6 Urutan Penggunaan Skincare Malam yang Tepat

Oleh Husnul Abdi pada 12 Agu 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 12 Agu 2020, 21:00 WIB
Urutan Penggunaan Skincare Malam
Perbesar
Ilustrasi Perawatan Wajah. Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Urutan penggunaan skincare malam penting dikenali agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga. Penggunaan produk perawatan yang tepat merupakan salah satu kunci dalam menjaga kecantikan kulit wajah, begitu pula dengan urutan penggunaannya.

Bahkan, urutan penggunaan skincare pada pagi hari dan malam hari ternyata berbeda. Pada malam hari, kulit secara alami akan memperbaiki diri, sehingga perawatan yang diterapkan harus benar. Oleh karena itu, melakukan perawatan wajah pada malam hari sebelum tidur sangatlah penting.

Urutan penggunaan skincare malam perlu diikuti agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berbagai produk skincare seperti sabun wajah, toner, serum, hingga krim malam tentunya harus digunakan sesuai dengan urutannya agar wajah tetap sehat dan cantik saat bangun pagi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/8/2020) tentang urutan penggunaan skincare malam.


Makeup Remover dan Cleanser

Urutan Penggunaan Skincare Malam
Perbesar
Urutan Penggunaan Skincare Malam

Makeup Remover

Urutan penggunaan skincare malam yang pertama tentunya adalah makeup remover. Tahapan ini merupakan langkah yang paling penting. Kamu harus selalu membersihkan sisa makeup atau produk kosmetik di malam hari. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kesehatan kulit dan mencegah efek negatif dari produk makeup yang tersisa.

Cleanser

Setelah wajah bersih dari makeup, urutan penggunaan skincare selanjutnya adalah membersihkan wajah. Kamu juga bisa melakukan eksfoliasi terlebih dahulu, sehingga sisa kotoran dan sel-sel mati pada kulit dapat hilang dengan lebih sempurna. Namun, eksfoliasi ini cukup dilakukan satu kali dalam seminggu saja.

Dengan wajah yang telah bersih dari makeup dan kotoran, kamu bisa melanjutkan urutan penggunaan skincare malam dengan mencuci wajah. Pilih cleanser yang sesuai dengan jenis kulitmu agar kulit benar-benar bersih sempurna.


Toner dan Serum

toner
Perbesar
ilustrasi toner

Facial Toner

Urutan penggunaan skincare malam yang tepat setelah mencuci wajah adalah menggunakan toner. Kamu bisa menggunakan toner setelah wajah bersih dan kering. Toner merupakan cairan yang mengandung bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah-masalah tertentu.

Facial toner ini bisa membuat kulit tetap lembut dan kenyal sepanjang malam. Kamu bisa menerapkan cara ini dengan mengusap toner menggunakan kapas sebagai pembersih wajah.

Facial Serum

Setelah menggunakan toner, urutan penggunaan skincare malam berikutnya adalah facial serum. Serum mengandung berbagai bahan aktif, dari vitamin hingga antioksidan, yang khusus mengatasi masalah kulit yang lebih spesifik, misalnya mengatasi jerawat.

Bahan aktif dalam serum mampu menembus bagian terdalam kulit lebih cepat, mudah, dan efisien daripada pelembap wajah biasa. Setelah menggunakan serum, tunggu selama 10 menit hingga serum benar-benar meresap pada kulit. Baik pagi maupun malam hari, tetap penting untuk menggunakan serum secara rutin.


Krim Mata dan Krim Malam

Ilustrasi Kulit Wajah.
Perbesar
Ilustrasi Kulit Wajah. Credit: pexels.com/pixabay

Krim Mata

Urutan penggunaan skincare malam yang tepat selanjutnya adalah menggunakan eye cream atau krim mata. Tahapan ini tentunya sangat penting untuk kamu yang punya masalah mata panda atau kantung mata.

Oleskan sedikit krim langsung ke area sekitar mata, kemudian tunggu 3-5 menit sampai sisa bahan krim mata benar-benar meresap ke dalam kulit. Mengaplikasikan krim mata (eye cream) sebelum tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit di area mata setiap harinya.

Krim Malam

Urutan penggunaan skincare malam yang terakhir adalah menggunakan krim malam atau pelembap. Oleskan pelembab wajah merata ke seluruh wajah dan leher, dan pijat hingga semua bahan meresap.

Penggunaan krim malam atau pelembap bertujuan agar kelembapan kulit senantiasa terjaga, sehingga saat bangun di pagi hari kulit bisa terasa lebih lembut dan segar.

Setelah selesai menjalani urutan penggunaan skincare malam tersebut, jangan lupa untuk memastikan kamu cukup tidur nyenyak agar kulit bisa bekerja lebih optimal dalam memelihara kesehatannya. Urutan tersebut bisa kamu modifikasi sesuai kebutuhan, seperti menggunakan masker setiap 2 kali seminggu.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya