Sukses

Tata Cara Shalat Sujud Syukur dan Bacaannya yang Benar, Penuh Hikmah

Tata cara shalat sujud syukur yang benar dilakukan dengan melafalkan doa-doanya.

Liputan6.com, Jakarta Tata cara shalat sujud syukur yang benar perlu diterapkan saat melakukannya. Sujud syukur tidak bisa dilaksanakan dengan sembarangan. Hal ini bisa dilakukan saat kamu mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Baik itu nikmat kebahagiaan maupun nikmat dihindari dari musibah,

Jadi, tidak hanya mengucapkan Alhamdulillah secara lisan saja, kamu juga bisa mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT dengan sujud syukur. Seperti dalam kitab suci Al-Quran surah Ibrahim ayat 7, Allah berfirman:

"Jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahnya. Tetapi jika kamu mengingkarinya sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". [QS. 14:7]

Tata cara shalat sujud syukur yang benar dilakukan dengan melafalkan doa-doanya. Tidak hanya melakukan sujud saja, sujud syukur dilaksanakan layaknya shalat. Namun, tentunya gerakannya tidak sebanyak gerakan shalat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/7/2020) tentang tata cara shalat sujud syukur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hadis Tentang Sujud Syukur

Sebelum mengenali tata cara shalat sujud syukur, kamu perlu mengetahui dalil-dalilnya terlebih dahulu. Hukum dari sujud syukur adalah sunnah yang boleh dilakukan maupun tidak, namun jika melakukannya mendapat pahala sebagaimana sabda Rasulullah SAW. 

Diriwayatkan oleh Abu Dawud, yang artinya,

"Dari Abu Bakar, ia berkata, 'Apabila Nabi Muhammad Saw. menerima berita yang menggembirakannya, biasanya beliau terus bersujud kepada Allah SWT'." (HR. Abu Dawud)

Kemudian, diriwayatkan dari Abdurrahman bin Auf berkata,

"Suatu hari, Rasulullah keluar dari kediamannya. Tiba-tiba, beliau terperangah lalu masuk kembali ke dalam, kemudian beliau menghadap kiblat dan bersujud syukur lama sekali, lalu beliau mengangkat kepalanya dan berkata, ‘Jibril datang kepadaku mengatakan bahwa Allah berkata kepadamu, " Barang siapa membaca shalawat dan salam kepadamu maka Aku mengucapkan shalawat dan salam kepadanya,’ aku bersujud mensyukuri itu." (HR. Ahmad dan Hakim)

Hadis lainnya juga menyebutkan tentang Rasulullah yang sujud syukur saat mendapat kabar menyenangkan.

"Dari Al-Baraa', ia berkata, 'Nabi SAW pernah mengutus Khalid bin Walid kepada penduduk Yaman untuk menyeru mereka kepada Islam, tetapi mereka belum mau masuk Islam. Nabi kemudian mengutus Ali dan memerintahkannya supaya menyusul Khalid. Ali kemudian menulis surat kepada Rasulullah bahwa orang-orang di sana sudah masuk Islam. Maka, setelah membaca surat itu, Rasulullah SAW melakukan sujud syukur'." (HR. Baihaqi)

3 dari 5 halaman

Tata Cara Shalat Sujud Syukur

Sebelum membahas tata cara shalat sujud syukur, kamu juga perlu mengetahui beberapa syarat untuk melaksanakannya. Syarat melaksanakan sujud syukur ini memang tidak jauh berbeda dengan syarat shalat, yaitu:

1. Suci dari hadas, baik itu hadas kecil maupun besar.

2. Menutup aurat

3. Menghadap kiblat

Tata cara shalat sujud syukur ini tidak boleh dikerjakan secara sembarangan. Hal ini karena sujud syukur ini adalah salah satu bentuk ibadah sunnah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Berikut tata cara shalat sujud syukur yang bisa kamu terapkan:

1. Berwudhu

2. Berdiri menghadap arah kiblat

3. Membaca niat sujud syukur

4. Melakukan gerakan takbiratul ihram

5. Melakukan gerakan sujud syukur satu kali

6. Membaca doa sujud syukur dalam posisi sujud

7. Duduk seperti di antara dua sujud

8. Mengucapkan salam seperti oarang selesai salat

Itulah tata cara shalat sujud syukur yang perlu kamu pahami. Untuk mengetahui niat dan bacaan doa pada tata cara shalat sujud syukur, kamu bisa simak seperti di bawah ini.

4 dari 5 halaman

Niat dan Bacaan Doa Sujud Syukur

Bacaan Niat Sujud Syukur

Setelah mengenali berbagai tata cara shalat sujud syukur, tentunya kamu harus memahami pula bacaan niat dan doanya agar sujud syukur diterima oleh Allah SWT. Berikut niat sujud syukur:

“Nawaitu sujudas syukri Lillahi Ta'aalla”

Artinya: "Saya niat sujud syukur karena Allah Ta'aalla"

Bacaan Doa Sujud Syukur

Dalam tata cara shalat sujud syukur, kamu bisa melafalkan doa sujud apa saja. Berikut beberapa bacaan doa sujud syukur yang bisa kamu terapkan:

- Membaca tasbih, tahmid, dan tahlil

"Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim"

Artinya: "Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung."

- Membaca doa sujud syukur

"Sajada wajhi lilladzi khalaqahu, wa syaqqa sam’ahu wa basharahu, bihawlihi wa quwwatihi, fatabarakallahu ahsanul khaliqin"

Artinya: "Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik pencipta."

- Membaca Surat An-Naml ayat 19

"Robbi auzi'nii an asykuro ni'matakallatii an'amta 'alayya wa'laa waalidayya wa-an a'mala shoolihan thardoohu wa adkhilnii birohmatika fii 'ibadikash shoolihiin"

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih."

5 dari 5 halaman

Hikmah Sujud Syukur

Sujud syukur ini merupakan perwujudan dari ungkapan rasa syukur setiap hambanya atas segala nikmat dan karunia yang telah Allah SWT berikan. Berikut hikmah yang didapatkan saat melaksanakan sujud syukur:

1. Mengingat Allah SWT

2. Ungkapan rasa syukur

3. Bentuk kepasrahan sebagai bentuk berserah diri kepada Allah SWT

4. Semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT

5. Merasa rendah diri dihadapan sang pencipta6. Mengikis rasa sombong

7. Menjauhkan diri dari sikap takabur

8. Menyegarkan otak saat posisi badan sujud dari segi kesehatan

9. Melancarkan sirkulasi arah saat posisi sujud sehingga sirkulasi darah ke otak menjadi lancar

10. Menajamkan akal dan pikiran sehingga meningkatkan konsentrasi.

11. Memperoleh kepuasan batin berkaitan dengan anugerah yang diterima dari Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.