Sukses

8 Tips Tidur Nyenyak saat Udara Panas, Lebih Nyaman

Tips tidur nyenyak saat udara panas dilakukan dengan memperhatikan perlengkapan tidur.

Liputan6.com, Jakarta Tips tidur nyenyak saat udara panas perlu kamu terapkan. Hal ini tentunya kerap kali terjadi pada orang-orang yang tinggal di kota-kota yang memiliki cuaca panas. Walaupun sudah malam, tidak jarang udara panas masih terasa di kamar.

Udara panas di kamar ini membuat kamu sulit tidur, bahkan tidak jarang jadi begadang karena tidak nyaman. Ada juga beberapa orang yang karena kepanasan hingga berkeringat saat tidur, hal ini bisa berkaitan juga dengan masalah kesehatan. 

Tips tidur nyenyak saat udara panas dilakukan dengan memperhatikan perlengkapan tidur. Selain itu, kebiasaan sebelum tidur juga dapat memengaruhi kenyamanan tidur kamu. Oleh karena itu, demin kenyamanan tidur, kamu perlu menerapkan beberapa cara sederhana.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/9/2020) tentang tips tidur nyenyak saat udara panas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tips Tidur Nyenyak saat Udara Panas

Membuka Tirai atau Jendela Kamar

Tips tidur nyenyak saat udara panas yang pertama adalah membuka tirai atau jendela kamar di pagi hari. Saat bangun tidur, kamu harus segera membuka tirai atau jendela kamar. Sinar matahari alami akan membantu tubuh memproduksi vitamin D dan meningkatkan kadar serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati.

Sedangkan pada sore hari, tutup kembali tirai. Cara ini akan menjaga suhu di kamar tidur tetap rendah dan membuat tidur kamu di malam hari lebih nyaman.

Memastikan Udara Mengalir

Ventilasi adalah kunci agar tubuh tetap terasa sejuk. Jika kamu memiliki kipas angin, arahkan ke jendela yang terbuka dan taruh kasur di antaranya. Dengan cara itu, angin akan tetap mengalir ke dalam kamar.

Selain itu, kamu juga bisa posisikan kipas angin di kaki tempat tidur. Jangan mengarahkan kipas angin langsung ke wajah, tapi tempatkan di dekat kaki untuk membantu sirkulasi udara dingin, tanpa menyebabkan otot leher tegang karena angin. Tips tidur nyenyak saat udara panas ini tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya.

3 dari 5 halaman

Tips Tidur Nyenyak saat Udara Panas

Mandi sebelum tidur

Tips tidur nyenyak saat udara panas selanjutnya adalah mandi sebelum tidur. Mandi menggunakan air dingin tepat sebelum tidur akan menurunkan suhu tubuh dan menghindari perasaan lengket ketika udara terlalu panas. Tentunya tidak ada yang bisa mengalahkan rasa nyaman tidur setelah mandi.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Faktor penggunaan pakaian juga perlu diperhatikan sebagai tips tidur nyenyak saat udara panas. Pilihlah pakaian yang nyaman seperti piyama atau gaun tidur yang paling tipis dan ringan. Hal ini dapat membuat tubuh kamu lebih rileks dan tidak kepanasan.

4 dari 5 halaman

Tips Tidur Nyenyak saat Udara Panas

Perhatikan Kasur dan Seprai yang digunakan

Serat kasur jelas juga memengaruhi kenyamanan saat tidur. Sebaiknya mulai sekarang perhatikan kasur yang akan kamu gunakan untuk tidur, seperti jumlah serat dan tingkat kerenggangannya.

Selain itu, penggunaan seprai juga tak kalah penting. Semakin tinggi jumlah benang yang digunakan sebuah seprai, akan semakin sulit kamu bernapas. Pertimbangkan menggunakan seprai yang memiliki jumlah benang yang lebih rendah pada musim panas.

Gunakan Bantal yang Sesuai

Bantal yang baik dapat mendorong aliran udara menjadi lebih baik dan tidak menyerap panas. Salah satunya adalah bantal soba yang memiliki kualitas lunak, memungkinkan mendukung ruang di bawah leher, menjaga tulang belakang tetap lurus, membantu otot leher, dan menopang punggung untuk benar-benar santai saat tidur.

Penggunaan sarung bantal juga tak luput dari perhatian. Sarung bantal sutra adalah yang terbaik, karena dapat mengatur suhu alami, lebih lembut untuk rambut, dan bisa melindungi kulit halus di wajah dalam jangka panjang.

5 dari 5 halaman

Tips Tidur Nyenyak saat Udara Panas

Masukkan Sarung Bantal dan Guling ke Dalam Kulkas

Luangkan waktu sekitar 15 sampai 30 menit sebelum tidur untuk menyimpan sarung bantal dan guling ke dalam kulkas. Rasa dinginnya mungkin tidak akan bertahan sepanjang malam, namun cukup membuat Anda untuk tidur nyenyak.

Konsumsi Sebelum Tidur

Konsumsi sebelum tidur juga sangat penting sebagai tips tidur nyenyak saat udara panas. Jangan makan besar tepat sebelum tidur. Ini akan membuat sistem metabolisme bekerja saat kamu tidur dan menaikkan suhu tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini