Cara Menyimpan Stroberi Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Oleh Husnul Abdi pada 27 Jul 2020, 21:30 WIB
Diperbarui 27 Jul 2020, 21:30 WIB
Ilustrasi Stroberi / Sumber: Pixabay
Perbesar
Ilustrasi Stroberi / Sumber: Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Cara menyimpan stroberi agar tetap segar dan tahan lama bisa menggunakan kulkas. Namun, hal ini tentunya tidak semudah meletakkannya di dalam kulkas begitu saja tanpa persiapan lainnya. Sebagai salah satu buah favorit, tentunya kamu harus tahu cara menyimpan stroberi dengan benar. 

Apalagi, buah stroberi merupakan salah satu buah-buahan yang cepat busuk dan layu. Hal ini karena stroberi adalah buah yang memiliki kulit tipis, tekturnya lembut dan mudah rapuh. Oleh karena itu, stroberi harus disimpan dengan benar agar tetap segar dan awet.

Cara menyimpan stroberi harus mengikuti beberapa tahap terlebih dahulu. Mengingat bahwa stroberi memiliki rasa yang khas, enak dan memiliki segudang manfaat buat kesehatan maupun kecantikan, tentunya sangat rugi jika kamu tidak dapat menyimpannya dengan benar.

Stroberi sendiri kaya akan vitamin C dan K, serta mengandung folat, magnesium, dan kalium. Selain itu, buah warna merah ini juga tinggi antioksidan yang berguna untuk mencegah peradangan, kanker, dan masalah jantung.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (27/7/2020) tentang cara menyimpan stroberi.

2 dari 6 halaman

Pisahkan yang Busuk

Buah Stroberi
Perbesar
Buah Stroberi (iStockphoto)​

Cara menyimpan stroberi agar tetap segar dan tahan lama yang pertama adalah memisahkan stroberi yang sudah busuk. Kamu harus memisahkan stroberi yang busuk dengan yang masih bagus jika ingin menyimpannya. Hal ini karena jamur dari satu stroberi dapat menyebar dengan cepat ke stroberi lainnya.

Dengan begitu, kamu bisa menghindari stroberi agar tidak cepat busuk. Hal ini juga bisa diterapkan saat kamu baru membelinya. Pilihlah stroberi yang masih segar. Jika dalam kemasan, pilih stroberi semua isinya masih segar.

3 dari 6 halaman

Jangan Cuci Sebelum Disimpan

Cara menyimpan stroberi yang berikutnya adalah dengan tidak mencucinya sebelum disimpan. Sebelum menyimpan stroberi usahakan agar tidak mencuci stroberi yang ada. Mencuci stroberi saat menyimpannya hanya akan membuatnya cepat busuk. Hal ini karena stroberi dapat menyerap air tersebut. Jadi, kamu hanya perlu mencuci stroberi setiap kali ingin mengonsumsinya saja.

Selain itu, kamu juga sebaiknya tidak memotong bagian tangkai dari stroberi. Tangkai pada buah stroberi yang berupa kelopak daun hijau ini bisa menjaganya agar tidak cepat busuk. Kamu bisa mencucinya sekaligus mencabut tangkainya sebelum memakannya nanti.

4 dari 6 halaman

Bungkus Stroberi Sebelum Menyimpan

Stroberi
Perbesar
ilustrasi Stroberi/pixabay

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa menyimpan stroberi di kulkas. Namun, sebelum disimpan di kulkas, bungkus buah stroberi dengan kantong kertas terlebih dahulu. Hal ini merupakan salah satu cara menyimpan stroberi agar tahan lama.

Jika kamu tidak memiliki kantong kertas, bisa juga dengan memasukkan buah stroberi ke dalam plastik atau wadah yang kedap udara. Kemudian tutuplah dengan rapat sebelum menyimpannya.

5 dari 6 halaman

Simpan di Laci Kulkas

Para ahli mengungkapkan jika cara menyimpan stroberi yang terbaik adalah dengan menyimpannya di dalam kulkas. Setelah membungkusnya dengan kantong kertas atau wadah kedap udara, kamu harus menutupnya dengan rapat sebelum dimasukkan ke dalam laci kulkas.

Letakkan stroberi di dalam kulkas seperti biasa bersama bahan makanan lain. Cara ini bisa membuat buah stroberi tahan hingga 2 minggu.

6 dari 6 halaman

Cara Menyimpan Stroberi dalam Freezer

Buah Stroberi
Perbesar
Ilustrasi Buah Stroberi Credit: pexels.com/Dana

Cara menyimpan stroberi agar tetap segar dan tahan lama berikutnya adalah menyimpannya di freezer. Hal ini tentunya akan membuat buah stroberi yang kamu simpan akan lebih awet. Simpan stroberi di dalam freezer dan bekukan.

Sebelumnya, cuci bersih dahulu buah stroberi yang akan dibekukan. Masukkan ke dalam wadah atau kantong plastik kedap udara, kemudian baru simpan di dalam freezer. Kamu juga bisa mengiris-irisnya terlebih dahulu jika ingin menjadikannya sebagai topping makanan nantinya. Dengan cara ini buah stroberi bisa bertahan hingga 1 sampai 2 bulan. Stroberi beku paling pas nantinya dibuat selai atau smoothie.

Itulah beberapa cara menyimpan stroberi agar tetap segar dan tahan lama. Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, maka stroberi yang kamu beli bisa disimpan cukup lama tanpa cepat membusuk.

Lanjutkan Membaca ↓