Sukses

6 Kelebihan Linux dan Kekurangannya daripada Windows, Pilih Sesuai Kebutuhan

Kelebihan Linux dibandingkan Sistem Operasi lainnya patut menjadi pertimbangan.

Liputan6.com, Jakarta Kelebihan Linux sebagai salah satu Sistem Operasi yang banyak digunakan tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, Sistem Operasi Linux ini banyak digunakan oleh hacker, programmer, developer, geeks, dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang tidak terlalu memahami sistem operasi, mungkin hanya mengenal Windows sebagai sitem operasi yang umum digunakan. Namun, penggunaan Linux sekarang ini semakin populer karena berbagai keunggulannya.

Kelebihan Linux dibandingkan Sistem Operasi lainnya patut menjadi pertimbangan. Sebelum memilih Sistem Operasi yang akan digunakan, kamu bisa mengenali berbagai kelebihan dan kekurangan Linux terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan Sistem Operasi sesuai kebutuhan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/8/2020) tentang kelebihan Linux.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tentang Linux

Sebelum mengenal kelebihan Linux dan kekurangannya, kamu tentu harus memahami dulu apa itu Linux. Linux merupakan nama yang diberikan kepada Sistem Operasi komputer Unix. Linux merupakan salah satu contoh pengembangan perangkat lunak bebas dengan sumber utama terbuka.

Linux berasal dari nama sang produsen, yang diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Linux Torvalds. Utilitas sistem dan pustakanya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU merupakan dasar dari timbulnya gelar alternatif GNU atau Linux.

Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung perusahaan-perusahaan komputer terkenal seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystem.

Linux sendiri digunakan sebagai sistem operasi untuk berbagai jenis perangkat keras komputer termasuk komputer desktop, supercomputer, dan embedded sistem seperti buku pembaca elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3, dan Xbox), telepon genggam dan router.

Linux dianggap sebagai sistem operasi yang baik. Sistem operasi Linux ini banyak digunakan oleh hacker, programmer, developer, geeks, dan lain sebagainya. Penggunaan linux memang tumbuh sangat luar biasa dan mampu bersaing dengan sistem operasi populer seperti windows atau OS X.

Sedangkan Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasiskan Graphical User Interface (GUI) atau tampilan antarmuka bergrafis. Pada umumnya, sistem operasi ini banyak sekali digunakan oleh masyarakat, baik di kalangan menengah atas hingga menengah ke bawah.

 

3 dari 5 halaman

Kelebihan Linux

Berikut beberapa kelebihan Linux daripada Windows yang perlu kamu ketahui:

Gratis

Kelebihan Linux yang pertama adalah lisensinya yang gratis. Dibandingkan dengan Windows yang memerlukan kisaran harga sekitar Rp 3 hingga Rp 5 juta untuk satu lisensinya. Linux merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang tidak ingin mengeluarkan uang untuk sebuah sistem operasi.

Kalau menggunakan Linux, kamu terbebas dari yang namanya sistem operasi bajakan, software crack, patch, dan lain sebagainya. Selain gratis, di Linux kamu bisa memodifikasi OS Linux sesuka hati.

Pengamanan Unggul

Kelebihan Linux selanjutnya adalah memiliki pengamanan yang lebih unggul karena memiliki hak akses yang terbatas. Maksudnya, celah untuk masuk ke sistem Linux sangatlah minim. Seperti contoh ketika ingin menginstal aplikasi saja memerlukan repository online.

Meskipun bisa secara offline, tapi sangat jarang sekali orang-orang usil membuat virus di ekstensi aplikasi Linux. Ini merupakan kelebihan Linux dibanding Windows. Pasalnya, OS Windows keamanannya belum cukup sempurna. Windows seringkali tersusupi virus oleh file berekstensi exe yang didownload secara bebas di sebuah website.

Proses Instal Mudah

Saat menginstal sistem ini, kamu tidak perlu menginstal driver yang biasa dilakukan saat menginstal Windows. Hal ini karena distro Linux kebanyakan sudah kompatibel dengan segala jenis prosesor yang tertanam di komputer atau laptop.

4 dari 5 halaman

Kelebihan Linux

Kinerja Ringan dan Spesifikasi Minimal

Dari segi kinerja dan spesifikasi, kelebihan Linux terbukti ringan dalam kinerjanya (not gaming), dan untuk meng-instal Linux tidak membutuhkan spesifikasi yang besar. Hanya dengan 10GB dan 512MB harddisk Linux sudah dapat diinstal di komputer kamu.

Banyak Tools Penguji Security

Sistem Operasi Linux didesain untuk menguji keamanan. Kelebihan Linux, semua tools di dalamnya gratis. Banyak tools yang tersedia, baik bawaan maupun yang bisa di download di situs developer distro Linux. Jadi tidak heran, kalau sistem Linux banyak digunakan oleh para hacker.

Banyak Varian Distro Linux

Kelebihan Linux lainnya adalah memiliki banyak varian distro. Karena sistem ini gratis, banyak sekali developer yang membuat varian Linux seperti Ubuntu, Debian, Linux Mint hingga Kali Linux.

5 dari 5 halaman

Kekurangan Linux daripada Windows

Meski memiliki sederet kelebihan dibandingkan dengan Windows, Linux tentunya juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan Linux daripada Windows yang perlu kamu ketahui:

Tidak Dirancang untuk Gaming

Kekurangan Linux dibandingkan Windows yang pertama adalah sistem Linux tidak support untuk digunakan bermain game. Jadi buat kamu yang ingin main game, tidak dianjurkan untuk menggunakan Sistem Operasi Linux, karena Linux memang tidak direkomendasikan untuk game. Sistem Windows lebih cocok untuk seorang gamer.

Cukup Sulit untuk Pemula

Bagi pemula, menggunakan Linux merupakan suatu hal yang cukup rumit. Meskipun Linux sudah menyediakan versi GUI (Graphical User Interface), tetapi tetap saja ada beberapa perintah yang diharuskan menggunakan Command Line Interface (CLI). Jadi, bagi kamu yang tidak mau ribet, Windows menjadi pilihan terbaik untuk kegiatan standar.

Menginstal Aplikasi Microsoft Lebih Sulit

Saat menggunakan Linux, akan sedikit rumit ketika ingin menginstal aplikasi Microsoft. Ini merupakan kekurangan Linux bagi orang-orang yang terbiasa menggunakan Microsoft. Meskipun Linux sudah menyediakan aplikasi office pengganti yaitu Libre Office, penggunaan Microsof Office tentunya lebih nyaman bagi banyk orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini