banyuwangi

Istilah "Tarik Sis Semongko" pertama kali muncul lewat video di YouTube yang memperlihatkan suasana acara musik di Banyuwangi. Orkes dangdut itu membawakan lagu berjudul Bunga yang versi aslinya merupakan musik Melayu. Di acara tersebut, lagu ini dinyanyikan oleh Anggun Pramudita dengan nuansa musik koplo.

Pencetus jargon “Tarik Sis, Semongko” adalah Ridho Woyo-woyo, dimana ia merupakan MC kondang di Banyuwangi, Jawa Timur. Ada pula yang berpendapat jika kata "Semongko" adalah kepanjangan dari "Semangato Sampek Bongko” yang dalam Bahasa Indonesia diartikan “Semangatlah Sampai Mati”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini