7 Cara Menguruskan Badan dengan Cepat Secara Alami, Aman dan Mudah

Oleh Husnul Abdi pada 12 Agu 2020, 19:45 WIB
Diperbarui 12 Agu 2020, 19:45 WIB
Cara Menguruskan Badan
Perbesar
Cara Menguruskan Badan/Photo by Bill Oxford on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Cara menguruskan badan bisa dengan menerapkan kebiasaan sehat secara rutin. Berbagai faktor seperti konsumsi makanan, melakukan kegiatan fisik atau olahraga secara teratur, hingga berisitirahat dengan cukup sangat penting dalam menguruskan badan dengan cepat.

Cara menguruskan badan dipengaruhi konsumsi makanan, olahraga, dan waktu istirahat. Dengan memperhatikan tiga faktor tersebut, maka berat badan akan turun lebih cepat. Penerapannya juga lebih aman dan mudah dilakukan.

Cara menguruskan badan harus dilakukan secara konsisten. Daripada menerapkan diet terlalu ketat yang menyiksa tubuh, sebaiknya kamu menerapkan kebiasaan sehat yang justru efektif dalam menguruskan badan. Tentunya hal ini berlaku bila kamu berkomitmen dan menerapkannya secara disiplin.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/8/2020) tentang cara menguruskan badan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jangan Tinggalkan Sarapan dan Minum Air Sebelum Makan

ilustrasi minum air putih/unsplash
Perbesar
ilustrasi minum air putih/unsplash

Jangan Tinggalkan Sarapan

Cara menguruskan badan yang pertama bisa dilakukan dengan selalu makan pagi atau sarapan. Sarapan merupakan bagian yang sangat penting dalam menurunkan berat badan. Selalu mengonsumsi sarapan setiap paginya membuat keinginan untuk makan camilan yang tidak sehat jadi berkurang.

Selain itu, sarapan tentunya dapat mengurangi rasa lapar kamu di siang harinya. Dnegan begitu, hal ini akan membuat keinginan mengonsumsi makanan secara berlebihan saat makan siang juga berkurang. Dengan berbagai manfaat tersebut, tentunya kamu bisa memahami betapa pentingnya sarapan sebagai cara menguruskan badan dengan cepat.

Minum Air Sebelum Makan

Salah satu cara menguruskan badan yang tak kalah penting adalah dengan minum air sebelum makan. Hal ini karena meneguk air sebelum makan dapat membuat kamu lebih cepat merasa kenyang, sehingga terhindar dari makan dalam jumlah yang berlebihan.

Kamu bisa mencukupi kebutuhan minum air putih setiap harinya. Saat mulai merasa lapar, kamu bisa atasi dengan minum air putih terlebih dahulu, kemudian tetap makan pada waktunya. Dengan begitu, jumlah kalori yang kamu konsumsi juga akan berkurang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Konsumsi Makanan Mengandung Serat dan Makan Porsi Kecil

ilustrasi makanan berserat/pexels
Perbesar
ilustrasi makanan berserat/pexels

Konsumsi Makanan Mengandung Serat

Cara menguruskan badan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi banyak serat alami. Makanan kaya serat dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat kamu merasa lebih cepat kenyang setelah makan.

Makanan berserat tinggi biasanya membuat kamu membutuhkan lebih banyak waktu dalam proses mengunyah. Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi serat juga cenderung akan menghasilkan sedikit kalori. Kamu bisa mengonsumsi gandum dan buah-buahan segar pada pagi hari sebagai cara menguruskan badan dengan makanan berserat.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran cenderung memiliki berat badan ideal. Buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang sangat sehat dan ampuh menguruskan badan. Selain air, nutrisi dan serat, buah dan sayur biasanya memiliki kepadatan energi yang sangat rendah, sehingga memungkinkan kamu untuk mengonsumsinya dalam porsi besar tanpa menghasilkan banyak kalori.

Makan Porsi Kecil

Cara menguruskan badan selanjutnya adalah dengan makan dalam porsi kecil. Menurut penelitian, makan dengan piring atau mangkuk kecil dapat membuat kamu terbiasa makan dengan porsi yang sedikit, sehingga jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan berkurang.

Makan dengan porsi kecil namun sering, yaitu 4-5 kali sehari, lebih baik sebagai cara menguruskan badan dibandingkan makan dalam porsi besar sebanyak 3 kali sehari.

Selain itu, kamu juga perlu makan secara perlahan untuk mendukung penurunan berat badan. Dengan kebiasaan makan seperti ini, tubuh dapat mengirim sinyal kenyang ke otak sebelum kamu menghabiskan terlalu banyak makanan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tidur Cukup, Olahraga Rutin, dan Berjalan Setelah Makan

lari
Perbesar
ilustrasi lari/Photo by Nathan Cowley from Pexels

Tidur Cukup

Cara menguruskan badan tidak hanya bergantung pada makanan saja. Istirahat yang cukup juga sangat penting dalam proses ini. Hal ini karena saat kamu kurang tidur, produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan dapat meningkat.

Hal inilah yang mengakibatkan kamu akan mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam jumlah banyak. Bahkan, beberapa penelitian menyabutkan bahwa kurang tidur merupakan salah satu faktor penyebab obesitas. Jadi, tidur yang cukup sangat penting sebagai cara menguruskan badan dengan cepat.

Tidur pada waktu yang sama setiap harinya sekitar 7-9 jam dapat membuat kamu mendapatkan istirahat yang berkualitas, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Olahraga Rutin

Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membantu membakar kelebihan kalori yang tidak bisa dipangkas hanya dengan menjalani diet. Cara menguruskan badan dengan olahraga ini bahkan juga dapat memperlancar sistem peredaran darah, memperbaiki suasana hati, memperbaiki kualitas tidur, serta menjaga bentuk tubuh tetap ideal.

Kamu bisa menerapkan berbagai jenis olahraga seperti bersepeda, berjalan kaki, hingga berenang yang efektif membakar kalori. Luangkanlah waktu setidaknya 30 menit tiap hari untuk berolahraga.

Berjalan Setelah Makan

Jika malas berolahraga, maka ada solusi yang lebih sederhana yang bisa kamu lakukan sebagai cara menguruskan badan. Kamu bisa mencoba berjalan sepuluh menit setelah makan. Hal ini dapat membantu membakar beberapa kalori dengan cepat dan melancarkan pencernaan.

Para peneliti mengatakan bahwa jalan kaki setelah makan membantu membersihkan glukosa dari aliran darah, karena gula darah akan lebih banyak diambil oleh otot saat berjalan. Dengan begitu berat badan akan lebih terkontrol dan tubuh akan kurus secara alami.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya