Sukses

6 Kekurangan Datsun GO dan Kelebihannya, Pahami Sebelum Membeli

Kekurangan Datsun GO dan kelebihannya ini bisa jadi pertimbangan sebelum membeli.

Liputan6.com, Jakarta Datsun GO merupakan salah satu produk yang masuk ke dalam kategori LCGC. Demi memenuhi seluruh syarat mobil LCGC, maka pengembangan Datsun GO dilakukan. Salah satunya adalah harga mobil Datsun GO yang dibuat semurah mungkin. Tidak heran, mengingat segmen dari mobil LCGC tersebut menyasar konsumen dari berbagai segmen.

Sayangnya, pemangkasan harga tersebut cukup berdampak dari sektor produksi. Sebab banyak sekali penggunaan material yang harus dikurangi demi mendapatkan mobil dengan harga terjangkau. Selain itu, penggunaan mesin juga terjadi perubahan. Sebab pada mobil LCGC cenderung menggunakan mesin dengan kapasitas kecil, dan ini menjadi salah satu kekurangan Datsun GO.

Tapi, selain segi mesin yang memengaruhi performa, terdapat beberapa hal lain yang menjadi penyebab timbulnya kekurangan Datsun GO, seperti dari segi fitur kenyamanan mobil. Selain itu, ada juga kekurangan Datsun GO dari segi keamanan, seperti tidak adanya air bag pada sisi penumpang, yang tentu saja cukup berisiko dan akan berbahaya ketika dikendarai di jalan raya.

Untuk membahas lebih lanjut apa saja sebenarnya kekurangan Datsun GO, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai kekurangan Datsun GO serta harga jual dari Datsun GO saat ini, tentu sebagai bahan referensi jika ingin membeli mobil baru, Senin (12/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Kekurangan Datsun GO: Bocoran Suara dari Luar Kabin Cukup Keras

Salah satu kekurangan Datsun GO yang paling mudah dirasakan ada pada sektor peredaman suara. Anda bisa merasakan saat pintu di tutup, maka masih terdengar suara yang cukup keras dari luar kabin. Hal ini mungkin relatif bagi beberapa orang, terutama jika mobil tersebut dikendarai pada daerah yang masih terbilang sepi.

Namun, jika ingin berkendara di jalanan yang ramai dan cenderung macet, maka bocoran suara tersebut akan sangat terdengar. Hal ini mungkin bisa mengganggu kenyamanan berkendara, terutama jika sedang mendengarakan musik kesukaan di mobil Anda.

Beruntungnya, komunitas dari Datsun GO sendiri sudah memiliki solusi cerdas dengan memasang peredam aspal, peredam body, serta peredam plafon, yang tentu bisa digunakan untuk menambah daya redam pada Datsun GO.

3 dari 8 halaman

Kekurangan Datsun GO: Tidak Dilengkapi ABS

Saat ini, sistem pengereman ABS bahkan banyak disematkan pada kendaraan roda dua. Hal ini tidak lepas dari kemampuan dari pengereman ABS yang mampu menekan angka kecelakaan di jalan. Sayang, kekurangan Datsun GO adalah tidak adanya fitur pengereman ABS. Hal ini tentu menjadi pertimbangan besar, terutama dari segi keselamatan.

4 dari 8 halaman

Kekurangan Datsun GO: Air Bag Hanya Satu

Air bag hanya satu? Ya, sayangnya kekurangan Datsun GO juga ada di fitur air bag. Sebab air bag tersebut hanya terdapat pada bagian pengemudi saja, sedangkan pada penumpang tidak terdapat air bag. Hal ini tentu tidak kalah menjadi pertimbangan dari segi keamanan dan keselamatan, mengingat air bag bisa mencegah dari benturan keras ketika terjadi tabrakan.

5 dari 8 halaman

Kelebihan Datsun GO: Mesin Bertenaga Irit BBM

Selain mengetahui kekurangan Datsun GO, penting juga untuk memahami kelebihannya. Datsun GO mengusung mesin 3-silinder berkode HR12DE. Karakter mesin tersebut over stroke, di mana dengan karakter mesin tersebut sangat baik untuk mengangkat torsi pada putaran rendah. Dengan kata lain, mesin ini sangat tepat disematkan pada mobil Datsun yang punya bobot ringan.

Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut sangat baik. Mesin tersebut mampu menghasilkan output 68 PS atau sekitar 66,5 Hp pada 5.000 rpm untuk transmisi manual, dan 78 PS atau sekitar 76,5 Hp pada 6.000 rpm di transmisi CVT. Hal ini membuat Datsun GO bertenaga namun tetap irit bahan bakar.

6 dari 8 halaman

Kelebihan Datsun GO: Transmisi CVT yang Halus

Selain tersedia dalam transmisi manual 5 percepatan, Datsun menyediakan transmisi CVT. Transmisi CVT dari Datsun mampu memberikan karakter berkendara yang sangat halus. Bahkan jika dibandingkan dengan mobil sekalasnya masih unggul transmisi dari Datsun GO. Kelebihan ini tentunya patut dibanggakan oleh Datsun GO.

7 dari 8 halaman

Kelebihan Datsun GO: Harga Sangat Terjangkau

Harga yang ditawarkan oleh Datsun GO sangat terjangkau dan bisa dibilang paling murah di kelasnya. Hal ini tentu sangat menggiurkan bagi banyak kalangan. Jika Anda bertujuan untuk mencari mobil irit, bertenaga, nyaman dikendarai, namun dengan harga yang sangat masuk akal, maka Datsun GO menjadi pilihan paling tepat.

8 dari 8 halaman

Harga Datsun GO dan GO+

Meski terdapat berbagai kekurangan Datsun GO, namun dari segi harga bisa dibilang sangat layak dibeli. Dengan harga yang murah, menjadi nilai tambah yang menggiurkan.

 

Harga Datsun GO:

All New Datsun GO D M/T Rp 112.090.000

All New Datsun GO A M/T Rp 119.460.000

All New Datsun GO T M/T Rp 131.780.000

All New Datsun GO T-ACTIVE M/T Rp 135.420.000

All New Datsun GO A CVT Rp 135.410.000

All New Datsun GO T CVT Rp 147.610.000

All New Datsun GO T-ACTIVE CVT Rp 151.360.000

All New Datsun GO MT LIVE Rp 144.790.000

All New Datsun GO CVT LIVE Rp 160.490.000

 

Harga Datsun GO+:

All New Datsun GO+ D MT Rp 120.270.000

All New Datsun GO+ A MT Rp 128.130.000

All New Datsun GO+ T MT Rp 137.430.000

All New Datsun GO+ T-STYLE MT Rp 141.960.000

All New Datsun GO+ A CVT Rp 144.090.000

All New Datsun GO+ T CVT Rp 153.250.000

All New Datsun GO+ T-STYLE CVT Rp 157.910.000

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.