Sukses

11 Manfaat Body Lotion untuk Kulit, Dapat Mencegah Timbulnya Flek

Body Lotion dapat memberikan perlindungan untuk kulit.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya wajah, kulit juga harus selalu mendapatkan perawatan baik ketika di luar rumah ataupun di dalam rumah. Salah satu yang bisa memberikan perawatan untuk kulit adalah body lotion. Body lotion sendiri adalah salah satu perawatan untuk kulit yang bisa digunakan. 

Body lotion merupakan pelembab kulit yang memiliki tekstur yang paling encer dibanding pelembab kulit lainnya. Body lotion merupakan pilihan paling tepat jika kamu membutuhkan pelembab yang bisa digunakan untuk kulit indah kamu.

Body lotion tentunya memiliki segudang manfaat untuk kulit. Selain melembabkan, body lotion dapat membantu menghilangkan flek pada kulit. Namun, tak sedikit orang yang sering mengabaikan penggunaan body lotion setiap harinya. Jika hal tersebut diabaikan maka akan membuat kulit kamu menjadi kering dan tidak terawat.

Ketika berpergian, sebaiknya kamu menyempatkan untuk memberikan pelembab bagi kulit kamu. Body lotion memiliki tingkat cair yang lebih tinggi, sehingga body lotion paling cepat diserap kulit. Body lotion juga tidak terlalu berminyak sehingga cocok untuk digunakan di seluruh bagian tubuh.

Menyimpan ragam manfaat, berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat body lotion untuk kulit, Kamis (1/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Body Lotion untuk Kulit

1. Bebas Kusam

Body lotion dapat memberikan perlindungan bagi kulit kamu agar tidak kusam dan tetap cerah juga terawat.  Body lotion tubuh yang lembap dapat membantu mengangkat sel kulit mati lebih mudah daripada jika mencobanya tanpa body lotion. 

Penumpukan residu, kotoran dan sel kulit mati tak akan baik bagi regenerasi kulit. Pemakaian body lotion dengan kandungan AHA, akan membantu proses regenerasi kulit yang terhambat menjadikan kulit bebas dari kusam.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Body lotion dapat memberikan kelembaban bagi kulit kamu dan tentunya ini akan menjaga kesehatan kulit. Kulit juga membutuhkan nutrisi dan perawatan, sama seperti tubuh kamu yang juga membutuhkan asupan makanan setiap harinya. Tinggal di daerah beriklim tropis membuat kulit membutuhkan kelembaban agar tidak kering dan menimbulkan penyakit.

Kulit yang mengalami kekeringan akan mudah terkena iritasi dan sehingga mengakibatkan kulit menjadi kemerahan. Mengaplikasikan body lotion setiap harinya, itu sama dengan memasok kadar air pada kulit. Kadar air ini kemudian dapat bekerja menjadikan kulit tetap lembab dan terjaga, sehingga dapat mencegah kulit terkena masalah kesehatan seperti kulit pecah- pecah dan gatal.

3. Mencegah Masalah Kulit

Tak hanya wajah yang kerap bermasalah dan harus mendapatkan perawatan. Kulit juga dapat menimbulkan masalah jika tidak dirawat dengan baik. Jerawat bisa juga muncul pada tubuh kamu jika kamu jarang memanjakan tubuh kamu.Terkadang perubahan hormon dan keadaan emosional dapat menyebabkan jerawat muncul di tempat- tempat yang tak seharusnya pada tubuh.

Beberapa pelembab memiliki kandungan spesifik yang dapat mencegah timbulnya jerawat. Diantaranya asam salisilat (salicilyc acid) atau minyak yang melembutkan kutikula. Body lotion yang menyimpan ragam manfaat dapat membantu mencegah timbulnya jerawat pada tubuh kamu.

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Body Lotion untuk Kulit

4. Melembutkan Kulit

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan dari rutinnya penggunaan body lotion adalah melembutkan. Setelah menggunakan body lotion, tentunya kamu akan merasakan kulit kamu lebih lembut dari sebelumnya. Body lotion ini dapat diaplikasikan ke kulit kamu sehabis mandi.

Walau kulit kamu cenderung berminyak, pasti ada bagian- bagian pada tubuh yang lebih kasar daripada kulit lainnya. Seperti di bagian lipatan seperti siku, lutut, dan tumit. Menggunakan body lotion setiap hari, akan membantu menjaga bagian lipatan pada tubuh selembut kulit lainnya. Nikmati sensasi relaksasi dari body lotion yang dioleskan ke kaki, tungkai, atau lengan. 

Ada banyak jenis body lotion yang Anda butuhkan untuk melembapkan, jadi manfaatkan kekayaaaroma dan tekstur untuk menemukan yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan.

5. Mencerahkan

Selain melembutkan, body lotion dapat membuat kulit kamu menjadi lebih cerah terawat. Pigmentasi selalu jadi fokus utama wanita Asia yang mendambakan kulit cerah. Namun pengaruh buruk sinar matahari tentu tidak dapat dilawan. Gunakan body lotion yang mengandung vitamin B3 untuk memperlambat proses pigmentasi, sehingga kulit menjadi cerah.

Seiring bertambahnya usia wanita dan kulit mereka menjadi lebih kering, body lotion dapat menjadi bahan pokok yang membantu menjaga kulit tetap sehat dan menarik. Kualitas pencerah kadang-kadang tertanam dalam lotion untuk muncul sebagai bintik-bintik kecil yang berkilau pada kulit saat diaplikasikan.

6. Mencegah Timbulnya Flek

Flek adalah salah satu tanda dari penuaan dini. Selalu terkena paparan sinar matahari ketika di luar rumah dapat membuat kulit menjadi lebih kusam sehingga mengakibatkan penuaan dini. Flek tak hanya di wajah, namun juga bisa muncul pada kulit tubuh kamu.

Agar kulit tubuh tetap prima, yang penting untuk dilakukan adalah eksfoliasi agar peremajaan kulit selalu terjadi dengan baik.  Kandungan AHA (Alpha Hidroxy Acid) pada body lotion membantu mengganti sel- sel kulit mati dengan yang baru, menjauhkan dari kemungkinan flek untuk muncul.

7. Mencegah Dehidrasi

Sama seperti tubuh kamu yang selalu membutuhkan cairan, kulit juga membutuhkan cairan agar tetap lembab dan tidak dehidrasi. Menghabiskan aktivitas seharian dalam ruangan ber-AC membuat kulit beresiko kehilangan kelembapannya. Beberapa orang memiliki kulit sensitif. Terlepas dari jenis iklim tempat mereka tinggal, kulit mereka dapat menjadi kering dan mudah teriritasi, bahkan terkadang karena panas dalam ruangan.

Cara terbaik menggunakan body lotion adalah setelah mandi ketika pori- pori kulit dalam keadaan terbuka. Dengan begitu kadar air dari body lotion akan terkunci di dalam tubuh.

4 dari 5 halaman

Manfaat Body Lotion untuk Kulit Lainnya

8. Mengencangkan Kulit

Body lotion dapat memberikan perlindungan dan membuat kulit kamu terlihat lebih indah karena terawat. Kurangnya produksi kolagen akibat kulit yang mengalami kekeringan dapat diatasi dengan rutin menggunakan body lotion. Rahasianya ada pada kandungan glycerin dan retinol yang dapat membuat kulit Anda kencang dan bebas kerut.

9. Meratakan Warna Kulit

Kulit yang sering terpapar sinar matahari, tentu warnanya akan berbeda dengan kulit yang selalu ditutupi oleh busana kamu. Hal tersebut kemudian membuat warna kulit kamu menjadi belang. Sebaiknya gunakan body lotion di seluruh tubuh agar warna kulit tetap merata. Pilih yang mengandung CLA (Conjugated Linoleic Acid) untuk meminimalisir kulit belang.

10. Melindungi Kulit dari Sinar UVA dan UVB

Sinar UVA dan UVB akan kita rasakan begitu keluar rumah, dan sinar tersebut mempunyai pengaruh negatif terhadap kulit, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit. Agar kulit kamu terlindungi dari sinar UVA dan UVB, kamu bisa memakai body lotion untuk melindungi kulit kamu. Body Lotion yang mengandung SPF15 atau lebih akan menghindarkan kulit dari paparan sinar matahari dan membantu menyelamatkan tubuh dari bahaya kanker kulit. Sesuaikan kadar SPF dengan jenis kegiatan yang Anda lakukan.

11. Membantu Agar Lebih Rileks

Jika sudah merasakan kulit lembab dan terawat tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Aroma yang harum tentunya membuat tubuh dapat memanjakan tubuh kamu. Rasa kelembutan lembut pada kulit yang berputar dengan gerakan pijatan yang mantap dapat menghilangkan stres, meredakan nyeri, dan meningkatkan endorfin untuk membuat Anda merasa hebat.

5 dari 5 halaman

Perbedaan Body Lotion, Body Butter, dan Body Serum

Tentunya masih banyak yang bingung apa perbedaan antara body lotion, body butter, dan body serum. Ketinganya sama-sama memberikan kelembaban untuk kulit. Namun perbedaan yang paling mudah dilihat adalah melalui teksturnya.

1. Body Lotion

Pelembab satu ini memiliki tekstur yang paling encer dibanding pelembab kulit lainnya terutama body butter. Body lotion merupakan pilihan paling tepat jika kamu membutuhkan pelembab yang bisa digunakan untuk seluruh tubuh.

Body lotion juga sangat baik digunakan untuk kamu yang berkulit normal cenderung kering serta tidak terlalu bermasalah. Lotion yang baik itu adalah yang lotion yang tidak terlalu berminyak dan menyerap dengan cepat. 

2. Body Butter

Tekstur body butter sangat pekat menyerupai mentega. Memiliki bahan dasar yang mengandung lemak seperti kacang-kacangan dan buah-buahan. Paling cocok digunakan pada bagian kulit ekstra kering dan pecah-pecah, seperti siku, lutut dan tumit.

Sebaiknya body butter digunakan pada malam hari sebelum tidur agar paginya kulit kembali lembap. Waktu penyerapan body butter ke kulit sangat lama hingga berjam-jam.

3. Body Serum

Formula body serum lebih ringan dibandingkan body lotion dan body butter. Formula dari body serum cepat meresap di kulit, karena mengandung molekul aktif dan konsentrasi yang lebih tinggi.

Body serum mampu menargetkan langsung ke bagian yang bermasalah. Biasanya produk serum ini water-based, sehingga kandungan di dalamnya seperti vitamin, antioksidan, latic acid dan glicolic acid mudah diserap kulit. Latic acid dan glicolic acid sendiri bekerja sama dengan fungsi untuk mencegah kulit kering serta kasar.

Body serum sangat baik digunakan bagi kamu yang memiliki kulit super kering, atau kurang suka dengan rasa lengket dari body lotion. Serum mampu bekerja lebih dalam untuk melembabkan sekaligus menutrisi kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini