Sukses

Apa Arti Gabut dalam Bahasa Gaul, Jangan Sampai Enggak Tahu

Gabut jadi istilah kekinian yang populer beberapa tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Apa arti gabut dalam bahasa gaul mungkin banyak digunakan pada anak zaman sekarang. gabut jadi istilah yang pasti sudah tak asing lagi ditelinga. Tapi, tahukah kamu apa arti gabut sebenarnya?

Bahasa gaul seperti gabut, mager, atau baper termasuk kekayaan bahasa yang ada di Indonesia. Bahasa gaul secara langsung menggambarkan kreativitas anak muda di zamannya. Bahasa gaul menjadi bahasa yang digunakan sehari-hari oleh kaum muda.

Istilah gabut makin populer beberapa tahun belakangan. Apa arti gabut berasal dari singkatan gaji buta. Apa arti gabut digambarkan tak hanya sekadar tentang makan gaji buta. Apa arti gabut digunakan para anak muda untuk saling berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.

Selain apa arti gabut, masih ada banyak lagi arti bahasa-bahasa gaul kekinian saat ini. Berikut ulasan mengenai apa arti gabut dan arti bahasa gaul lainnya yang dirangkum Liputan6.com Selasa (6/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apa Arti Gabut

Arti gabut merupakan kependekan dari gaji buta. Istilah ini sudah ada sejak lama. Gaji buta didefinisikan sebagai seseorang yang bekerja namun tidak melaksanakan tugas-tugasnya tapi tetap menerima gaji.

Dalam bahasa gaul saat ini gaji buta lebih sering disebut gabut. Apa arti gabut yang banyak digunakan kaum milenial dan generasi Z tak hanya sekadar tentang makan gaji buta. Gabut dalam bahasa gaul bisa berarti orang yang tidak melakukan aktivitas apapun dan bingung ingin melakukan apa.

3 dari 7 halaman

Arti bahasa gaul Indonesia terbaru lainnya

Mager

Mager adalah istilah gaul yang merupakan singkatan dari 'Males gerak.' Mager bahkan sudah masuk dalam KBBI, lho. Menurut KBBI mager berarti malas (ber)gerak; enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas apapun.

Mager menggambarkan seseorang yang enggan atau tidak bersemangat melakukan aktivitas apapun. Orang yang mager bisanya malas untuk bergerak dan tidak ingin melakukan apapun.

Baper

Baper sering digunakan dalam situasi seseorang menganggap serius setiap perkataan orang. Istilah baper kerap muncul pada pasangan yang sedang PDKT, emosi, atau dalam situasi iba.

Baper adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Bawa Perasaan. Istilah gaul ini merujuk pada seseorang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain. Orang yang baper sering menggunakan emosi di tiap momen yang ia lalui.

Julid

Selain arti kata mager dan gabut, ada banyak istilah kekinian lagi yang wajib diketahui. Salah satunya adalah julid. Dalam KBBI, Julid berarti berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

Pansos

Pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Pansos dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

Kicep

Kicep merupakan kondisi dimana seseorang tidak bisa membalas perkataan lawannya. Di KBBI, kicep diartikan sebagai "diam karena takut atau gelisah."

4 dari 7 halaman

Arti bahasa gaul Indonesia terbaru lainnya

Kepo

Kepo merupakan singkatan dari knowing every particular object. Dalam KBBI, kepo didefinisikan sebagai rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain. Istilah ini dilontarkan pada orang yang terlalu penasaran terhadap sesuatu.

Maksi

Maksi adalah kependekan dari makan siang. Di KBBI sendiri, ada dua istilah maksi, maksi pertama adalah penyebutan soal ukuran dress. Sedangkan maksi kedua adalah makan siang bersama teman.

Halu

Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi.

Gercep

Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.

Bucin

Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

5 dari 7 halaman

Arti bahasa gaul Indonesia terbaru lainnya

Bosque: Bosku.

Gaje: Gaje adalah singkatan dari Gak Jelas atau Enggak Jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

Kuy: Yuk. Kata ajakan kebalikan membaca dari yuk.

Komuk: Merupakan singkatan gaul yang merujuk pada Kondisi Muka.

Leh uga: Boleh juga

Mantul: Kata ini adalah singkatan gaul dari kata Mantap Betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

Ngab: Bang (kebalikan)

Nolep: Kata ini merupakan plesetan dari kata bahasa inggris yatu No Life. Kata ini merujuk pada seseorang yang lebih suka berdiam diri di rumah dan tidak suka bergaul.

Receh: Guyonan yang kurang lucu tapi bisa bikin tersenyum.

Unfaedah: Tidak berguna.

Kerad: Pelesetan dari keras. Digunakan untuk menunjukkan sifat atau kelakuan seseorang yang keras.

6 dari 7 halaman

Arti bahasa gaul dalam bahasa Inggris

ASAP: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan oleh anak muda yang berarti As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk menganjurkan kepada teman untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.

AKA: singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.

Anw: singkatan dari Anyway, artinya ngomong-ngomong.

b/c: singkatan dari because, artinya karena.

BRB: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah Be Right Back. Singkatan BRB ini umumnya digunakan untuk menginformasikan ketika kita ingin meninggalkan percakapan untuk sementara waktu.

BTW: Merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW memiliki kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah ‘ngomong-ngomong’.

CMIIW: adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I’m Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti ‘koreksi jika saya salah’.

FYI: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

GG atau GGWP: Merupakan singkatan dari Good Game atau Good Game, Well Played. Singkatan ini biasa digunakan oleh para gamer setelah pertandingan dengan orang lain secara online usai. Kata ini digunakan buat menunjukkan sikap sportif.

GWS: Singkatan dari kalimat bahasa inggris Get Well Soon, yang berarti semoga cepat sembuh.

IDK: singkatan dari I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.

IKR: singkatan dari I Know, Right? artinya aku tahu, kan?

IMO: singkatan dari In My Opinion, artinya menurutku.

7 dari 7 halaman

Arti bahasa gaul dalam bahasa Inggris

IYKWIM: singkatan dari If You Know What I Mean, artinya kalau kamu tahu maksudku.

LOL: LOL merupakan akronim dalam bahasa inggris Laugh Out Loud, yang berarti tertawa terbahak-bahak.

LMAO: singkatan dari Laughing My Ass Off, artinya tertawa ngakak.

NSFW: singkatan dari Not safe For Work, artinya mengandung unsur kekerasan.

OOT: Merupakan singkatan yang berarti Out of Topic. Singkatan ini merupakan peringatan dan tanggapan yang dilontarkan ketika membahas sesuatu di luar dari kategori dan topik yang sudah ditetapkan.

OOTD: Adalah singkatan dari Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

OTW: Kata ini adalah singkatan gaul dari kalimat On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan.

PAP: PAP adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Post a Picture.

ROTFL: singkatan dari Rolling On The Floor Laughing, artinya tertawa sampai terguling-guling.

WDYM: singkatan dari What Do You Mean, artinya apa maksudmu?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.