Fungsi Organ Tubuh Manusia Bagian Luar, Pahami Juga Organ Bagian Dalamnya

Oleh Selma Intania Hafidha pada 19 Okt 2020, 15:30 WIB
Diperbarui 19 Okt 2020, 15:30 WIB
Ilustrasi organ manusia
Perbesar
Ilustrasi organ manusia (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Fungsi organ tubuh manusia bagian luar ini dapat menambah wawasan dan mengenal lebih jauh tentang organ tubuh manusia beserta fungsinya. Organ tubuh manusia bagian luar memiliki banyak fungsi dan tentunya harus senantiasa dijaga.

Manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan struktur atau organ paling sempurna dan lengkap. Organ tubuh manusia merupakan salah satu pembeda antara manusia dengan makhluk hidup lainnya. Tak hanya fungsi organ tubuh manusia bagian luar saja yang perlu diketahui, organ tubuh manusia bagian dalam juga penting untuk diketahui.

Seluruh organ tubuh manusia tentunya bekerja dengan baik setiap harinya agar manusia bisa menjalankan aktivitasnya dengan baik. Seluruh organ tubuh manusia menjalankan fungsinya dengan baik, salah satunya fungsi organ tubuh manusia bagian luar. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga organ tubuh tersebut agar selalu dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Fungsi organ tubuh manusia bagian luar, bagian dalam, dan organ tubuh lainnya penting untuk diketahui. Mengenal organ tubuh manusia juga dapat membuat seseorang senantiasa mencintai dan menjaga tubuhnya sendiri.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang penjelasan lengkap mengenai fungsi organ tubuh manusia bagian luar, Senin (19/10/2020).

2 dari 3 halaman

Fungsi Organ Tubuh Manusia Bagian Luar

ilustrasi mata
Perbesar
ilustrasi mata (sumber: Pixabay)

Fungsi organ tubuh manusia bagian luar tak kalah penting dari organ tubuh manusia bagian dalam yang dianggap vital seperti limpa salah satunya. Fungsi organ tubuh manusia bagian luar dapat menjalankan fungsinya dengan baik apabila selalu dijaga.

1. Mata

Mata merupakan organ tubuh manusia bagian luar pertama yang akan diulas. Mata adalah organ tubuh manusia bagian luar yang mempunyai sejuta manfaat. Jika mata sudah tidak dapat menjalankan fungsinya secara maksimal tentunya akan berdampak terhadap kegiatan yang dilakukan manusia setiap harinya. Fungsi organ tubuh manusia bagian luar yang bernama mata ini secara umumnya tentunya berfungsi untuk melihat. Namun ada manfaat lainnya dari mata yang penting untuk diketahui.

Fungsi dari mata yakni bisa menerima respon berupa pantulan cahaya yang membuat manusia dapat membedakan bentuk, warna dan lain-lain. Mata sendiri memiliki jutaan saraf yang terhubung ke otak, kemudian saluran perintah. Terdapat berbagai organ yang mendukung pandangan manusia, seperti pupil, lensa, iris dan lain sebagainya.

2. Bibir

Fungsi organ tubuh manusia bagian luar selanjutnya adalah bibir. Menjadi salah satu bagian dari wajah, bibir merupakan bagian tubuh yang kerap dijaga kesehatan juga keindahannya. Bibir juga kerap dipercantik para wanita dengan polesan lipstik agar terlihat terawat.

Terlepas dari itu semua, bibir merupakan organ tubuh manusia bagian luar yang begitu peka terhadap benda asing. Lapisan kulit pada bibir yang bernama membran mukrosa merupakan membran yang dapat mendeteksi atau memiliki kepekaan rabaan begitu kuat.

Pada bagian dalam bibir, akan terdapat rongga mulut. Dimana dalam rongga mulut terdapat berbagai organ seperti lidah yang berfungsi sebagai indera pengecap, gigi yang berfungsi untuk mengunyah makanan dan lain-lain.

