Sukses

9 Manfaat Kunyit Putih bagi Kesehatan Tubuh, Kontrol Gula Darah

Beda dengan kunyit kuning, jenis kunyit ini memiliki manfaat yang tidak kalah beragam.

Liputan6.com, Jakarta Kunyit putih adalah salah satu jenis tanaman yang sering digunakan sebagai obat. Bahkan manfaat kunyit putih bisa didapatkan dari tiap bagiannya, mulai dari akar, minyak hingga daunnya. Tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia dan India ini juga sudah banyak dibudidayakan di berbagai negara lainnya.

Jenis kunyit putih memiliki tekstur daging yang lebih lunak dan rasanya cenderung mirip dengan jahe. Namun kunyit putih akan sedikit meninggalkan jejak rasa pahit di akhir. Kandungan nutrisi dan zat antioksidan pada kunyit putih disinyalir berdampak sangat baik bagi kesehatan dalam tubuh serta manfaat kunyit putih bagi perawatan kecantikan.

Tapi memang, manfaat kunyit putih bagi kesehatan dan kecantikan masih belum seluruhnya ditemukan, terutama jika dibandingkan dengan berbagai manfaat yang dikandung kunyit kuning. Namun bukan berarti manfaat kunyit putih bisa disepelekan.

Berikut ini Liputan6.com melansir dari Klikdokter, mengenai apa saja manfaat kunyit putih yang berguna bagi luar atau dalam tubuh. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, Minggu (4/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kunyit Putih yang Pertama

1. Mengobati Gangguan Pernapasan

Manfaat kunyit putih yang pertama bisa mengobati gangguan pernapasan. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh produksi lendir yang berlebih dan bisa menimbulkan keluhan berupa kesulitan bernapas.

Dengan mengonsumsi kunyit putih, maka bisa membantu untuk menurunkan produksi lendir yang terdapat pada saluran pernapasan. Dengan begitu, pernapasan akan menjadi lega kembali dan tentunya membuat aktivitas tidak terganggu.

 

2. Mengobati Gangguan Pencernaan

Selain itu, manfaat kunyit putih juga dipercaya mampu mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti mual, nyeri perut, kembung, serta gerakan usus yang tidak normal. Biasanya berbagai gangguan kesehatan itu sangat sering dialami berbagai orang.

Cara penggunaan kunyit putih untuk mengobati gangguan pencernaan ini bisa sebagai obat luar atau dikonsumsi langsung. Jika sebagai obat luar, maka dapat menggunakan minyak kunyit putih. Sedangkan untk penggunaan obat dalam bisa dengan dikonsumsi langsung.

 

3. Mengatasi Peradangan

Lalu, kunyit putih juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan. Sebab kunyit putih memiliki kandungan zat di dalamnya yang mampu untuk mengatasi peradangan serta meredakan nyeri.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kunyit Putih Selanjutnya

4. Bantu Mengobati Infeksi

Berbagai kandungan yang ada di dalam kunyit putih berpotensi untuk melawan berbagai jenis bakteri seperti E. coli, S. Aureus, dan Corynebacterium. Bahkan tidak hanya melawan bakteri, konsumsi kunyit putih mampu mencegah pertumbuhan serta infeksi jamur.

 

5. Penawar Racun

Penggunaan ekstrak kunyit putih ternyata memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kehidupan, salah satunya penawar racun. Bahkan manfaat kunyit putih dipercaya mampu menjadi penawar gigitan ular. Sebab kunyit putih akan melawan berbagai racun yang masuk ke dalam tubuh dengan baik dan efektif.

 

6. Mengobati Reaksi Alergi

Manfaat kunyit putih selanjutnya mampu mengobati reaksi alergi. Kunyit putih memiliki kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan tersebut diketahui ampuh untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, ekstrak dari kunyit putih juga mampu menekan menekan reaksi alergi dengan mencegah reaksi peradangan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kunyit Putih yang Terakhir

7. Kontrol Gula Darah

Kunyit putih juga memiliki manfaat berupa kontrol gula darah. Dengan kata lain, kunyit putih akan sangat baik bagi penderita diabetes. Sebab penderita diabetes perlu menjaga kadar gula dalam darah agar tetap dalam batas wajarnya.

Namun, sayangnya masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat kunyit putih ini. Apabila ingin mengonsumsi kunyit putih, ada baiknya konsultasikan dahulu ke dokter.

 

8. Mengatasi Keputihan

Keputihan merupakan kondisi yang cukup banyak dialami oleh para wanita. Dengan konsumsi kunyit putih dipercaya mampu mengatasi keputihan. Kunyit putih bisa dikonsumsi dengan diminum langsung agar keputihan dapat berkurang.

 

9. Anti-Kanker

Lalu, manfaat kunyit putih yang terakhir diperacaya sebagai anti-kanker. Kunyit putih dipercaya memiliki peranan penting untuk menghambat penyebaran sel kanker dari satu organ ke tempat lain. Tapi efektif tidaknya penggunaan kunyit putih sebagai anti-kanker perlu diteliti lebih lanjut.

5 dari 5 halaman

Perbedaan Kunyit Kuning dan Putih

Selain membahas mengenai apa saja manfaat kunyit putih, perlu juga memahami apa saja sebenarnya perbedaan dari kunyit kuning dan putih.

Kunyit kuning, atau yang memiliki nama lain turmeric, lebih sering ditemukan di daerah Asia, khususnya India. Kunyit kuning adalah akar dari tanaman yang bernama Curcuma longa. Dari segi fisiknya, permukaan kunyit kuning berwarna cokelat kekuningan serta pada bagian dalamnya terdapat warna oranye yang memiliki kandungan curcumin tinggi.

Beda halnya dengan kunyit putih atau yang sering disebut dengan Amba haldi. Kunyi putih memiliki warna yang lebih cerah apabila dibandingkan dengan kunyit kuning. Rasa kunyit putih juga cenderung lebih pahit jika dibandingkan dengan kunyit kuning.

Uniknya, kunyit putih atau yang dikenal dengan nama ilmiah Curcuma zedoaria ini, memiliki aroma seperti campuran mangga dan kunyit. Jenis kunyit putih sering ditemukan dalam bentuk bubuk, dikeringkan, serta dalam bentuk potongan kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini