Sukses

5 Potret Izzam Athaya, Bocah Berpakaian Adat Tidung di Uang Baru Rp 75 Ribu

Izzam bocah yang mengenakan pakaian suku adat Tidung, Kalimantan Utara di uang Rp 75 ribu.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia bersama Kementerian Keuangan telah meluncurkan uang baru pecahan Rp 75 ribu pada Senin, (17/8/2020). Uang pecahan baru itu diluncurkan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Peluncuran uang pecahan baru Rp 75 ribu itupun berhasil menyita perhatian masyarakat.

Bukan hanya nominalnya yang cukup unik, melainkan gambar yang tertera pada uang pecahan baru tersebut. Dalam uang pecahan baru Rp 75 ribu terdapat foto Soekarno dan Hatta yang memiliki filosofi sebagai pembuka dan permulaan lembaran baru bagi NKRI.

Kemudian bagian belakang uang Rp 75 ribu adalah gambar deretan anak-anak yang memakai berbagai baju adat dari Sabang sampai Merauke. Ada 9 anak dalam gambar belakang uang Rp 75 ribu yakni mewakili Aceh, Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, Maluku, dan Papua. Salah satu anak yang wajahnya terpampang pada uang pecahan baru ini bernama Muhammad Izzam Athaya.

Muhammad Izzam Athaya merupakan salah satu bocah yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar 041 Tarakan, Kalimantan Utara. Saat ini wajahnya tengah terpampang jelas pada uang baru pecahan Rp 75 ribu yang resmi diluncurkan oleh Bank Indonesia bersama Kementerian Keuangan. Dalam foto itu, ia tampak mengenakan pakaian suku adat Tidung, Kalimantan Utara.

Perlu diketahui bahwa Tidung merupakan nama suku keluarga besarnya. Kini sosok bocah yang ada pada uang pecahan baru Rp 75 ribu ini menjadi viral. Dilansir dari berbagai sumber, berikut potret Muhammad Izzam Athaya yang jadi model pakaian suku Tidung di uang kertas baru, Rabu (19/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Izzam menjadi model anak dengan pakaian suku adat Tidung, Kalimantan Utara di uang kertas baru.

3 dari 6 halaman

2. Diketahui, bocah ini merupakan siswa kelas 4 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 041 Tarakan.

4 dari 6 halaman

3. Sekolah yang berada di Jalan Bhayangkara, Pasir Putih, Tarakan ini patut berbangga hati salah satu siswanya menjadi model uang kertas.

5 dari 6 halaman

4. Izzam mengaku sudah mengetahui foto dirinya dengan mengenakan balutan pakaian adat Tidung, akan menghiasi uang khusus itu.

6 dari 6 halaman

5. Wajah Izzam berada di urutan kelima, dari sembilan gambar anak-anak yang mengenakan pakaian adat, menghiasi uang pecahan Rp 75 ribu itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.