Sukses

7 Minuman yang Baik untuk Meredakan Demam, Bantu Pemulihan

Minuman yang baik untuk meredakan demam bisa kamu konsumsi saat badan panas.

Liputan6.com, Jakarta Minuman yang baik untuk meredakan demam bisa jadi solusi saat mengalami masalah ini. Setidaknya, mengonsumsi beberapa jenis minuman ini dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan meredakan berbagai gejala saat demam.

Suhu tubuh yang tinggi, atau demam adalah salah satu cara sistem kekebalan tubuh berupaya memerangi infeksi. Biasanya, kenaikan suhu tubuh membantu tubuh menyelesaikan infeksi. Walaupun kadang hal ini bukanlah masalah yang serius, adanya gejala lain seperti sakit tenggorokan dan batuk bisa menambah ketidaknyamanan.

Minuman yang baik untuk meredakan demam bisa kamu konsumsi saat badan panas. Melengkapi kebutuhan cairan merupakan salah satu kewajiban saat sedang demam. Jangan lupa juga beristirahat dengan cukup untuk menunjang sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu akan cepat pulih.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/9/2020) tentang minuman yang baik untuk meredakan demam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Susu dan Air Kelapa

Susu

Minuman yang baik untuk meredakan demam yang pertama adalah susu. Susu adalah sumber kaya protein berkualitas yang mengandung semua sembilan asam amino esensial. Susu juga mengandung beragam nutrisi, termasuk vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan. Nutrisi ini penting dipenuhi saat sedang sakit untuk mencegah peradangan dan mempercepat pemulihan.

Air Kelapa

Air kelapa juga bisa menjadi salah satu minuman yang baik untuk meredakan demam. Air kelapa baik untuk menstabilkan suhu tubuh. Saat demam, tubuh banyak berkeringat, muntah, atau diare, ini dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak air dan elektrolit. Air kelapa mampu mengisi kembali kebutuhan cairan dan elektrolit. Selain manis dan beraroma, air kelapa mengandung glukosa dan elektrolit yang dibutuhkan untuk rehidrasi.

3 dari 4 halaman

Air Jahe dan Madu

Air Jahe

Minuman yang baik untuk meredakan demam selanjutnya adalah air jahe. Sifat antibakteri jahe membuatnya efektif melawan demam, batuk, dan gejala umum lainnya. Jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman. Cairan penting untuk membantu tubuh mengatur suhu, membuang kuman yang tidak diinginkan, dan membantu fungsi tubuh.

Madu

Madu menjadi salah satu minuman yang baik untuk meredakan demam dengan kandungan senyawa antibakterinya. Selain itu, madu juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Orang yang mengalami demam dapat mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurnya ke dalam makanan dan minuman.

4 dari 4 halaman

Teh Hangat, Yoghurt, dan Buah-buahan

Teh Hangat

Teh hangat bisa menjadi minuman yang baik untuk meredakan demam. Pasalnya, minuman ini dapat memberikan asupan cairan, melegakan hidung mampet, hingga meredakan peradangan pada tubuh. Teh juga mengandung senyawa yang disebut polifenol yang membantu tubuh melawan infeksi virus, bakteri, serta jamur. Oleh karena itu, teh menjadi pilihan minuman tepat bagi kamu yang mengalami demam disertai batuk dan pilek.

Yoghurt

Yoghurt adalah makanan atau minuman yang baik untuk meredakan demam dan sakit. Yoghurt juga kaya akan kalsium dan penuh dengan vitamin dan mineral lainnya. Beberapa yoghurt juga mengandung probiotik yang bermanfaat. Mengonsumsi yogurt dapat mempercepat pemulihan anak dari demam. Mengonsumsi makanan probiotik secara teratur yang mengandung bakteri hidup yang menguntungkan, dapat menurunkan demam pada anak yang sakit.

Buah-buahan

Buah-buahan merupakan makanan sumber vitamin dan mineral terbaik saat demam. Beberapa jenis buah seperti stroberi, blueberry, dan cranberry juga kaya akan senyawa antosianin yang mampu melawan virus dan meredakan peradangan.

Senyawa antosianin pada ekstrak buah mampu menghambat perlekatan bakteri dan virus pada sel tubuh. Senyawa ini pun terbukti dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi buah dalam bentuk jus yang diminum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.