10 Makanan yang Bisa Memperburuk Jerawat, Segera Jauhi

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 04 Sep 2020, 14:45 WIB
Diperbarui 04 Sep 2020, 14:45 WIB
Memicu Timbulnya Jerawat
Perbesar
Ilustrasi Jerawat Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimakan setiap hari bisa memengaruhi kondisi kulit. Selain menjaga kebersihan kulit, memperhatikan pola makan juga penting untuk kesehatan kulit.

Masalah kulit yang bisa muncul akibat makanan adalah jerawat. Meskipun banyak faktor dapat memicu timbulnya jerawat, makanan dapat memainkan peran utama. Konsumsi makanan tertentu bahkan bisa membuat jerawat bertambah parah.

Meski tak semua orang bisa mengalami jerawat karena makanan, tetap penting menjaga pola makan saat jerawatan.

Dilansir dari Healthline, makanan tertentu bisa meningkatkan gula darah lebih cepat daripada yang lain. Ketika gula darah naik, tubuh melepaskan hormon insulin. Insulin berlebih dalam darah bisa menyebabkan kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak. Ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Berikut 10 makanan yang bisa membuat jerawat bertambah buruk, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(4/9/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Makanan yang bisa membuat jerawat tambah buruk

ilustrasi junk food/unsplash
Perbesar
ilustrasi junk food/unsplash

Junk food

Jerawat sangat terkait dengan makan makanan kaya kalori, lemak, dan karbohidrat olahan. Ini kerap ditemukan pada makanan cepat saji atau junk food. Makanan cepat saji, seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, dan pizza merupakan makanan yang bisa memperburuk jerawat.

Daging

Konsumsi daging, terutama daging dengan lemak bisa meningkatkan risiko jerawat. Daging yang diproses juga menjadi bagian dari makanan yag buruk untuk jerawat. Daging non-organik biasanya juga mengandung hormon steroid alami atau sintetis yang digunakan untuk meningkatkan laju pertumbuhan hewan.

Mengkonsumsi daging semacam ini juga dapat memicu jerawat dengan meningkatkan aksi androgen dan Insuli.

Sebaliknya, mengurangi kondisi daging dan meningkatkan konsumsi sayur dan buah bisa membantu menyembuhkan jerawat. Menambahkan antioksidan, serat, dan mineral dalam pola makan nabati membantu sistem detoksifikasi setiap hari. Ini berkontribusi pada kulit yang lebih sehat.


Makanan yang bisa membuat jerawat tambah buruk

Makanan Kalengan
Perbesar
Ilustrasi makanan kemasan kaleng. (Foto; Pixabay)

Makanan kaleng

Makanan beku, kalengan, dan olahan lainnya sering kali mengandung bahan tambahan, seperti pemanis, minyak, bumbu, dan pengawet. Jenis makanan ini dapat membuat jerawat bertambah buruk. Makanan kalengan juga biasanya mengandung banyak garam yang juga bisa meningkatkan risiko jerawat.

Telur

Konsumsi telur berlebihan bisa memicu peradangan, termasuk peradangan jerawat. Protein dalam telur bisa memicu timbulnya jerawat. Ditambah lagi, telur non-organik bisa penuh dengan hormon, antibiotik, dan pestisida, yang juga bisa menyebabkan peradangan.


Makanan yang bisa membuat jerawat tambah buruk

Ilustrasi mayones | fuji01 dari Pixabay
Perbesar
Ilustrasi mayones | fuji01 dari Pixabay

Mayones

Kebanyakan mayo dibuat dengan minyak kedelai, yang juga bersifat inflamasi. Mayonais yang terbuat dari kedelai bisa menyebabkan jerawat. Kedelai mengandung isoflavon, yang dapat bertindak seperti estrogen dalam tubuh. Begitu hormon ini tidak seimbang, ia akan menimbulkan jerawat hormonal yang timbul di mulut dan rahang.

Roti putih

Roti putih terbuat dari karbohidrat olahan. Jenis makanan ini bisa mempercepat proses penuaan kulit dan mendatangkan jerawat yang lebih parah. Jenis karbohidrat olahan lain yang perlu dijauhi di antaranya adalah oatmeal, pretzel, pasta, dan sereal. Mengganti roti putih dengan roti gandum utuh dapat membantu membersihkan kulit.


Makanan yang bisa membuat jerawat tambah buruk

Susu Kedelai Jahe Hangat
Perbesar
Ilustrasi Susu Credit: unsplash.com/EnginA

Produk Susu

Produk susu seperti susu dan keju dikaitkan dengan keparahan jerawat. Susu non-nabati seperti sapi bisa memengaruhi hormon pada beberapa orang. Susu diketahui dapat meningkatkan kadar insulin yang dapat memperburuk keparahan jerawat.

Susu sapi juga mengandung asam amino yang merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak IGF-1, yang telah dikaitkan dengan perkembangan jerawat.

Soda

Soda mengandung gula dalam jumlah banyak. Gula adalah salah satu makanan yang paling sering memicu peradangan. Tubuh akan menyerap minuman bersoda lebih cepat, menyebabkan menyebabkan lonjakan gula darah dan meningkatkan sodarespons peradangan. Soda akan meningkatkan peradangan dan membuat kondisi jerawat bertambah parah.


Makanan yang bisa membuat jerawat tambah buruk

Ilustrasi cokelat  (sumber: Pixabay)
Perbesar
Ilustrasi cokelat (sumber: Pixabay)

Cokelat

Cokelat sudah dicurigai menjadi penyebab jerawat sejak lama. Cokelat terutama cokelat yang banyak mengandung gula bisa memicu peradangan. Cokelat bisa meningkatkan reaktivitas sistem kekebalan terhadap bakteri penyebab jerawat pada beberapa orang.

Kemungkinan besar gula dalam batang cokelat atau kue cokelat menjadi penyebab jerawat atau jerawat yang lebih parah daripada kakao itu sendiri.

Makanan manis

Makan terlalu banyak makanan dengan indeks glikemik tinggi bisa memicu peradangan pada tubuh, yang memengaruhi kulit. Satu studi menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi gula tambahan memiliki risiko 30% lebih besar terkena jerawat. Gula berlebih bisa memperparah kondisi kulit seperti jerawat dan eksim. Jika rentan mengalami peradangan, sebaiknya batasi jumlah gula yang dikonsumsi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya