Sukses

8 Cara Membuat Masker Mangga untuk Sehatkan Kulit, Mudah dan Alami

Mangga bisa tingkatkan kesehatan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Mangga merupakan buah kaya vitamin dan mineral menyehatkan. Kandungan vitamin C yang tinggi membantu mendukung produksi kolagen alami tubuh. Sementara kandungan antioksidannya membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan dini.

Mangga bisa membantu melembapkan dan menutrsi kulit ketika diaplikasikan. Mangga sarat dengan jenis antioksidan yang disebut mangiferin yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan. Mangga juga merupakan sumber vitamin A, C, dan E yang sangat baik untuk kulit.

Selain dikonsumsi, mangga juga bisa digunakan sebagai masker wajah. Banyak cara membuat masker wajah untuk sehatkan kulit. Masker mangga bisa dipadukan dengan bahan alami lain untuk meningkatkan khasiatnya.

Berikut 8 cara membuat masker mangga untuk sehatkan kulit yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (1/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Masker mangga dan alpukat untuk hidrasi kulit

Masker mangga dan alpukat bisa membuat kulit lembut dan terhidrasi. Alpukat dan mangga menenangkan kulit sensitif dan membuka pori-pori kulit. Dengan tambahan madu, masker ini bisa meringankan noda dan bekas luka.

Haluskan satu buah mangga ukuran kecil, tambahkan 2 sendok makan alpukat halus dan 2 sendok makan madu. Aduk hingga rata dan membentuk pasta kental. Oleskan secara merata di wajah dan leher. Biarkan mengering dan bilas dengan air bersih setelahnya.

3 dari 10 halaman

Masker mangga dan oatmeal untuk segarkan kulit

Masker ini bekerja dengan baik dalam mengangkat sel kulit mati. Mangga bisa membuat kulit terasa lembut dan oatmeal berperan sebagai scrubber alami. Kulit akan langsung terasa segar setelah menggunakan masker wajah.

Potong mangga kecil-kecil dan haluskan. Campurkan 3 sendok teh oatmeal, 7-8 kacang almond yang telah direndam semalaman, dan 2 sendok teh susu murni. Campur semua bahan dan aduk rata sampai membentuk pasta. Oleskan masker ke wajah dan leher. Biarkan kering lalu bilas dengan air bersih.

4 dari 10 halaman

Masker mangga dan air mawar untuk kulit sensitif

Air mawar sangat baik untuk meredakan peradangan pada kulit. Masker wajah ini menghidrasi kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan. Masker mangga dan air mawar sangat bagus untuk kulit sensitif.

Potong mangga dan haluskan hingga menjadi bubur. Tambahkan 2 sendok teh yogurt dan 2 sendok teh air mawar. Oleskan masker dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air dingin.

5 dari 10 halaman

Masker mangga dan susu untuk atasi bintik hitam

Susu murni bekerja sangat baik untuk mengatasi bintik dan noda hitam. Dengan pemakaian yang teratur, masker wajah ini mengatasi flek dan noda kulit serta membuat wajah cerah dan awet muda.

Potong dan haluskan mangga matang. Campur dengan 2 sendok teh susu murni hangat. Aplikasikan pada wajah dan leher. Biarkan selama 30 menit dan bersihkan dengan air dingin.

6 dari 10 halaman

Masker mangga dan gula untuk eksfoliasi kulit

Masker mangga dan gula bisa menjadi scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Masker ini mengandung antioksidan yang menjaga kulit tetap bersih dan mencegah infeksi dan peradangan.

Potong dan haluskan buah mangga matang. Campurkan 1 sendok makan brown sugar atau gula putih halus. Campur juga dengan 1 sendok teh susu murni. Aduk hingga membentuk pasta kental. Aplikasikan pada wajah dengan gosokan lembut. Lakukan selama 10 menit, biarkan hingga kering. Cuci bersih dengan air dingin.

7 dari 10 halaman

Masker mangga dan kayu manis untuk ratakan warna kulit

Mangga mengandung vitamin A dan antioksidan lain yang membantu mengatasi perubahan warna kulit. Sementara kayu manis memiliki efek antiinflamasi. Masker wajah ini bisa meningkatkan pembaruan kulit dan membuat kulit lebih bersih.

Campur 2 sendok makan bubur mangga dengan ½ sendok teh kayu manis dan ½ sendok teh bubuk pala. Oleskan masker wajah dan biarkan mengering selama 20 menit. Bilas dengan air dingin.

8 dari 10 halaman

Masker mangga dan putih telur untuk cegah penuaan

Putih telur sangat bagus untuk mengencangkan kulit. Putih telur membantu membersihkan pori-pori kulit dan membuat kulit bebas keriput dan tanda penuaan lainnya.

Kocok 1 putih telur dan tambahkan 2 sendok makan bubur mangga ke dalamnya. Aduk rata hingga membentuk pasta halus. Oleskan di wajah, hindari area mata. Biarkan mengering dan bilas dengan air dingin.

9 dari 10 halaman

Masker mangga dan tepung terigu untuk kulit glowing

Tepung terigu menghilangkan sel-sel mati dari permukaan kulit, membuatnya halus, lembut, dan bercahaya. Ketikan dipasangkan dengan mangga dan madu, masker ini mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat karena mengandung antioksidan dan mencegah peradangan.

Campurkan 1 sendok makan bubur mangga matang, 1 sendok makan tepung terigu, dan 1 sendok teh madu. Aduk sampai membentuk pasta kental. Gunakan jari untuk mengaplikasikan masker ke wajah. Oleskan ke wajah dan leher dengan gerakan melingkar. Biarkan hingga mengering dan cuci dengan air bersih.

10 dari 10 halaman

Manfaat mangga untuk kulit

Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari

Antioksidan alami dalam mangga berpotensi mengurangi tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari dengan mengurangi oksidasi sel kulit.

Mendukung pembentukan kolagen

Mangga kaya akan vitamin C yang dibutuhkan untuk produksi kolagen. Kolagen sangat penting untuk memberi struktur pada kulit. Jumlah kolagen yang cukup bisa mencegah kulit keriput, kendur, dan menua.

Dapat mengurangi jerawat

Mangga mengandung banyak vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini penting untuk mengatasi jerawat. Mangga dapat mengobati kasus peradangan kronis dengan cukup efektif.

Kurangi tanda-tanda penuaan

Vitamin E dan C bekerja sama untuk melindungi kulit dari kerusakan lingkungan. Vitamin A pada mangga juga bisa membantu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.