9 Cara Merawat Knalpot Motor agar Lebih Awet dan Kinerja Maksimal

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 29 Jul 2020, 08:45 WIB
Diperbarui 29 Jul 2020, 08:45 WIB
Penyebab Knalpot Motor 4 Tak Nyembur Asap Putih
Perbesar
Adanya rembesan oli ke ruang bakar membuat knalpot menyemburkan asap putih.

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat knalpot motor sebenarnya tidak terlalu rumit, hanya saja diperlukan ketelitian dalam praktiknya. Sebagai salah satu komponen penting yang ada di motor, knalpot wajib diberi perhatian lebih yang tak kalah dari komponen lain seperti mesin. Hal ini tidak lain karena fungsi utama dari knalpot itu sendiri, dimana tugasnya untuk memproses kembali hasil pembakaran antara bahan bakar dengan oksigen yang terjadi di ruang bakar, supaya bisa dimanfaatkan sebagai tenaga tambahan.

Lalu, apa dampak buruk jika tidak melakukan cara merawat knalpot motor yang benar? Salah satu dampak yang sangat mungkin terasa jika knalpot tidak berfungsi sebagaimana mestinya, akan berdampak pada proses pemanfaatan hasil pembakaran dari mesin yang akhirnya kurang maksimal. Jika proses tersebut kurang maksimal, maka sangat mungkin menjadikan konsumsi dari bahan bakar menjadi boros, serta motor menjadi kurang bertenaga.

Selain membuat kinerja knalpot tersebut dapat lebih maksimal, melakukan beberapa cara merawat knalpot motor ini sangat diperlukan agar tampilan knalpot itu sendiri tetap terjaga. Salah satu penyakit umum yang sering menimpa knalpot dari segi fisik adalah munculnya karat dan warna knalpot yang mulai cenderung kusam.

Bahkan apabila lokasi tempat tinggal Anda beradsa di daerah sekitar pantai, maka akan meningkatkan risiko korosi. Hal ini tidak lain karena paparan zat garam yang sangat tinggi dari pasir pantai yang tertiup angin dan menempel pada knalpot motor. Padahal pasir pantai sangat tinggi akan kandungan garam yang menjadi penyebab korosi.

Nah, lalu bagaimana sebenarnya cara merawat knalpot motor yang mudah dan efektif? Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara merawat knalpot motor tersebut yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/7/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Knalpot Motor yang Paling Dasar

Knalpot
Perbesar
Knalpot Termignoni. (ist)

1. Keringkan knalpot setelah kehujanan

Salah satu kebiasaan yang membuat knalpot menjadi cepat rusak adalah tidak melakukan pengeringan ketika motor terkena hujan. Padahal hal ini sangat memakan usia dari knalpot, mengingat hujan yang turun saat ini cenderung memiliki kandungan asam yang tinggi hasil polusi udara. Maka dari itu, setelah motor kehujanan lakukan pengeringan knalpot dengan hati-hati.

2. Perhatikan bahan knalpot

Sebelum Anda mengelap knalpot, ada baiknya untuk memahami bahan dari knalpot tersebut. Jika bahan knalpot merupakan chrome, maka ada baiknya untuk mengelapnya dengan kain lembut agar tidak timbul goresan.

3. Panaskan mesin secukupnya

Metode perawatan knalpot ini akan sangat efektif jika diterapkan di jenis kanlpot motor 4-tak yang memiliki cenderung mudah berkarat atau timbul warna kuning jika terlalu lama terpapar panas yang dihasilkan dari mesin. Itulah mengapa, pastikan jika Anda melakukan pemanasan mesin secukupnya saja, tidak perlu terlalu lama.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Knalpot Motor Selanjutnya

knalpot bobokan
Perbesar
Knalpot bobokan dipilih sejumlah kalangan karena dipercaya mampu mendongkrak tenaga motor. (ist)

4. Bersihkan dengan oli

Cara merawat knalpot motor selanjutnya, yaitu dengan membersihkan bagian lubang buang pada silencer dengan memberikan oli secukupnya. Cara ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya kebocoran atau kropos pada knalpot terutama di bagian silencer dan leher knalpot dekat silencer. Sebab, apabila terjadi kebocoran atau kropos pada knalpot, akan menghasilkan suara yang kurang enak didengar dan akhirnya menyebabkan motor menjadi loyo.

5. Bersihkan penyebab korosi

Cara untuk membersihkan korosi pada knalpot cukup menggunakan sikat yang masih bagus dan kuat. Agar semakin efektif, maka Anda bisa menggunakan bantuan dari cairan detergen yang dioleskan pada bagian knalpot yang kotor atau berkarat. Lalu sikat dengan cukup tenaga hingga kotoran di knalpot tersebut menghilang. Akan tetapi, jika karat tersebut sangat membandel maka Anda bisa menggunakan cairan pembersih karat yang dijual di toko besi. Akan tetapi, tetap hati-hati dalam penggunannya.

6. Bersihkan leher knalpot

Untuk membersihkan dan merawat kondisi leher leher knalpot, Anda juga bisa menggunakan bantuan dari oli yang dioleskan dengan merata. Jika sudah selesai dioles, selanjutnya Anda bisa menghidupkan mesin sekitar dua menit hingga oli tersebut menyerap dan seiring waktu leher knalpot akan lebih bersih karena oli yang kepanasan akan mengering dan mengelupas.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Knalpot Motor yang Terakhir

Bersihkan Karat Knalpot dengan Cara dan Alat Sederhana, Mau Coba?
Perbesar
Knalpot yang berbahan kaleng rentan berkarat. Untuk menghilangkan karat ternyata cukup mudah.

7. Hilangkan percikan aspal yang menempel

Selain kotor karena karat, biasanya di beberapa bagian knalpot akan terdapat percikan dari aspal yang dihasilkan ketika berkendara. Apabila Anda melihat ada bekas dari aspal tersebut, maka Anda bisa membersihkannya dengan dengan bensin yang dicampur minyak tanah dengan perbandingan 1:2. Lalu campuran tersebut dioleskan pada bercak hitam tersebut dan sikat perlahan hingga bersih.

8. Cek celah pembuangan air knalpot

Mungkin terlihat sepele, namun jika lubang ini tersumbat akan membuat air menggenang di knalpot. Jika sudah tersumbat, coba tusuk dengan jarum hingga lubang kembali terbuka.

9. Cek sambungan knalpot

Cara merawat knalpot motor yang terakhir adalah dengan melakukan pengecekan ada atau tidaknya kebocoran pada sambungan dari knalpot, serta memerika kekencangan baut yang menyangga knalpot. Jika tidak tersambung dengan sempurna, maka bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar boros karena tenaga yang dihasilkan tidak maksimal.

Lanjutkan Membaca ↓