Sukses

8 Perbedaan Mesin Cuci Top Load dan Front Load, Ketahui Mana yang Terbaik

ketahui jenis mesin cuci sebelum membelinya

Liputan6.com, Jakarta Mesin cuci top load dan front load terkadang jadi pertimbangan yang membingungkan saat ingin membeli mesin cuci. Kedua mesin cuci ini punya keunggulan masing-masing. Mengetahui perbedaannya, bisa membantu Anda menentukan pilihan tepat membeli mesin cuci. 

Mesin cuci top load dan front load kini kian banyak digunakan dalam rumah tangga. Keduanya bisa membuat pencucian pakaian lebih efisien dan cepat. Selain ukuran, warna, dan harga, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih jenis mesin cuci.

Mesin cuci top load merupakan mesin cuci bukaan atas. Biasanya mesin cuci ini punya dua jenis lagi yaitu dua tabung dan satu tabung. Sementara mesin cuci front load merupakan mesing cuci bukaan depan. Mesin cuci muatan depan memiliki pintu di bagian depan yang dapat dibuka ke samping, mirip dengan pintu di rumah.

Berikut perbedaan mesin cuci top load dan front load, dirangkum Liputan6.com dari The Spruce, Selasa(29/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Fitur Utama

Mesin cuci top load lebih mudah memuat pakaian karena bukaannya setinggi pinggang bagi sebagian besar pengguna. Anda bisa memasukkan pakaian dengan cara berdiri. Pakaian juga bisa ditambahkan selama siklus pencucian di mesin cuci muatan atas ini.

Karena pintu mesin cuci berada di depan, pengguna harus duduk atau membungkukkan badannya untuk memuat mesin cuci. Mesin cuci muatan depan mudah digunakan bagi mereka yang menggunakan kursi roda atau mereka yang perlu duduk karena masalah keseimbangan.

Sebagian besar mesin cuci muatan depan mengunci saat digunakan untuk mencegah air meluap. Ini membuat Anda tidak bisa menambahkan pakaian saat proses mencuci. Namun, baru-baru ini, beberapa produsen mulai menambahkan pintu kecil yang memungkinkan pengguna menambahkan cucian setelah siklus dimulai.

3 dari 9 halaman

Tampilan

Karena mesin cuci muatan atas tidak memiliki pintu besar di bagian depan, maka mesin cuci memiliki tampilan yang lebih halus dan lebih ramping daripada mesin cuci muatan depan.

Pintu depan mesin cuci muatan depan memiliki sisipan kaca tebal yang memungkinkan pengguna melihat pakaian bergolak di busa dan air. Beberapa pengguna mungkin menganggap ini mengganggu, sementara pengguna lain mungkin menganggapnya menghibur dan yang lebih penting, cara yang baik untuk mengetahui siklus pencucian.

4 dari 9 halaman

Ukuran

Untuk mesin cuci dengan volume yang sama, mesin cuci muatan atas cenderung lebih tinggi sekitar lima atau enam inci daripada mesin cuci muatan depan. Lebar antara kedua jenis mesin tersebut akan serupa.

Mesin cuci muatan depan sekitar empat inci lebih dalam (dari depan ke belakang) daripada mesin cuci muatan atas untuk memperhitungkan pintu dan mekanisme terkait. Mesin cuci muatan atas dan mesin cuci muatan depan cenderung memiliki tampilan yang sama kuatnya.

5 dari 9 halaman

Perbaikan dan Perawatan

Mesin pada mesin cuci muatan atas atau top load relatif mudah diakses. Anda bahkan bahkan dapat melakukan perbaikan dasar pada mesin cuci top load mereka. Sejauh ini, mesin cuci muatan atas lebih mudah dan lebih murah untuk diperbaiki dan dirawat daripada mesin cuci muatan depan.

Sementara perawatan dan perbaikan mesin cuci front load cenderung lebih rumit. Perbaikan mesin cuci front load biasanya paling baik diperbaiki hanya oleh teknisi terlatih.

6 dari 9 halaman

Penggunaan Air dan Energi

Mesin cuci top load dengan kualitas dan efisiensi tinggi biasanya membutuhkan 12 hingga 17 galon. Untuk mesin cuci top load standar rata-rata menggunakan, sekitar 40 galon per muatan.

Sementara mesin cuci front load menggunakan sekitar 13 galon air per muatan. Karena mesin cuci berefisiensi tinggi front load dan top load menggunakan lebih sedikit air, mesin cuci ini lebih hemat energi daripada mesin cuci standar karena membutuhkan lebih sedikit energi untuk memanaskan air. Sebelum membeli mesin cuci, pastikan untuk memilih mesin cuci yang hemat energi.

7 dari 9 halaman

Instalasi

Mesin cuci top load harus ditempatkan berdampingan dengan pengering. Kecuali Anda membeli kombinasi mesin cuci dan pengering. Mesin cuci top load saat ini sebagian besar sudah memiliki fitur pengering sendiri, baik itu satu tabung maupun dua tabung.

Pada mesin cuci top load dua tabung, Anda harus memindahkan cucian ke mesin pengering. Sementara pada mesin cuci front load, pengeringan sudah bisa dilakukan langsung dalam satu tabung. Semua instalasi air, gas, dan sambungan listrik semuanya sama antara mesin cuci top load dan front load.

8 dari 9 halaman

Harga dan jangka waktu

Mesin cuci top load cenderung lebih terjangkau daripada mesin cuci front load. Ini juga karena mesin cuci top load punya beberapa pilihan tabung seperti satu atau dua tabung.

Sementara mesin cuci front load jauh lebih mahal dibanding mesin cuci top load. Mesin bukaan depan, harganya jauh lebih tinggi daripada bukaan atas standar. Karena mesin cuci ini menggunakan lebih sedikit air, mereka juga membutuhkan sedikit deterjen.

Jangka waktu atau keawetan mesin cuci top load bisa sampai 14 tahun. Sementara jangka waktu atau keawetan mesin cuci front load dengan efisiensi tinggi adalah 11 tahun.

Karena banyaknya siklus pencucian opsional dan fitur tambahan, mesin cuci muatan depan biasanya memiliki biaya perbaikan yang lebih tinggi.

9 dari 9 halaman

Kualitas pencucian

Mesin cuci top load erefisiensi tinggi menggunakan pelat di bagian bawah bak pencuci untuk memindahkan pakaian melalui air dan deterjen. Mesin cuci top load menggunakan agitator sentral dengan pedal untuk memutar pakaian dengan cepat, menyebabkan lebih banyak keausan pada pakaian. Akibatnya, pakaian akan memilik lebih banyak tekanan dan akan lebih cepat sobek.

Sementara mesin cuci front load menggunakan tindakan mencuci yang menjatuhkan pakaian dalam gerakan naik turun mirip dengan mencuci tangan. Efek berguling lembut pada mesin cuci muatan depan mengurangi tekanan pada pakaian. Ini membuat pakaian jauh lebih awet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.