6 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga dan Tak Mudah Layu

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 19 Agu 2020, 14:40 WIB
Diperbarui 19 Agu 2020, 14:40 WIB
Ilustrasi bunga mawar merah (Sumber:Pixabay)
Perbesar
Ilustrasi bunga mawar merah (Sumber:Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga tidaklah sulit. Selama mengikuti cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga yang benar, maka hasil yang diharapkan bisa dengan mudah terlihat.

Mawar merupakan salah satu jenis tanaman semak dari keluarga Rosaceae. Kata rosa berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti bunga mawar. Tanaman ini dikenal memiliki beragam warna, dari yang paling umum ditemui yaitu mawar merah, kuning, putih, merah muda, hingga warna bunga mawar yang jarang ditemui bahkan kurang dikenal seperti mawar berwarna ungu. 

Berkat keindahannya, bunga mawar sering disebut sebagai simbol dari cinta. Jadi tidak heran apabila saat menyatakan perasaan cinta selalu identik dengan hadirnya bunga mawar tersebut. Bunga mawar sendiri sebenarnya sangat memungkinkan untuk ditanam di mana saja. Tapi perlu kehatian-hatian dan cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga yang tepat. Salah-salah justru membuat bunga mawar menjadi cepat layu.

Memang seperti apa cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga yang tepat? Di bawah ini Liputan6.com melansir dari Merdeka.com bagaimana cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga, yang pastinya mudah dan efisien untuk dilakukan, Rabu (19/8/2020).

2 dari 7 halaman

1. Perhatikan Proses Penyiraman

Ilustrasi bunga mawar | pexels.com
Perbesar
Ilustrasi bunga mawar | pexels.com

Cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga yang paling dasar dimulai dari bagamana proses menyiramnya. Proses penyiraman air yang cukup, selain menjadi sumber kebutuhan utama bagi proses biologis tumbuhan, proses penyiraman air tersebut juga memiliki peran yang sangat penting untuk mempercepat larutnya unsur hara yang akan diserap oleh akar bunga mawar, serta akan membantu dalam mengatur kondisi udara sekitarnya.

Untuk melakukan penyiraman, ada baiknya dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi hari antara pukul 7-9 dan sore hari antara pukul 4-6. Jumlah air yang digunakan untuk menyiram bergantung pada tingkat kebasahan tanah serta umur dari bunga mawar tersebut.

Ketika datang musim hujan, ada baiknya proses penyiraman dikurangi intensitasnya, sebab pasokan air sudah dibantu dengan adanya air hujan, begitupun ketika musim kemarau yang mengharuskan pasokan air ditambah.

3 dari 7 halaman

2. Rutin Memangkas Batang dan Daun

Menggunakan Masker Kelopak Mawar
Perbesar
Ilustrasi Bunga Mawar Credit: pexels.com/pixabay

Selain cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga di atas, proses memangkas daun dan batang juga tidak kalah penting. Sebab, banyak yang mengeluhkan apabila bunga mawar tidak dapat berkembang dengan baik. Padahal perkembangan tersebut terhambat karena tidak dilakukannya proses pemangkasan secara rutin.

Kondisi tanaman bunga mawar yang terlalu banyak dahan, ranting, serta daun umumnya memiliki pertumbuhan bunga yang lebih lambat atau hanya berbunga sedikit saja.

Sebab, hasil fotosintesisnya hanya digunakan untuk pertumbuhan dahan ranting dan bagian daunya saja. Itulah mengapa, pertumbuhan bagian kelopak mawar jadi terhambat. Untuk memotong batang dan daunnya cukup lakukan minimal 2 minggu sekali.

4 dari 7 halaman

3. Perhatikan Munculnya Gulma

[Fimela] Mawar
Perbesar
Bunga Mawar | unsplash.com/@ivanjevtic

Lalu, agar bunga mawar bisa cepat berbunga usahakan untuk selalu mengendalikan gulma yang tumbuh di media tanaman tersebut. Lakukan pembersihan gulma tersebut secara rutin. Pastikan jika rumput-rumput pengganggu harus rajin untuk dibersihkan, sebab jika tidak dicabut akan mengganggu proses pertumbuhan bunga mawar.

5 dari 7 halaman

4. Beri Pupuk yang Cukup

bunga mawar
Perbesar
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Selanjutnya pemberian pupuk juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Tujuan dari pemberian pupuk tersebut untuk memberi tambahan berbagai unsur-unsur supaya tanaman semakin subur. Pupuk yang disarankan untuk bunga mawar adalah jenis pupuk kandang yang dibuat dari kotoran hewan.

Selain menggunakan jenis pupuk kandang, bisa juga menggunakan jenis pupuk kimia seperti NPK yang memiliki kandungan nitrogen untuk membantu pertumbuhan vegetatif seperti daun, lalu ada kandungan fosfor untuk pertumbuhan akar, dan juga adanya kandungan kalium untuk membantu pembungaan serta pembuahan.

Tapi sebelum mempraktikkan cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga ini, pastikan jika bunga mawar sudah bersih dari gulma sehingga pupuk dan nutrisi yang diberikan dapat menyerap hingga lebih baik pada akar mawar.

6 dari 7 halaman

5. Intensitas Cahaya Matahari yang Cukup

Gambar Bunga  Mawar Merah (Sumber: Pixabay)
Perbesar
Gambar Bunga Mawar Merah (Sumber: Pixabay)

Hal ini tidak hanya dibutuhkan oleh tanaman lain, mawar juga perlu menggunakan cahaya matahri untuk membantu proses fotosintesis. Umumnya, waktu yang baik untuk memberi asupan cahaya matahari pada jam 6-10 pagi.

Namun, apabila lokasi penanaman bunga mawar di luar ruangan, ada baiknya gunakan jarring-jaring di bagian atasnya, agar intensitas cahaya matahari yang diterima pada siang hari tidak terlalu banyak.

7 dari 7 halaman

6. Kendalikan Hama dan Penyakit

Gambar Bunga Mawar Merah Jambu (Sumber:Pixabay)
Perbesar
Gambar Bunga Mawar Merah Jambu (Sumber:Pixabay)

Tumbuhnya bunga mawar yang baik tidak lepas dari bagaimana proses pengendalian hama dan penyakit. Sebab ada beragam jenis hama dan penyakit yang dapat berisiko mengganggu kesehatan dari bunga mawar. Salah satu yang paling umum adalah ulat daun yang menyebabkan daun mawar menjadi rusak. Hama tersebut bisa diberantas dengan menyemprotkan insektisida atau racun serangga.

Selain disebabkan hama ulat, bunga mawar juga sangat berisiko rusak karena jamur, sehingga hal tersebut perlu diatasi dengan melakukan penyemprotan fungisida. Biasanya, gejala bunga mawar terkena jamur berupa berupa timbulnya bercak daun, bunga yang mulai busuk, bercak karat pada daun, serta tepung mildew atau berupa lapisan putih yang ada di permukaan daun.

Maka dari itu pastikan mempraktikkan cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga di atas agar bunga mawar semakin indah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Lanjutkan Membaca ↓