6 Manfaat Minum Cokelat Panas Bagi Kesehatan, Baik untuk Jantung

Oleh Selma Intania Hafidha pada 14 Okt 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 14 Okt 2020, 17:00 WIB
Cokelat Panas
Perbesar
Ilustrasi Cokelat Panas Credit: unsplash.com/Giancarlo

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum cokelat panas bagi kesehatan perlu untuk diketahui. Cokelat panas yang berasal dari bubuk kakao mempunyai manfaat yang sangat penting. Cokelat panas biasa menjadi salah menu minuman ketika berkunjung ke kafe-kafe. Selain dapat menikmatinya di kafe atau kedai minuman, cokelat panas juga bisa kamu bikin sendiri di rumah.

Bagi seseorang pecinta cokelat, minuman cokelat panas bisa menjadi salah satu pilihan untuk menemani hari-hari kamu atau ketika kamu sedang nongkrong. Manfaat minum cokelat panas bagi kesehatan mempunyai banyak manfaat untuk segala usia, baik usia lanjut ataupun usia muda.

Dari biji kakao, cokelat diproses ke dalam beragam produk, dari bentuk panganan padat hingga bubuk untuk diolah menjadi minuman. Setelah diolah, tentunya kamu bisa menikmati cokelat tersebut dalam berbagai jenis minuman ataupun makanan salah satunya cokelat panas.

Selain nikmat, manfaat minum cokelat panas bagi kesehatan cukup banyak. Segelas cokelat panas bisa mengunggah selera kamu dan mendapatkan ragam manfaatnya.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat minum cokelat panas bagi kesehatan yang perlu untuk diketahui, Rabu (14/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Cokelat Panas Bagi Kesehatan

Cokelat panas (iStockphoto)
Perbesar
Minuman sehat seperti cokelat panas cocok untuk jadi teman nonton Piala Dunia (iStockphoto)

Manfaat minum cokelat panas bagi kesehatan perlu untuk kamu ketahui, berasal dari biji kakao asli yang kemudian diolah menjadi bubuk, kemudian menjadi jenis minuman atau makanan.

Sebuah penelitian dari The Netherlands journal of Medicine mengatakan, bubuk kakao dari biji cokelat mengandung antioksidan bernama fenolik di dalamnya. Fenolik dilaporkan berdampak positif untuk melawan penuaan dini, stres oksidatif, mengatur tekanan darah, dan arterosklerosis.

1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat minum cokelat panas bagi kesehatan yang pertama yakni dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam British Journal of Nutrition, disebutkan bahwa rutin minum cokelat panas bisa membuat organ kardiovaskular seperti jantung dan pembuluh darah menjadi semakin sehat. Hal tersebut berarti, risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke bisa diturunkan dengan signifikan.

Keberadaan senyawa flavalol di dalam minuman ini yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, tekanan darah, serta memperbaiki kondisi pembuluh darah sehingga bisa mengalirkan darah dengan lebih rileks dan maksimal.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat minum cokelat panas bagi kesehatan yang kedua adalah dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan gejala depresi. Minuman tersebut sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang sedang penat karena suasana hati dan mood kamu yang kerap berubah.

Minum segelas coklat panas memberi manfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan peredaran darah. Cokelat mengandung flavanol yang mampu memberikan efek positif pada mood seseorang, ketenangan, dan kesenangan.

Menurut penelitian, senyawa ini mampu memperbaiki performa mental seseorang, baik orang tanpa maupun dengan gangguan mental. Sehingga bisa dikatakan bahwa minum coklat bisa membangkitkan suasana hati seseorang.

3. Mengendalikan Berat Badan

Mengendalikan berat badan merupakan manfaat minum cokelat panas bagi kesehatan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan. Minum secangkir cokelat panas secara rutin bisa membantu mengendalikan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan minuman ini dalam membuat regulasi energi tubuh semakin membaik. Dampaknya adalah kita tidak akan mudah lapar atau tertarik mengonsumsi camilan yang tidak sehat.

Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa konsumsi coklat membantu menurunkan berat badan. Namun perlu ada penelitian lebih lanjut untuk mengetahui jenis coklat dan takaran yang tepat.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Minum Cokelat Panas Bagi Kesehatan

cokelat panas
Perbesar
ilustrasi cokelat panas/Photo by Erol Ahmed on Unsplash

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat minum cokelat panas bagi kesehatan selanjutnya yakni dapat meningkatkan fungsi kognitif seseorang. Setidaknya minum dua gelas coklat dalam sehari memberi manfaat untuk menjaga kesehatan otak dan menurunkan kepikunan pada orang tua. 

Kandungan polifenol di dalam cokelat yang bisa membuat fungsi otak membaik dan flavanol yang bisa memperbaiki sirkulasi darah. Hal ini akan berimbas pada otak yang tetap bisa mendapatkan darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi. Dampaknya tentu akan membuat fungsinya terjaga sekaligus membuat risiko terkena alzheimer dan Parkinson bisa ditekan.

5. Menurukan Risiko Diabetes

Minuman cokelat panas tentunya tergolong minuman yang manis yang kerap dihindari oleh para penderita diabetes. Meskipun tergolong dalam minuman dengan rasa yang manis, pakar kesehatan menyebut cokelat hangat ternyata memiliki kandungan flavanol yang bisa mencegah datangnya diabetes. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam mengendalikan kadar gula darah.

Flavanol mampu membuat pencernaan melambat sehingga penyerapan karbohidrat pun tidak akan berlangsung terlalu cepat. Hal tersebut tentunya berimbas pada menurunnya risiko diabetes.

6. Meningkatkan Performa Olahraga

Meningkatkan performa olahraga merupakan manfaat minum cokelas panas bagi kesehatan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan. Minum coklat panas memberi manfaat bagi peningkatan energi tubuh.

Dalam sebuah studi dalam The Journal of the International Society of Sports Nutrition diungkapkan, cokelat mampu menyuplai ketersediaan oksigen dalam darah saat berolahraga. 

Minum cokelat panas dapat meningkatkan energi. Terutama jika kamu berencana melakukan kegiatan fisik bersama keluarga, misalnya hiking atau melakukan beragam lomba yang melibatkan aktivitas fisik. Agar mendapatkan manfaat paling optimalnya, seduhlah bubuk kakao alami yang rendah gula.

4 dari 4 halaman

Mengenal Kakao

Fakta di Balik Minuman Cokelat Panas
Perbesar
Fakta di Balik Minuman Cokelat Panas

Setelah mengetahui manfaat cokelat panas bagi kesehatan, berikut ulasan singkat mengenai buah kakao. Minuman cokelat panas yang baik adalah yang berasal dari bubuk kakao asli. Kakao merupakan buah di mana cokelat berasal. Kakao murni atau yang sudah diolah menjadi cokelat hitam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari memperbaiki mood, menurunkan tekanan darah tinggi, bahkan mengurangi risiko penyakit jantung.

Biji yang ada pada buah kakao adalah bahan utama pembuat cokelat. Cokelat hitam(unsweetened dark chocolate) berasal dari biji kakao yang pada dasarnya terasa pahit. Cokelat hitam dibuat dengan cara memanggang biji kakao, kemudian menggilingnya hingga halus.

Bubuk cokelat (cacao powder) dihasilkan dengan cara meremas lemak kakao dari cokelat hitam. Untuk menjadi cokelat kemasan yang manis, kakao ditambahkan dengan gula, vanili, cocoa butter, dan susu.

Dalam bubuk kakao, terdapat beragam nutrisi yang baik bagi kesehatan. Nutrisi yang terkandung di dalam kakao termasuk protein, karbohidrat, serat, polifenol, flavonoid , kalsium, zat besi, kafein, magnesium, dan kalium.

Manfaat kakao hanya berlaku bagi kakao murni atau cokelat hitam, bukan cokelat dengan rasa manis yang sudah ditambahkan perasa dan bahan-bahan lainnya. Semakin pahit dan hitam sebuah cokelat, akan semakin baik. 

 

Lanjutkan Membaca ↓