Sukses

7 Minuman Sehat untuk Diet Lengkap dengan Resep Membuatnya

Ingin tubuh cepat langsing? Coba konsumsi berbagai minuman sehat untuk diet berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak sekali jenis bahan makanan yang bisa membantu proses penurunan berat badan. Salah satunya minuman sehat untuk diet. Namun, perlu diperhatikan cara penyajiannya agar hasil yang didapatkan bisa lebih optimal. Apabila sampai salah dalam mencampurkan beberapa bahan, maka justru bisa menggagalkan program diet.

Untuk mendapatkan bahan-bahan yang digunakan dalam resep minuman sehat untuk diet sangat mudah. Anda bisa membelinya di supermarket dan toko buah terdekat. Harganya juga sangat terjangkau untuk dibeli. Jadi, Anda tidak perlu takut keluar budget berlebih untuk diet.

Nah, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber apa saja minuman sehat untuk diet beserta resep lengkapnya, Rabu (26/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Madu dan Jeruk Nipis

Campuran madu dengan jeruk nipis, selain baik untuk detoksifikasi juga baik dalam membantu menurunkan berat badan. Hal ini tidak lain karena madu sendiri mampu mencegah masalah yang timbul di usus, meningkatkan kesehatan jantung, serta berguna untuk mengurangi peradangan. Seluruh hal tersebut pada akhirnya akan berguna dalam membantu penurunan berat badan.

Sedangkan kandungan jeruk nipis sarat dengan vitamin C, yang bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengeluarkan racun, serta membantu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Berikut resep minuman sehat untuk diet tersebut:

Bahan

- 1 sendok makan madu

- 1 buah jeruk nipis yang sudah diperas airnya

- 1 cup air

Cara membuat

a. Rebus air jangan terlalu panas.

b. Tambahkan air perasan jeruk nipis dan madu.

c. Aduk hingga rata dan konsumsi selagi hangat.

3 dari 8 halaman

2. Tomat dan Jeruk Nipis

Tomat memiliki kandungan yaitu vitamin, mineral, dan fitonutrien yang berfungsi melawan diabetes, obesitas, hipertensi, serta penyakit kardiovaskular. Sedangkan jeruk nipis kaya akan vitamin C, memiliki aktivitas antioksidan, meningkatkan kekebalan, mampu mengatur napsu makan dan berat badan. Cara membuat minuman sehat untuk diet ini tidak sulit, berikut langkahnya:

Bahan

- 1 cangkir tomat

- 1/2 buah jeruk nipis, ambil airnya

- Sejumput garam

Cara membuat

a. Masukkan tomat ke dalam blender dan haluskan.

b. Tuang jus ke dalam gelas.

c. Tambahkan air jeruk nipis dan sedikit garam.

d. Aduk hingga rata sebelum diminum.

4 dari 8 halaman

3. Seledri, Cuka Apel, dan Lada Hitam

Seledri merupakan salah satu jenis bahan makanan yang memiliki kalori rendah. Dengan begitu tidak perlu takut untuk mengonsumsi seledri. Selain itu, seledri juga memiliki kandungan serat yang baik bagi pencernaan.

Sedangkan tambahan cuka sari apel bisa membantu dalam menurunkan berat badan, mengatur tekanan darah, mengatur gula darah, serta meningkatkan kesehatan jantung. Lalu, di dalam jus ini juga akan ditambahkan lada hitam yang memiliki kandungan piperine dan berguna untuk membantu menurunkan berat badan dengan mencegah proliferasi sel lemak. Berikut ini cara membuat minuman sehat untuk diet tersebut:

Bahan

- 1/2 cangkir seledri

- 1/2 sendok teh cuka sari apel

- 1/4 sendok teh lada hitam, haluskan

- 1 gelas air

Cara membuat

a. Haluskan seledri dengan menggunakan blender.

b. Tambahkan segelas air ke dalam blender lalu lanjut proses pencampuran.

c. Tuang jus seledri ke dalam cangkir dan tambahkan cuka sari apel.

d. Masukkan lada hitam yang sudah dihaluskan dan aduk rata sebelum diminum.

5 dari 8 halaman

4. Lemon, Sirup Maple, dan Bubuk Cabai

Lemon kaya akan vitamin C dan berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu melindungi tubuh dari rheumatoid arthritis. Limonoid, senyawa aktif yang ditemukan dalam lemo juga memiliki sifat antikanker.

Di dalam jus ini juga diberi tambahan berupa sirup maple yang baik untuk membantu pencegahan dari gangguan metabolisme pra-diabetes, meningkatkan fungsi hati, dan menjadi agen pelindung saraf yang sangat ampuh. Lalu, agar efek dari minuman ini semakin maksimal, maka diberi tambahan berupa bubuk cabai yang akan membantu mengurangi berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Ini cara membuatnya:

Bahan

- 1 buah lemon

- 1 sendok teh sirup maple

- 1/4 sendok teh bubuk cabai

- Sejumput garam

Cara membuat

a. Peras air buah lemon ke dalam gelas.

b. Tambahkan sirup maple dan bubuk cabai.

c. Aduk hingga rata sebelum diminum.

6 dari 8 halaman

5. Nanas dan Kayu Manis

Selanjutnya yaitu nanas yang memiliki kandungan bromelain, yang merupakan campuran dari banyak enzim dan sangat berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan mencegah penggumpalan darah.

Sedangkan tambahan kayu manis dapat menurunkan glukosa dalam darah, menekan nafsu makan, hingga meningkatkan tingkat lipid.

Lalu, tamabahan jeruk nipis memberi kandungan tambahan berupa vitamin C yang memiliki sifat antioksidan, meningkatkan imunitas, mengatur rasa kenyang, dan menjaga berat badan. Cara membuat minuman sehat untuk diet dari nanas dan kayu manis juga sangat mudah, berikut langkahnya:

Bahan

- 1 cangkir nanas

- 1/2 sendok teh bubuk kayu manis

- 2 sendok makan air jeruk nipis

- Sejumput garam

Cara membuat

a. Masukkan nanas ke dalam blender dan aduk rata.

b. Tuang nanas yang sudah diblender ke dalam gelas.

c. Tambahkan bubuk kayu manis, air jeruk nipis, dan garam hitam.

d. Aduk rata dan nikmati.

7 dari 8 halaman

6. Teh Hijau dan Mint

Teh hijau memiliki kandungan katekin yang disebut epigallocatechin (EGCG) dan berguna untuk membantu menurunkan berat badan dengan memobilisasi lemak. Sedangkan adanya daun mint membantu mencegah gastritis, sindrom iritasi usus besar, memiliki sifat antioksidan, mencegah alergi, dan melindungi dari flu. Berikut bahan yang dibutuhkan dan langkah membuat minuman sehat untuk diet tersebut:

Bahan

- 1 sendok makan daun teh hijau

- 1 gelas air

- 5 lembar daun mint

Cara membuat

a. Tambahkan daun mint ke dalam secangkir air dan didihkan.

b. Tambahkan daun teh hijau dan diamkan selama 5 menit.

c. Saring dan tuangkan air rebusan ke dalam cangkir.

d. Aduk sebelum dinikmati.

8 dari 8 halaman

7. Pepaya dan Bubuk Kayu Manis

Selanjutnya, pepaya bisa membantu menurunkan berat badan melalui peningkatan pada kesehatan usus dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Lalu adanya bubuk kayu manis membantu mengatur kadar gula darah, memiliki sifat anti-pembekuan dan anti-mikroba, serta berguna untuk meningkatkan fungsi otak. Cara membuat minuman sehat untuk diet berikut ini sangat mudah untuk dicoba, yaitu:

Bahan

- 1 cangkir pepaya

- 1/2 sendok teh bubuk kayu manis

- 1 gelas air dingin

- Sejumput garam

Cara membuat

a. Haluskan pepaya menggunakan blender.

b. Tambahkan bubuk kayu manis dan air dingin ke dalam blender lalu lanjutkan proses penghalusan.

c. Tuang jus pepaya ke dalam gelas.

d. Lalu tambahkan sejumput garam dan aduk rata.

e. Minum selagi masih segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini