Sukses

Penyebab Leukemia, Jenis, dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai

Leukemia merupakan jenis kanker darah yang sering terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab leukemia penting untuk diwaspadai. Leukemia merupakan jenis kanker darah yang cukup sering ditemui. Penyebab leukemia bisa dipicu oleh beragam faktor.

Penyebab leukemia sangat terkait dengan masalah produksi sel darah. Biasanya penyebab leukemia memengaruhi leukosit, atau sel darah putih. Penyebab leukemia paling mungkin menyerang orang yang berusia di atas 55 tahun. Jenis kanker ini juga paling umum pada mereka yang berusia di bawah 15 tahun.

Beberapa faktor diidentifikasikan sebagai penyebab leukemia. Perawatan untuk leukemia bisa menjadi kompleks, tergantung pada jenis leukemia dan faktor lainnya.

Berikut ulasan mengenai penyebab leukemia yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (14/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Penyebab leukemia secara umum

Penyebab leukemia secara pasti belum diketahui. Penyebab leukemia bisa berkembang dari kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

Leukemia berkembang ketika DNA sel darah yang berkembang, terutama sel darah putih, mengalami kerusakan. Ini menyebabkan sel darah tumbuh dan membelah secara tidak terkendali.

Ketika sumsum tulang menghasilkan lebih banyak sel kanker, mereka mulai memenuhi darah, mencegah sel darah putih yang sehat tumbuh dan berfungsi secara normal. Akhirnya, jumlah sel kanker melebihi jumlah sel sehat di dalam darah.

3 dari 9 halaman

Faktor risiko penyebab leukemia

Ada berbagai faktor risiko penyebab leukemia. Berikut faktor risiko penyebab leukemia yang umum terjadi:

Pengobatan kanker sebelumnya

Orang yang pernah menjalani kemoterapi dan terapi radiasi jenis tertentu untuk kanker lain memiliki risiko lebih tinggi terkena jenis leukemia tertentu.

Gangguan genetik

Kelainan genetik tampaknya berperan dalam perkembangan leukemia. Gangguan genetik tertentu, seperti sindrom Down, dikaitkan dengan peningkatan risiko leukemia.

Paparan bahan kimia tertentu

Paparan bahan kimia tertentu, seperti benzena - yang ditemukan dalam bensin dan digunakan oleh industri kimia - terkait dengan peningkatan risiko beberapa jenis leukemia.

Merokok

Merokok meningkatkan risiko leukemia myelogenous akut.

Riwayat keluarga leukemia

Jika anggota keluarga telah didiagnosis terkena leukemia, risiko mengidap penyakit ini bisa meningkat.

Kondisi kekebalan bawaan

Kondisi kekebalan bawaan tertentu meningkatkan risiko infeksi berat dan leukemia.

Penekanan kekebalan

Leukemia pada anak dapat berkembang karena penekanan sistem kekebalan yang disengaja. Ini mungkin terjadi setelah transplantasi organ saat seorang anak meminum obat untuk mencegah tubuhnya menolak organ tersebut.

4 dari 9 halaman

Jenis leukemia berdasarkan seberapa cepat leukemia berkembang

Leukemia akut

Pada leukemia akut, sel darah abnormal adalah sel darah imatur (blast). Mereka tidak dapat menjalankan fungsi normalnya, dan berkembang biak dengan cepat, sehingga penyakitnya memburuk dengan cepat. Leukemia akut membutuhkan pengobatan yang agresif dan tepat waktu.

Leukemia kronis

Ada banyak jenis leukemia kronis. Beberapa menghasilkan terlalu banyak sel dan beberapa menyebabkan terlalu sedikit sel yang diproduksi. Leukemia kronis melibatkan sel darah yang lebih matang.

Sel darah ini bereplikasi atau menumpuk lebih lambat dan dapat berfungsi secara normal untuk jangka waktu tertentu. Beberapa bentuk leukemia kronis awalnya tidak menghasilkan gejala awal dan dapat tidak diketahui atau tidak terdiagnosis selama bertahun-tahun.

5 dari 9 halaman

Jenis leukemia berdasarkan menurut jenis sel darah putih yang terpengaruh

Leukemia limfositik

Jenis leukemia ini memengaruhi sel limfoid (limfosit), yang membentuk jaringan limfoid atau limfatik. Jaringan limfatik adalah jaringan membentuk sistem kekebalan.

Leukemia myelogenous

Jenis leukemia ini memengaruhi sel myeloid. Sel myeloid menghasilkan sel darah merah, sel darah putih dan sel penghasil trombosit.

6 dari 9 halaman

Gejala umum leukemia

Darah sulit membeku

Leukemia dapat menyebabkan seseorang mudah memar atau berdarah dan sulit untuk sembuh. Penderita leukemia juga bisa mengembangkan petechiae yang merupakan bintik-bintik merah dan ungu kecil di tubuh. Ini menunjukkan bahwa darah tidak membeku dengan baik.

Sering mengalami infeksi

Sel darah putih sangat penting untuk melawan infeksi. Jika sel darah putih tidak berfungsi dengan benar, seseorang dapat sering mengalami infeksi. Sistem kekebalan dapat menyerang sel-sel tubuh sendiri.

7 dari 9 halaman

Gejala umum leukemia

Anemia

Karena lebih sedikit sel darah merah efektif yang tersedia, penderita leukemia akan mengalami anemia. Ini berarti mereka tidak memiliki cukup hemoglobin dalam darahnya. Hemoglobin mengangkut zat besi ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kesulitan bernapas atau kesulitan bernapas dan kulit pucat.

Kelelahan

Kelelahan dan mudah lelah adalah gejala leukemia yang paling umum. Tanda-tanda ini sering disebabkan oleh anemia atau kekurangan sel darah merah, yang hanya menambah kelelahan fisik. Dalam kasus kronis dan akut, seseorang mungkin mengalami rentang dari sedikit kelelahan hingga kelemahan fisik yang ekstrem, tetapi dalam semua kasus, gejalanya hanya memburuk dari waktu ke waktu.

8 dari 9 halaman

Gejala tersembunyi leukemia

Sesak napas

Ketika pasien menjadi lebih lemah, mereka mungkin juga mengalami sesak napas yang berasal dari anemia atau dalam banyak kasus yang lebih jarang, rasa berat di dada.

Pendarahan yang tidak biasa

Mimisan yang tidak biasa atau pendarahan di gusi, usus, paru-paru, atau kepala mungkin merupakan tanda defisiensi trombosit dan masalah pembekuan, yang dapat menunjukkan bentuk leukemia akut.

Pucat ekstrim

Seperti sakit kepala, kelelahan, dan sesak napas, pucat yang tidak biasa mungkin merupakan tanda anemia pada pasien leukemia akut dan kronis.

Ruam kulit

Sekitar satu dari 20 pasien leukemia mungkin memiliki ruam kulit yang termasuk dalam salah satu dari dua kategori: leukemia pada kulit, atau ruam yang disebabkan oleh sindrom Sweet, yang umumnya dikaitkan dengan leukemia.

9 dari 9 halaman

Gejala tersembunyi leukemia

Gusi membengkak

Meskipun peningkatan ukuran gusi, juga dikenal sebagai hiperplasia gingiva, biasanya hanya ditemukan pada sebagian kecil pasien leukemia akut, itu adalah salah satu gejala leukemia yang paling jelas.

Pembengkakan kelenjar getah bening

Periksa daerah leher, ketiak, dan selangkangan untuk melihat adanya pembengkakan kelenjar getah bening yang nyata tetapi tidak menyakitkan. Adalah normal bagi kelenjar untuk naik dan turun dalam ukuran selama periode infeksi, tetapi jika mereka tetap membesar atau terus tumbuh, itu mungkin salah satu gejala leukemia atau limfoma.

Kembung

Salah satu tanda tipe leukemia kronis dan terkadang akut adalah limpa yang membesar, yang dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Ini bisa membuat perut terasa kenyang dan kembung.

Ketidaknyamanan atau sakit di perut kiri atas

Limpa yang membesar yang disebabkan oleh leukemia terkadang menyebabkan ketidaknyamanan di area perut atau bahkan rasa sakit yang tajam di perut kiri atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini