Sukses

6 Cara Pakai Sheet Mask yang Benar, Ketahui Juga Manfaatnya untuk Wajah

Penting mengetahui cara pakai sheet mask yang benar agar mendapatkan hasil maksimal.

Liputan6.com, Jakarta Cara pakai sheet mask yang benar perlu untuk diketahui agar mendapatkan hasil yang maksimal. Penggunaan masker yang belum benar, salah satunya sheet mask tentunya akan membuat manfaatnya terbuang sia-sia. Oleh sebab itu penting untuk memahami bagaimana cara pakai sheet mask yang benar agar manfaatnya dapat dirasakan.

Sheet mask merupakan salah satu jenis masker yang kini tengah digemari oleh wanita, pada khususnya. Jenis masker satu ini sangat mudah untuk diaplikasikan. Walaupun pengaplikasiannya cukup mudah, namun, cara pakai sheet mask yang benar tak boleh diabaikan.

Sheet mask adalah salah satu jenis masker yang kini tengah populer. Mempunyai banyak manfaat untuk wajah, tak heran jika sheet mask dijadikan salah satu pilihan untuk perawatan wajah. Sheet mask terdiri dari beragam varian dan merk yang bisa disesuaikan dengan kondisi wajah kamu.

Sheet mask biasanya digunakan sebelum tidur, yang dimana setelah bangun tidur wajah terasa lembap. Ragam manfaatnya tentunya dapat kamu rasakan ketika kamu sudah memahami cara pakai sheet mask yang benar.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang cara pakai sheet mask yang benar beserta manfaatnya untuk wajah, Senin (19/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Sheet Mask

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai bagaimana cara pakai sheet mask yang benar, penting untuk mengenal sheet mask yang kini tengah digemari oleh kalangan wanita, pada khususnya. Sheet mask adalah masker wajah berbentuk lembaran yang terbuat dari serat alami, seperti katun. Lembaran masker ini biasanya diperkaya dengan serum sebagai bahan utamanya.

Sheet mask mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi dibandingkan krim wajah topikal (oles). Sheet mask juga mengandung berbagai kandungan asam amino serta vitamin dan mineral tertentu yang menawarkan berbagai manfaat baik bagi kulit wajah.Tergantung pada bahannya, masker lembaran ini dapat membantu bahan-bahan aktif di dalamnya meresap ke dalam kulit.

Dibandingkan dengan masker biasa, sheet mask hanya bisa digunakan satu kali. Setelah ditempel ke wajah, lembarannya bisa langsung dibuang. Sisa serum yang menempel di wajah bisa dibiarkan meresap ke dalam kulit tanpa perlu mencuci muka.

Sheet mask yang dipakai pada malam hari membuat esens bila maksimal menyerap ke dalam kulit. Pasalnya, sel kulit beregenerasi saat seseorang tidur. Tak heran bila kulit terasa lebih lembap saat bangun tidur.

Sementara, pemakaian sheet mask pada pagi hari sangat membantu memperbaiki kondisi kulit sebelum memulas makeup. Pasalnya, makeup apapun tak akan maksimal hasilnya bila kondisi kulit kering dan kusam.

3 dari 4 halaman

Cara Pakai Sheet Mask yang Benar

Sheet mask mempunyai banyak manfaat untuk wajah. Manfaat tersebut tentunya dapat kamu rasakan jika kamu sudah memahami cara penggunaan sheet mask yang benar.

1. Simpan Sheet Mask di Dalam Kulkas

Sebelum menggunakan sheet mask, ada baiknya kamu menyimpan sheet mask di dalam kulkas terlebih dahulu. Sheet mask merupakan salah satu jenis skincare yang sebaiknya diletakkan di dalam kulkas. Menyimpan sheet mask di dalam kulkas merupakan cara pakai sheet mask yang benar yang harus diperhatikan. Masker yang dingin akan membuat wajahmu tampak segar.

2. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Cara pakai sheet mask yang benar selanjutnya yakni membersihkan wajah terlebih dahulu. Membersihkan wajah bertujuan untuk mengangkat make up, kotoran, dan minyak.Jika masih ada make up atau kamu tidak cuci muka, manfaat serum yang terdapat pada sheet mask tidak dapat terserap dengan baik ke kulit wajah.

3. Baca Aturan Pakai Kemudian Aplikasikan ke Wajah

Cara pakai sheet mask yang benar selanjutnya yakni dianjurkan untuk membaca aturan pakainya di belakang kemasan terlebih dahulu. Pasalnya, setiap sheet mask umumnya memiliki kandungan dan aturan cara pemakaian yang berbeda-beda. Pastikan kandungan yang terdapat pada sheet mask sesuai dengan tipe dan masalah kulit wajah kamu.

Setelah memahami aturan pakainya, kemudian kamu aplikasikan ke wajah kamu yang sudah bersih. Pastikan tangan kamu yang memegang sheet mask juga bersih ya. Lembar sheet mask biasanya memiliki satu ukuran yang sama untuk semua wajah. Oleh sebab itu, pada beberapa bentuk wajah, lubang sheet mask terkadang tidak sesuai posisinya dengan mata, hidung, dan mulut kamu.

Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa menggunakan sheet mask dengan cara meletakkannya terlebih dulu pada area dahi dan mata agar masker tidak menimbulkan gelembung dan dapat menempel sempurna. Kemudian, tarik lembaran masker ke area pipi dan dagu.

4. Jangan Pakai Sheet Mask Terlalu Lama

Banyak yang beranggapan bahwa memakai masker dalam waktu yang lama akan memberikan dampak positif untuk wajah, padahal cara pakai sheet mask terlalu lama sebenarnya tidak dianjurkan.

Cara pakai sheet mask yang benar maksimal, yakni selama 10-20 menit. Cara pakai sheet mask lebih dari 20 menit bisa menyebabkan kulit wajah menjadi iritasi. Jika sheet mask dipakai hingga kering maka ia dapat menyerap kembali kelembapan yang ada di kulit wajah kamu. Akibatnya, manfaat sheet mask menjadi tidak efektif lagi.

5. Gunakan Serum Sisa Masker

Cara pakai sheet mask yang benar selanjutnya yakni menggunakan serum sisa masker. Setelah mengaplikasikan sheet mask ke wajah, biasanya terdapat sisa serum di dalam kemasan. Serum tersebut bisa kamu gunakan dan tampung ke dalam wadah yang lain. Saat selesai pakai sheet mask, peras serum berlebih di lembar masker ke dalam wadah kecil. Sehabis itu pijat ke dada, leher, tangan kaki, atau bagian tubuh yang kulitnya kering. 

Selain itu, kamu bisa mengumpulkan sisa serum yang diletakkan di wadah kecil. Potong dua kapas bulat, celupkan ke dalam serum dan letakkan di bawah mata. Ini dapat membantu mengatasi garis halus dan lingkaran hitam di bawah mata. 

6. Pakai Pelembap Setelah Maskeran

Memakai pelembap setelah maskeran adalah cara pakai sheet mask yang benar selanjutnya yang tentunya harus diperhatikan. Setelah serum agak kering di wajah, oleskan pelembap yang biasa kamu gunakan. Secara tidak langsung ini adalah cara menghalangi serum yang sudah terserap kulit wajah menguap keluar setelah pakai sheet mask.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sheet Mask

Sheet mask merupakan salah satu jenis masker yang kini tengah digemari menjadi salah satu skincare. Setelah mengetahui cara pakai sheet mask yang benar, selanjutnya penting untuk mengetahui apa manfaat dari rutinnya menggunakan sheet mask.

Sheet mask dipercaya memberi efek positif untuk kecantikan kulit wajah. Mulai dari mengencangkan kulit, mencegah timbulnya jerawat, hingga menyamarkan garis-garis halus di wajah.

Manfaat sheet mask yang utama adalah melembapkan kulit wajah secara intensif. Hal ini tak terlepas dari kandungan asam hialuronat, ceramide, dan antioksidan yang paling banyak terdapat pada sheet mask.

- Kandungan asam hialuronat bekerja dengan menciptakan lapisan kulit terluar, melembapkan kulit, dan memperbaiki tekstur kulit.

- Ceramide bekerja dengan memblokir faktor-faktor pemicu lingkungan dari luar, seperti bakteri dan debu, yang dapat mengganggu lapisan kulit paling luar.

- Kandungan antioksidan pada sheet mask membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel kulit sehingga berujung pada penuaan dini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini