Sukses

Mikrofon Laptop Rusak, Mahasiswa Ini Pakai Listening Google Translate saat Kuliah Online

Mahasiswa ini pakai fitur listening di Google Translate saat tanya ke dosen.

Liputan6.com, Jakarta Di masa pandemi ini mahasiswa dan dosen masih dihadapkan dengan kegiatan belajar mengajar via online atau biasa disebut kuliah online. Sudah sekitar 3 bulan belajar secara online dan tidak bisa tatap muka seperti biasanya, sayangnya tak semua perkuliahan secara online berjalan lancar karena ada saja masalah teknis yang menghambatnya. Sederet cerita kocak ini pun ramai dibicarakan di media sosial. 

Mulai dari meme aplikasi Zoom yang nyeleneh hingga cerita kocak lainnya. Seperti yang baru-baru ini ramai dibahas. Lantaran mikrofon laptopnya rusak, salah satu mahasiswa ini berbicara dan bertanya kepada dosennya menggunakan fitur listening di Google Translate.

Seorang mahasiswa yang diketahui bernama Roby Amalul Ilmi ini membagikan momen kocaknya ketika kuliah online saat pandemi pakai Google Translate. ia membagikan dua video yang masing-masing berdurasi lebih dari 30 detik itu memperlihatkan bagaimana ia berkomunikasi dengan dosen pakai Google Translate.

Sontak disen dan teman-teman lainnya tak bisa menahan tawa. Terlebih lagi suara fitur listening di Google Translate itu kerap dipakai untuk video meme-meme kocak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Kuliah Meski Speaker Rusak

Dialnsir dari akun Twitter @Backdoor_Expert oleh Liputan6.com, Jumat (09/10/2020) mahasiswa bernama Roby mengalami kendala teknis saat mengikuti kuliah online di masa pandemi. Mikrofon laptop miliknya mati dan tak bisa digunakan.

Alhasil, Roby tidak bisa menjawab atau mengajukan pertanyaan kepada dosennya karena mikrofonnya bermasalah. Kendati demikian, ia tidak lantas kehilangan akal dan menyerah begitu saja. Dengan kreatifitasnya, dirinya menggunakan fitur listening di Google Translate agar tetap bisa kuliah secara online.

Di video yang telah ditonton sebanyak 73,7 ribu sejak diunggah pada Jumat (2/10/2020) itu Roby membagi layarnya jadi dua untuk membuka dua browser. Browser pertama, Roby membuka aplikasi Google Meet agar bisa bertatap muka dengan dosen. Sementara di browser kedua dipakai untuk membuka Google Translate.

3 dari 3 halaman

Pakai Suara di Google Translate

Cara Roby merespons dan mengajukan pertanyaan selama sesi kuliah cukup unik dan kocak meski sempat membuat dosennya bingung. Tak hanya dosen, teman-temannya juga ikut tertawa dengan aksiinya yang muncul dengan suara Google Translate.

"Terima kasih atas jawabannya, Bu," ucap Roby pakai Google Translate setelah sang dosen menjawab.

"Iya, Roby. Kamu serem tau, saya kaget. Dari tadi saya tuh kaget. Ini semua temannya udah ketawa," balas dosennya disertai tawa.

Video itu pun kemudian viral dan dire-post ulang oleh berbagai akun di Twitter. Banyak komentar netizen juga memenuhi akun Twitter @Backdoor_Expert. Bahkan ada yang mengaku terinpirasi karena Roby telah memberi tips yang berguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.