3. Alat Reproduksi

Alat reproduksi merupakan organ tubuh manusia bagian luar selanjutnya yang fungsinya tentunya sudah tak asing lagi. Fungsi organ tubuh manusia bagian luar satu ini secara umum yakni digunakan untuk proses reproduksi manusia. Alat reproduksi manusia ada dua, yakni alat reproduksi wanita dan pria. Wanita dan pria memiliki alat reproduksi yang berbeda, yang dimana beberapa fungsinya juga ada yang berbeda.

Perbedaan dari alat reproduksi wanita dan pria ini terdapat pada jenis kelamin dan organ reproduksinya. Selain itu, pengaruh hormon juga sangat berperan aktif dalam penentuan jenis kelamin seseorang.

4. Anggota Gerak

Fungsi organ tubuh manusia bagian luar selanjutnya yakni mengenai anggota gerak. Anggota gerak manusia yakni tangan dan kaki berfungsi untuk membantu pergerakan tubuh manusia, seperti berjalan, berlari, mengambil sesuatu, makan dan berbagai kegiatan lainnya.

Tangan dan kaki tentunya memberikan kemudahan untuk manuisia menjalankan segala aktivitasnya. Oleh sebab itu penting untuk menjaga organ tubuh manusia bagian luar manusia satu ini agar dapat memudahkan ketika menjalankan aktivitas.

5. Hidung dan Telinga

Hidung dan telinga merupakan organ tubuh manusia bagian selanjutnya yang akan sedikit di ulas. Indra pendengaran dan penciuman manusia ini memiliki ragam fungsi penting tentunya. Fungsi organ tubuh manusia bagian luar manusia yang bernama hidung ini memiliki peran penting dalam sistem pernafasan manusia, juga akan berfungsi sebagai penyaring atau filter. Sehingga kotoran yang tercampur dalam udara tidak akan masuk ke paru-paru.

Sedangkan fungsi organ tubuh manusia bagian luar selanjutnya yakni telinga, berperan penting dalam pendengaran manusia. Sebab melalui telingalah manusia akan menerima rangsang atau suara dari luar.

3 dari 3 halaman

Fungsi Organ Tubuh Manusia Bagian Dalam

Ilustrasi limpa
Perbesar
Ilustrasi limpa (Public Domain)

Setelah mengetahui fungsi organ tubuh manusia bagian luar, selanjutnya perlu untuk mengetahui apa saja fungsi organ tubuh manusia bagian dalam. Organ tubuh manusia bagian dalam ini terdiri dari beberapa organ vital.

1. Testis

Testis merupakan organ tubuh manusia bagian dalam pertama yang akan diulas. Testis adalah sepasang organ yang memiliki bentuk oval dan memiliki tugas untuk menghasilkan sperma pada pria dan sekresi androgen, hormon pria yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sistem reproduksi pada pria.

2. Kelembung Adrenal

Organ ini adalah salah satu kelenjar endokrin yang terletak di atas ginjal dan memiliki bentuk segitiga. Fungsinya adalah untuk melakukan sekresi hormon dalam menanggapi stres dan bertanggung jawab untuk hormon seperti kortisol, estrogen dan testosteron.

3. Pankreas

Organ tubuh manusia bagian dalam terdiri dari organ-organ vital, salah satunya adalah pankreas. Pankreas merupakan bagian integral dari sistem pencernaan dan juga fungsi kepala pankreas adalah untuk mengeluarkan cairan pankreas dan juga insulin.

4. Limpa

Organ tubuh manusia bagian dalam selanjutnya adalah limpa. Limpa terletak di sebelah kiri lambung dan memiliki fungsi untuk menyaring darah. Limpa menyimpan trombosit dan sel darah putih di dalamnya. Selain itu, limpa juga merupakan tempat untuk mendaur ulang sel darah merah. Fungsi penting lain dari limpa adalah kontrol bakteri tertentu yang merupakan penyebab pneumonia dan meningitis.

5. Kandung Kemih

Organ tubuh manusia bagian dalam selanjutnya adalah kandung kemih. Kandung kemih adalah kantung otot yang sangat plecible dan digunakan untuk menyimpan urin sebelum diekskresikan dan terletak di bagian depan rongga panggul. Kandung kemih dapat menahan sekitar 300 untuk 350 ml urin.

Lanjutkan Membaca ↓