10 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami dan Cepat

Oleh Husnul Abdi pada 14 Agu 2020, 14:35 WIB
Diperbarui 22 Sep 2020, 01:18 WIB
Cara Menghilangkan Jerawat
Perbesar
Ilustrasi wajah berjerawat. (via: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya bisa dilakukan dengan bahan alami. Hal ini tentunya menjadi alternatif yang lebih murah dan mudah diterapkan, daripada melakukan perawatan dengan berbagai teknologi canggih yang mungkin terlalu mahal.

Jerawat dan bekasnya yang sulit sekali hilang merupakan masalah yang dialami cukup banyak orang. Masalah ini tentunya sangat menjengkelkan dan membuat kamu tidak nyaman. Apalagi, hal ini juga mengakibatkan seseorang kehilangan percaya diri dengan adanya jerawat dan bekasnya pada wajah.

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami perlu diterapkan secara rutin. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan nutrisi yang terdapat pada bahan-bahan tersebut, yang mendukung hilangnya jerawat beserta bekasnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/8/2020) tentang cara menghilangkan jerawat dan bekasnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Masker Tomat dan Baking Soda

Menggunakan Masker Tomat
Perbesar
Ilustrasi Penggunaan Masker Tomat Credit: pexels.com/pixabay

Masker Tomat

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang pertama yaitu dengan menggunakan tomat sebagai masker wajah. Tomat yang kaya akan vitamin C , vitamin A, dan karoten yang merupakan antioksidan, akan membantu kulit wajah untuk cepat menghilangkan bekas jerawat yang seringkali sulit untuk dihilangkan.

Kandungan-kandungan dalam tomat mampu menyembuhkan kerusakan kulit akibat jerawat. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Iris tomat dibagi menjadi 3-4 bagian

2. Tempelkan pada kulit atau bisa dihaluskan menjadi masker

3. Diamkan 20-30 menit

4. Bilas wajah dengan air bersih atau lebih baik menggunakan air es supaya lebih segar

5. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu

Baking Soda

Soda kue juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami. Hal ini karena baking soda terdiri dari kristal sodium bicarbone yang berfungsi mengelupas kulit mati saat digunakan sebagai scrub pembersih.

Cara mengunakannya mudah saja, campurkan 2 sdm soda kue dengan air bersih hingga menjadi pasta yang kental. Oleskan ke kulit wajah secara merata. Pastikan untuk mencuci wajah hingga bersih terlebih dahulu. Setelah itu, diamkan hingga 15 menit dan bilas.


Kentang dan Masker Lidah Buaya

Lidah Buaya
Perbesar
Lidah Buaya. (via: stylecraze.com)

Kentang

Cara menghilangkan jerawatan dan bekasanya yang pertama adalah dengan kentang. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin dan mineral pada kentang yang mampu menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam.

Cara menggunakannya mudah saja, ikuti langkah berikut:

1. Iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada area bekas jerawat.

2. Biarkan selama 10 menit.

3. Cuci wajah dengan air bersih.

4. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Masker Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami. Hal ini lantaran lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang bersifat antibakteri. Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat aloesin yang berfungsi menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap.

Cara menggunakannya mudah saja, Ambil lidah buaya dan potong menjadi beberapa bagian. Kemudian, kupas kulitnya dan ambil gel lidah buaya, haluskan terlebih dahulu. Lalu oleskan pada wajah, dan diamkan selama 10-15 menit. Terakhir, bilas wajah dengan menggunakan air hangat.


Madu dan Alpukat atau Yoghurt

Menggunakan Madu
Perbesar
Ilustrasi Madu. Credit: freepik.com

Madu dan Alpukat

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang selanjutnya adalah menggunakan madu dan alpukat. Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang dapat meredakan inflamasi sebagai penyebab jerawat. Sedangkan, madu kaya antioksidan yang baik untuk menghilangkan bakteri.

Sehingga perpaduan dari kedua bahan alami ini tentu dapat menghilangkan jerawat dan bekasnya secara permanen. Gunakan masker madu yang dicampurkan dengan buah alpukat yang dihaluskan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

Madu dan Yogurt

Masih dengan menggunakan madu, namun kali ini kamu bisa mencampurkannya dengan yoghurt. Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya ini didapatkan dari kandungan asam laktat, bakteri baik, dan asam alfa hidroksi pada yogurt, yang akan dengan mudah mengatasi penyebab jerawat seperti menumpuknya sel kulit mati hingga bakteri yang menempel.

Caranya menggunakannya mudah saja, campurkan 2 sdm yogurt dengan 1 sdm madu dan aduk hingga merata. Terapkan pada wajah dan tunggu hingga 20 menit lalu bilas hingga bersih.


Lemon dan Jeruk Nipis

ilustrasi lemon/pixabay
Perbesar
ilustrasi lemon/pixabay

Lemon

Lemon mengandung asam alfa-hidroksi alami (AHA) yang sangat berguna sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya. Bahkan, kandungan ini juga sangat baik untuk mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit.

Cara menggunakannya yaitu, bersihkan lemon, lalu belah menjadi dua bagian. Setelah itu, peras di dalam wadah yang bersih. Kemudian, aplikasikan pada wajah yang terdapat jerawat secara perlahan. Tambahkan madu atau air hangat jika kamu merasa terlalu perih.

Jeruk Nipis

Seperti lemon, jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya. Hal ini tidak terlepas dari kandungan antioksidan antioksidan yang dapat meredam peradangan pada kulit wajah hingga menyebabkan munculnya jerawat.

Caranya hampir sama dengan masker lemon. Cukup belah menjadi dua bagian. Setelah itu, peras di dalam wadah yang bersih. Kemudian, aplikasikan pada wajah yang terdapat jerawat secara perlahan. Tambahkan madu atau air hangat jika kamu merasa terlalu perih.


Timun dan Bawang Putih

Ilustrasi Timun
Perbesar
Ilustrasi timun (dok. Pixabay.com/stevepb/Putu Elmira)

Timun

Salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya adalah mentimun. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang ada pada mentimun sangat bermanfaat bagi kulit. Mentimun juga baik untuk menghidrasi kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan mentimun adalah sebagai berikut:

1. Iris tipis-tipis mentimun secukupnya

2. Taruh di atas kulit bekas jerawat Anda

3. Biarkan dulu selama 30 menit

4. Bilas wajah Anda dengan air dingin

Bawang Putih

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya juga bisa dengan menggunakan bawang putih. Kandungan pada bawang putih, yaitu senyawa thiacremonon sulfur mengandung anti bakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat.

Caranya, siapkan 1 siung bawang putih dan haluskan terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan pada bagian kulit wajah yang terdapat jerawat dan diamkan hingga 10 menit. Lalu bilas hingga bersih.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya