Sukses

7 Cara Menggunakan Madu untuk Perawatan Mata, Hilangkan Lingkaran Hitam

Madu bisa atasi masalah mata.

Liputan6.com, Jakarta Madu tak hanya dikenal sebagai pemanis alami pengganti gula. Bahan alami ini juga digunakan karena sifat antimikroba, penyembuhan luka, dan penenangnya. Madu banyak digunakan dalam perawatan kulit, rambut, hingga mata.

Madu yang dioleskan secara topikal dapat mengurangi peradangan dan iritasi pada mata. Madu juga dapat membunuh bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi mata. Madu juga bisa diminum secara rutin untuk meningkatkan kesehatan mata.

Jika dikonsumsi secara teratur, madu dapat mencegah masalah mata jangka panjang seperti katarak mata. Beikut cara menggunakan madu untuk merawat mata, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(21/09/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Cara menggunakan madu untuk mata lelah

Madu bisa membantu menenangkan mata yang tegang. Mata lelah bisa disebabkan oleh bekerja di depan layar komputer dalam waktu lama, membaca, atau berkonsentrasi selama berjam-jam. Mata lelah bisa menyebabkan pusing dan menurunkan fungsi penglihatan.

Oleskan madu di atas kelopak mata tertutup. Istirahat dan bersantai kurang lebih setengah jam. Setelah setengah jam, bersihkan madu dengan air dingin.

3 dari 9 halaman

Cara menggunakan madu untuk mata kering

Mata kering terjadi ketika kelenjar air mata yang melumasi mata tidak menghasilkan cukup air mata. Biasanya, penderitanya menghadapi berbagai gejala, antara lain nyeri, gatal, kemerahan pada mata, dan penglihatan kabur.

Mata kering bisa diatasi dengan bantuan madu. Cara menggunakan madu untuk mata kering bisa dengan membilas mata, menggunakan air mata buatan, dan megaplikasikannya dalam bentuk gel mata.

Namun, madu yang digunakan bukanlah madu sembarangan. Madu mentah tidak boleh langsung diaplikasikan ke mata. Anda dapat menggunakan tetes mata dari madu Manuka. Atau, Anda dapat membuat obat tetes mata madu yang disterilkan sendiri.

Air mata buatan dengan madu manuka atau gel mata dengan madu Manuka telah dipelajari sebagai pengobatan mata kering.

Mulailah dengan merebus 1 cangkir air steril atau tetes mata dan 5 sendok teh madu, aduk rata. Mulailah dengan merebus 1 cangkir air dan 5 sendok teh madu, aduk rata. Anda dapat menggunakan campuran ini sebagai pencuci mata, atau menggunakannya sebagai tetes mata. Ini dapat mengurangi kemerahan dan ketidaknyamanan pada penderita mata kering kronis.

4 dari 9 halaman

Cara menggunakan madu untuk mata panda

Madu mengandung polifenol yang menghambat aktivitas tirosinase. Ini dapat membantu mengurangi pigmentasi berlebihan dan memudarkan lingkaran hitam. Madu juga memiliki sifat melembapkan yang membantu mencegah kulit kering yang kusam.

Campur satu sendok teh jus lemon dengan satu sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke kulit di sekitar mata dan biarkan selama sekitar 10-15 menit. Bilas bersih dengan air. Ulangi ini sekali sehari sampai lingkaran hitam memudar. Pastikan jangan sampai campuran memasuki mata.

5 dari 9 halaman

Cara menggunakan madu untuk konjungtivitis

Sifat anti-inflamasi dan antimikroba madu, dikombinasikan dengan kemampuannya yang menenangkan, menjadikannya pengobatan yang sangat efektif untuk beberapa kondisi mata, termasuk konjungtivitis.

Sifat antimikroba madu dapat melawan infeksi bakteri mata, menghentikan penyebarannya, dan mengurangi kemerahan, serta mempercepat penyembuhan. Cara menggunakan madu untuk konjungtivitis adalah dengan menggunakan tetes mata dari campuran madu manuka atau menggunakan campuran air steril dengan madu manuka sebagai pembilas mata.

6 dari 9 halaman

Cara menggunakan madu untuk ulkus kornea

Ulkus kornea adalah luka di permukaan lapisan luar mata. Kondisi ini bisa menimbulkan seperti bisul di mata. Madu dapat melawan infeksi yang mungkin menyebabkan luka, serta mempercepat penyembuhannya.

Sifat madu yang menyembuhkan luka, serta efek antimikroba, membuatnya sangat cocok untuk mengobati jenis masalah mata ini. Campur madu manuka dalam skala 1:1 dengan air mendidih. Gunakan campuran ini untuk mengompres mata dengan bantuan bola kapas.

7 dari 9 halaman

Cara menggunakan madu untuk bintitan

Madu adalah emolien yang menjaga kelembapan kulit. Properti ini bermanfaat dalam mengurangi sensasi gatal di area bintitan mata. Sifat antimikroba, anti-inflamasi, dan anti-alergennya berguna untuk mengobati kondisi mata seperti bintitan.

Campur 3 sendok makan madu dengan 2 gelas air panas. Campur madu secara menyeluruh dalam air dan biarkan suhu air menjadi hangat. Bilas mata yang bintitan dengan larutan ini.

8 dari 9 halaman

Cara menggunakan madu untuk kerutan di sekitar mata

Madu dapat mengunci kelembapan dan menambah kelembutan pada lapisan atas kulit, dan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Madu bisa mengencangkan kulit dan membantu mengurangi kerutan dan garis halus di area sekitar mata.

Anda hanya perlu mengoleskan sedikit madu pada mata tertutup dan biarkan istirahat selama 15 menit. Kemudian bersihkan dengan air hangat.

Madu juga bisa digunakan sebagai campuran untuk masker mata. Madu, di sisi lain, bisa dicampur dengan garam, air, minyak kelapa, atau minyak jojoba dan dioleskan di sekitar mata untuk mengencangkan kulit.

9 dari 9 halaman

Risiko dan efek samping

Mata sangat berharga dan vital. Maka dari itu, penting memperhatikan semua kemungkinan risiko yang terkait dengan produk apa pun yang masuk ke mata.

- Banyak jenis madu yang cukup asam (pH 3.4-6.1), jadi bisa menyebabkan ketidaknyamanan yang serius pada mata. Jadi, pastikan madu yang digunakan tidak bersifat asam.

- Jika sebelumnya memiliki alergi terhadap serbuk sari dan sensitivitas terkait produk lebah lainnya, hindari penggunaan madu di mata. Ini dapat memperburuk infeksi dan menyebabkan hilangnya penglihatan sementara.

- Madu mentah tidak disarankan diaplikasikan langsung pada mata. Sebaiknya gunakan madu manuka atau madu yang sudah disterilkan.

- Berhati-hatilah saat menggunakan madu untuk mata. Bicaralah dengan dokter jika mempertimbangkan untuk menggunakan madu sebagai pengobatan untuk kondisi mata apa pun. Hanya karena sesuatu itu "alami" tidak berarti bahwa menggunakannya benar-benar aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.