6 Cara Menyimpan Produk Skincare, Perhatikan Suhu Ruangan

Oleh Selma Intania Hafidha pada 15 Okt 2020, 20:25 WIB
Diperbarui 15 Okt 2020, 20:25 WIB
skincare-kezo
Perbesar
ilustrasi jenis produk kecantikan yang tidak boleh digunakan terlalu sering/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Cara menyimpan produk skincare penting untuk dipahami agar produk yang digunakan tetap awet. Jenis produk skincare ada beberapa macam. Tak semua produk skincare bisa disimpan dalam suhu ruangan yang sama. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara menyimpan produk skincare agar produk tetap awet.

Setiap produk skincare, baik untuk wajah maupun tubuh, mempunyai komposisi yang berbeda. Oleh sebab itu cara menyimpan produk skincare pun pasti berbeda antar produk. Penyimpanan yang salah dapat membuat kandungan di dalamnya menjadi tidak efektif untuk memunculkan manfaat yang diklaim. 

Jika tidak memahami cara menyimpan produk skincare tentunya akan menimbulkan efek samping dan berdampak buruk terhadap kesehatan wajah kamu. Manfaat yang dijanjikan untuk kamu pun bisa jadi tidak akan muncul. 

Cara menyimpan produk skincare yang tidak diperhatikan juga akan membuat produk skincare terbuang sia-sia. Pasalnya, jika warna dan aromanya sudah berubah tentunya kamu tak mungkin menggunakannya lagi.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang cara menyimpan produk skincare agar tak mudah rusak, Kamis (15/10/2020).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Menyimpan Produk Skincare

Ilustrasi produk kecantikan/copyright shutterstock
Perbesar
Ilustrasi produk kecantikan/copyright shutterstock

Cara menyimpan produk skincare yang benar harus dipahami dengan baik. Kandungan setiap skincare yang berbeda membuat skincare harus diletakkan di tempat yang berbeda. Selain agar skincare tak mudah rusak, cara menyimpan produk skincare juga tentunya akan berdampak baik terhadap kesehatan wajah kamu.

Setelah membeli produk skincare yang cocok dengan jenis kulit, ada baiknya Anda memperhatikan cara penyimpanannya sebab hal tersebut dapat mempengaruhi kandungan zat yang terkandung di dalamnya.Kebanyakan produk skincare dan kosmetik tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

1. Skincare yang Bisa Disimpan di Kulkas

Cara menyimpan produk skincare yang pertama yakni memilah skincare yang bisa disimpan di dalam kulkas. Kulkas merupakan tempat penyimpanan produk skincare atau kosmetik yang terbuat dari bahan alami alias organik (tidak mengandung pengawet), produk yang mempunyai kandungan vitamin A dan C, parfum, cat kuku, dan mascara waterproof.

Vitamin A dan C yang terkandung dalam krim wajah anti-aging dan obat jerawat adalah vitamin yang lemah terhadap panas sehingga bahan aktifnya akan lebih cepat hilang jika terpapar sinar matahari langsung. 

Sementara Mascara waterproof mempunyai kandungan yang tidak stabil, yang dimana, jika terkena panas akan mempercepat penguapan zat sehingga produk tersebut akan lebih cepat kering.

Suhu dingin kulkas tentunya dapat memperlambat proses penguraian pada parfum dan menjaga formula pada cat kuku. Produk dengan kandungan gel, masker mata, dan facial spray bisa juga disimpan dalam kulkas karena bisa memberikan efek yang lebih menyegarkan jika disimpan di suhu dingin.

2. Skincare yang Bisa Disimpan di Suhu Ruang (Suhu Kamar)

Cara menyimpan produk skincare selanjutnya yakni menyimpan skincare tertentu pada suhu ruang (suhu kamar). Produk dengan komposisi minyak, mineral oil, atau lilin seperti face oil, primer, dan foundation cair lebih baik disimpan di suhu ruangan.

Produk sunscreen dan produk dengan natural oil-based harus disimpan di tempat yang gelap dan tidak kontak langsung dengan matahari, seperti di laci meja rias untuk menghindari proses oksidasi. Makeup dengan pengawet dan tidak mengandung bahan aktif nonstabil dapat disimpan di meja rias dan tak harus diletakkan di dalam laci.

3. Skincare yang Boleh Disimpan di Kamar Mandi

Beberapa skincare tidak masalah jika harus disimpan di kamar mandi. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui kandungan dan cara menyimpan produk skincare agar produk kecantikan tetap awet dan tak mudah rusak.

Lingkungan yang lembab juga dapat menjadi sarana untuk bakteri berkembang biak pada beberapa produk skin care tersebut dan dapat mempengaruhi bentuk serta zat aktif didalamnya. Cukup peralatan mandi, seperti sabun, pasta gigi, shampoo serta kondisioner yang disimpan di kamar mandi.

kosmetik cair, pelembab wajah dan tubuh, parfum, kosmetik berbahan organik, dan scrub kulit dengan kandungan gula dan garam merupakan beberapa produk kecantikan yang sebaiknya tidak disimpan di kamar mandi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Menyimpan Produk Skincare

Produk kecantikan
Perbesar
Ilustrasi produk kecantikan/copyright shutterstock

4. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Setelah membeli produk skincare, ada baiknya kamu memperhatikan tanggal kadaluarsa produk skincare kamu. Memperhatikan tanggal kadaluarsa merupakan salah satu cara menyimpan produk skincare yang harus kamu lakukan. Pasalnya, menggunakan skincare melebihi tanggal kadaluarsa bisa bikin kulit jadi iritasi, gatal-gatal, bahkan muncul breakout yang tak diinginkan.

5. Bersihkan dan Tutup Produk

Agar produk skincare awet dan tak mudah rusak, kamu harus menjaga kebersihan produk skincare kamu. Pinggiran tube kemasan skincare pasti sering kotor akibat terlalu sering dikeluarkan isinya.

Produk yang belepotan dan tidak bersih ini, bisa mengurangi sanisitas, jadi pastikan selalau mengelap pinggiran kemasan dengan tisu. Selain itu juga perlu untuk menutup kemasan produk dengan rapat biar enggak terkontaminasi dengan udara dan debu dari luar.

6. Hindari Kontak Langsung dengan Tangan

Cara menyimpan produk skincare selanjutnya adalah sebaiknya menghindari kontak langsung dengan tangan apalagi jika tangan kamu kotor. Jika tangan kamu kotor, tentunya akan membuat skincare kamu tidak terjaga kebersihan dan kotoran yangh ada di tangan kamu kemudian berpindah ke skincare kamu.

Pastikan selalu mencuci tangan sebelum menggunakan produk kecantikan. Atau cara yang lebih baik lagi adalah dengan menggunakan spatula untuk mengambil produk sebelum diaplikasikan pada wajah.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya