6 Perbedaan Lip Tint dan Lip Cream, Pilih Sesuai Kebutuhan

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 29 Jul 2020, 20:46 WIB
Diperbarui 29 Jul 2020, 20:46 WIB
Warna Lipstik Nude
Perbesar
Ilustrasi Lipstik Credit: pexels.com/ShinyDiamond

Liputan6.com, Jakarta Lip tint dan lip cream merupakan produk pemulas bibir yang sudah tak asing lagi di telinga. Salah satu dari kedua produk ini sudah menjadi kebutuhan banyak wanita.

Tak jarang banyak wanita bingun memilih antara lip tint atau lip cream. Meski sama-sama berbentuk cair, keduanya punya sejumlah perbedaan.

Lip tint dan lip cream punya bahan dan hasil berbeda ketika diaplikasikan. Keduanya juga punya tingkat ketahanan dan kegunaan yang berbeda. Jika kamu bingung memilih antara lip tint dan lip cream, kamu harus mengetahui perbedaan keduanya terlebih dulu.

Mengetahui perbedaan lip tint dan lip crim bisa membantumu memilih sesuai kebutuhan. Kamu jadi lebih percaya diri dengan kedua produk ini. Berikut perbedaan lip tint dan lip cream, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(29/7/2020).

2 dari 8 halaman

Bahan Lip tint dan lip cream

Lipstik
Perbesar
Ilustrasi Lipstik Credit: pexels.com/FreeCreativeStuf

Lip tint

Lip tint merupakan produk bibir yang berbahan utama air (water based) yang mengandung pigmen. Lip tint biasanya diformulasikan dari gel atau air yang menguap sehingga pigmen bisa menyerap dan mewarnai bibir.

Lip cream

Sementara lip cream merupakan produk bibir yang berbasis minyak. Lip cream sebenarnya merupakan versi cair dari lipstik. Lip cream biasanya memiliki formulasi antara lilin dan minyak.

3 dari 8 halaman

Warna Lip tint dan lip cream

Lipstik
Perbesar
Ilustrasi memakai lipstik. (Pexels.com/Oleg Magni)

Lip tint

Tekstur lip tint yang ringan memberi warna yang lebih alami pada bibir. Lip tint memberi warna bibir yang lebih natural dan nampak merona. Warna lip tint mungkin tidak lebih kuat dan tidak lebih pigmented dari lip cream. Karena tidak terlalu kuat warnanya, ketika diaplikasikan warna bibir bisa tidak rata antara bagian gelap dan bagian terangnya.

 Lip cream

Sebaliknya, lip cream yang formulanya lebih creamy memberikan intensitas warna yang lebih tinggi dibanding lip tint. Warna lip cream juga lebih pigmented dan mampu menutupi warna bibir secara keseluruhan.

4 dari 8 halaman

Tekstur Lip tint dan lip cream

[Fimela] Tren lipstik
Perbesar
Ilustrasi tren lipstik | unsplash.com

Lip tint

Karena berbahan dasar air, lip tint punya tekstur yang lebih ringan. Tekstur lip tint sangat mirip air dan tidak akan meninggalkan bekal lilin yang tebal pada bibir.

Lip cream

Sebaliknya, bahan dasar lip cream yang berupa minyak dan lilin membuatnya cenderung lebih berat. Namun, lip cream bisa mengcover seluruh bibir dan membuat warna bibir nampak merata.

5 dari 8 halaman

Ketahanan Lip tint dan lip cream

ilustrasi lipstik
Perbesar
ilustrasi lipstik (Sumber: herbeauty.co)

Lip tint

Karena lip tint diformulasikan dengan bahan water based, menggunakan produk ini membuat bibir lebih tahan terkena minyak. Rona natural yang dimiliki lip tint membuat bibir nampak segar lebih lama.

Lip cream

Sebaliknya, lip cream merupakan produk oil based yang mudah hilang saat mengkonsumsi makanan dan minuman. Namun, kini banyak produk lip cream yang tahan lama atau long lasting.

6 dari 8 halaman

Hasil Lip tint dan lip cream

[Fimela] Sejarah Lipstik
Perbesar
Ilustrasi Lipstik | unsplash.com

Lip tint

Lip tint dibuat dengan formulasi air yang membuatnya terasa ringan ketika diaplikasikan. Hasil pulasan lip tint akan sangat tipis dan ringan. Ini bisa membuatmu nampak tidak memakai perona bibir. Hasil akhir lip tint biasanya satin, glossy atau matte. Karena kurang pigmented, jika kamu memiliki warna bibir yang berbeda, lip tint tidak bisa menutupi perbedaan warna ini.

Lip cream

Sama seperti lipstik, lip cream punya hasil akhir tergantung jenisnya. Lip cream bisa memberi hasil akhir mate hingga soft mate. Ada juga lip cream yang memberi hasil satin. Lip cream juga sangat baik menutupi warna bibir asli.

7 dari 8 halaman

Kegunaan Lip tint dan lip cream

Ini yang Akan Terjadi Jika Tidak Membersihkan Lipstik Sebelum Tidur
Perbesar
Ilustrasi memakai lipstik. (Unsplash.com/Jhoe Alecrim).

Lip tint

Lip tint cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari yang tidak memerlukan makeup berat. Formula water basednya lebih tahan lama dan tidak mudah hilang saat bersentuhan dengan makanan berminyak. Karena lip cream berbahan dasar air, gel, atau alkohol, ia bisa membuat bibir jadi lebih mudah kering.

Lip cream

Sementara lip cream yang lebih pigmented cocok digunakan untuk bepergian atau acara-acara yang memerlukan makeup lengkap. Intensitas warnanya yang kuat juga cocok untuk kamu yang menginginkan makeup bold. Lip cream biasanya mengandung lilin atau minyak yang mampu menjaga kelembapan alami bibir.

8 dari 8 halaman

Cara melembapkan bibir secara alami

Ilustrasi bibir kering
Perbesar
Ilustrasi bibir kering. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Lidah buaya

Gel ini terbentuk di dalam daun tanaman lidah buaya. Ini mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan anti-inflamasi yang menenangkan dan merehidrasi kulit yang rusak. Oleskan gel lidah buaya sebelum tdur untuk melembapkan bibir.

Minyak kelapa

Minyak ini memerangi peradangan. Minyak kelapa juga merupakan emolien yang dapat menenangkan dan melembutkan kulit. Minyak kelapa bisa dioleskan langsung pada bibir.

Madu

Madu adalah pelembap alami yang menjadikannya perawatan yang baik untuk bibir kering. Madu juga mengandung antioksidan dan sifat antibakteri yang membantu mencegah infeksi berkembang di bibir yang sangat kering atau pecah-pecah.

Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan dan mineral. Teh hijau juga mengandung polifenol yang mengurangi peradangan. Rendam kantong teh hijau dalam air hangat dan gosokkan dengan lembut ke bibir untuk melembutkan dan menghilangkan kulit kering yang berlebihan.

Mentimun

Mentimun bisa melembapkan bibir dengan lembut serta mengandung vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki penampilan bibir. Potongan mentimun bisa dioleskan pada bibir. Kamu juga bisa mengoleskan jus mentimun pada bibir.

Lanjutkan Membaca ↓