6 Cara Menghilangkan Baret pada Mobil, Tak Harus ke Bengkel

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 14 Agu 2020, 16:50 WIB
Diperbarui 14 Agu 2020, 16:50 WIB
Goresan pada Mobil
Perbesar
Kemacetan lalu lintas seringkali menjadi sebab tergoresnya cat mobil. Untuk memperbaikinya, kebanyakan orang menyerahkannya ke bengkel, padahal itu bisa dilakukan sendiri (Foto: Autotribute).

Liputan6.com, Jakarta Tampaknya tidak ada pengemudi yang ingin mobilnya terkena suatu benda atau kejadian yang membuat mobilnya menjadi baret. Sebab baret tersebut bisa menurunkan penampilan dari mobil yang dikendarai. Tapi jika sudah terlanjur apa boleh buat. Coba saja cara menghilangkan baret pada mobil yang tepat.

Jenis baretan yang ada di mobil bisa beraneka ragam, mulai baretan yang dikarenakan debu dengan kerikil tajam, hingga akibat tabrakan dengan kendaraan lain. Cara menghilangkan baret pada mobil tersebut juga akan berbeda perlakuannya, tergantung dengan parah tidaknya keadaan baret yang ada di mobil. Jika sudah terlanjur sangat dalam dan parah, mau tidak mau harus dimasukkan ke bengkel untuk ditangani lebih lanjut.

Tapi, jika jenis baretannya hanya ringan dan tidak sampai ke lapisan cat yang paling dalam, maka cukup ikuti cara menghilangkan baret pada mobil dengan bantuan benda-benda sederhana. Untuk menunjang hasil dari cara menghilangkan baret pada mobil tersebut tidak butuh benda yang mahal dan sulit ditemukan.

Cukup pergi ke minimarket atau bengkel terdeakt untuk menemukan berbagai benda yang diperlukan dalam memperbaiki baret pada mobil. Waktu pengerjaannya juga tidak lama, bahkan dalam beberapa jam saja baret yang ada pada mobil bisa seketika hilang.

Nah, agar semakin jelas bagaimana cara menghilangkan baret pada mobil yang tepat, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi tersebut untuk Anda dari berbagai sumber, Jumat (14/8/2020).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Dengan Air

Mencuci Mobil
Perbesar
Mencuci Mobil (Photo by Adrian Dascal on Unsplash)

Cara menghilangkan baret pada mobil yang pertama ini sangat mudah dilakukan, yakni dengan menggunakan bantuan dari air. Biasanya, baret yang bisa dihilangkan dengan cara ini merupakan jenis baret yang masih ringan. Cara membersihkan dengan hanya perlu dengan menggunakan kanebo basah atau lap dengan tekstur lembut, lalu gosok perlahan hingga beberapa kali ke bagian yang tergores.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Menggunakan Minyak Rem

PERDIPPI Minta Keputusan Menteri Terkait Pelumas Diuji Ulang
Perbesar
PERDIPPI minta keputusan menteri terkait pelumas diuji ulang

Selain menggunakan air, cara menghilangkan baret pada mobil selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak rem. Cara aplikasinya cukup mudah, yaitu dengan mengambil minyak rem secukupnya lalu tuangkan di kanebo kering. Kemudian Anda cukup oleskan kanebo yang sudah diberi minyak rem ke area yang terdapat goresan. Setelah itu jangan lupa untuk langsung bersihkan menggunakan air dan lap dengan kanebo kering yang tidak terkena minyak rem. Anda bisa mempraktikkan cara menghilangkan baret pada mobil ini beberapa kali hingga kondisi cat kembali seperti semula.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Gunakan Pasta Gigi

Mau Dong Wajah Bebas Jerawat? Ini 3 Tipsnya!
Perbesar
bebas jerawat dengan pasta gigi. (via: sehatnesia.com)

Ternyata selain sebagai pembersih gigi, pasti gigi juga sangat ampuh untuk menghilangkan baret yang terdapat di mobil. Anda cukup menyiapkan kain lembut dan bersih, tentunya siapkan juga pasta gigi.

Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu bagian permukaan mobil yang lecet sudah dibersihkan dan bebas dari debu serta pasir. Apabi sudah dibersihkan, Anda bisa basahi kain dan oleskan pasta gigi ke kain tersebut.

Selanjutnya, Anda bisa menggosok kain yang sudah terdapat pasta gigi ke area mobil yang memiliki baret. Cara menggosoknya dengan cara melingkar supaya hasil pemolesan rata di semua bagian. Namun ingat, cara menghilangkan baret dengan pasta gigi hanya bisa dilakukan apabila jenis baretan masih ringan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Menggunakan Obat Nyamuk Cair

[Bintang] Ilustrasi Lotion Nyamuk
Perbesar
Lotion (Sumber Foto: PureWow)

Selain ketiga cara menghilangkan baret pada mobil di atas, Anda juga bisa menggunakan obat nyamuk cair. Tapi, penggunaan obat nyamuk untuk menghilangkan baret pada mobil sifatnya darurat, terlebih jika Anda tidak memiliki kompon atau stratch remover.

Pastikan Anda tidak terlalu sering menggunakan obat nyamuk cair untuk menghilangkan baret pada bodi mobil, sebab sifat zat yang terkandung di dalam obat nyamuk cair tersebut cukup keras dan bisa berdampak negatif terhadap cat.

Cara aplikasinya yaitu dengan mengoleskan obat nyamuk ke bagian yang lecet. Setelah itu, diamkan terlebih dahulu selama 10-20 detik. Jika sudah, gunakan air untuk membasahi bodi mobil yang baret lalu segera keringkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Hilangkan Baret dengan Kompon

Kompon
Perbesar
Kompon (Photo by Matthew Dockery on Unsplash)

Kompon sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya untuk menghilangkan baret pada mobil. Untuk mendapatkan kompon tidak sulit, Anda hanya perlu mendatangi toko-toko aksesoris mobil atau biasanya juga banyak tersedia di minimarket terdekat.

Cara kerja kompon yaitu akan mengikis cat di area yang tergores. Proses pengikisan tersebut akan membuat goresan menjadi hilang tertutup oleh cat disekitarnya. Jenis kompon yang biasa digunakan untuk menghilangkan goresan pada mobil adalah kompon putih yang memiliki daya kikis kuat.

Cara penggunaanny sangat mudah, yaitu dengan membersihkan area yang terkena baret. Lalu, Anda bisa melumuri area yang terbaret dengan kompon tersebut. tapi pastikan jangan mengoles kompon secara berlebihan. Sebab, hal itu bisa merusak bodi mobil Anda.

Apabila proses penggunaan kompon sudah selesai, maka jangan lupa untuk bilas kembali bekas goresan dengan air bersih lalu lap hingga kering dengan kain yang halus dan bersih.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Gunakan Scratch Remover

Mobil tergores
Perbesar
Goresan panjang berkali-kali

Lalu, cara menghilangkan baret pada mobil yang terakhir dengan menggunakan stratch remover. Untuk mendapatkan benda ini bisa di toko aksesoris mobil. Cara menghilangkan baret pada mobil ini mungkin bisa dikatakan yang paling mudah dan hasilnya instan. Yaitu dengan mengoleskan cairan scratch remover pada bodi mobil yang tergores secara merata. Selanjutnya, Anda bisa menggosok bagian tersebut dengan kain micro-fiber. Agar hasil dari cara menghilangkan baret pada mobil ini maksimal, maka ulangi langkah tersebut sbanyak 2-3 kali atau sampai hasil yang diinginkan.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya