8 Cara Membuat Masker Buah untuk Wajah Bersih Bersinar

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 27 Jul 2020, 18:45 WIB
Diperbarui 27 Jul 2020, 18:45 WIB
Buah-Buahan
Perbesar
Ilustrasi Buah-buahan Credit: pexels.com/Trang

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak jenis masker kecantikan yang bisa dibuat sendiri di rumah. Salah satu bahan masker rumahan yang mudah ditemukan adalah buah. Masker buah-buahan bisa jadi pilihan untuk merawat kulit.

Buah kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit. Menggunakan buah-buahan sebagai masker bisa membantu menghindari kulit dari bahaya bahan kimia. Buah-buah-buahan yang dijadikan masker juga bisa membantu menenangkan dan mengurangi stres kulit. 

Masker buah-buahan bisa dibuat sendiri di rumah. Buah yang bisa digunakan juga beragam. Mulai dari pepaya, jeruk, alpukat, hingga semangka.

Dengan campuran bahan alaminya, masker buah-buahan membantu menjaga kesehatan kulit dan membuatnya nampak sehat dan bercahaya. Berikut cara membuat masker buah untuk wajah sehat bercahaya, dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Senin(27/7/2020).

Masker pepaya

buah pepaya
Perbesar
Photo by alleksana from Pexels

Pepaya kaya akan vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan kulit. Pepaya juga mengandung papain yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Pepaya juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mencegah jerawat.

Hancurkan hingga halus dua potong pepaya dengan satu sendok teh madu. Bersihkan wajah dengan air bersih dan keringkan. Aplikasikan pepaya yang sudah dihaluskan ke wajah. Diamkan hingga 15 sampai 20 menit. Bilas sampai bersih dengan air dingin dan keringkan. Gunakan pelembap setelahnya.

Masker alpukat

Ilustrasi Alpukat
Perbesar
Ilustrasi alpukat (dok. Pixabay.com/Kjokkenutstyr)

Alpukat sarat dengan lemak baik, asam lemak omega, vitamin, dan banyak nutrisi lainnya. Alpukat bisa mengatasi kemerahan, peradangan, jerawat, dan kulit kering. Alpukat bisa melembapkan, mencerahkan, dan mencegah penuaan dini pada kulit.

Hancurkan satu sendok makan alpukat, campurkan dengan madu sampai membentuk pasta. Aplikasikan pada wajah hingga merata. Diampkan selama 20 menit atau sampai kering. Bilas wajah dengan air dingin dan keringkan.

Masker pisang

Buah Pisang
Perbesar
Ilustrasi Buah Pisang (iStockphoto)

Pisang mengandung vitamin B6, vitamin C, silika, kalium, dan nutrisi lain yang vital untuk elastisitas dan integritas kulit. Masker pisang bisa membantu mengatasi hiperpigmentasi dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Hancurkan setengah buah pisang dan campurkan dengan setengah sendok teh madu dan air lemon. Campur hingga membentuk konsistensi pasta. Jika memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari penggunaan air lemon. Aplikasikan pada wajah yang bersih dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk.

Masker tomat

Makanan Agar Kulit Tidak Kering
Perbesar
Tomat / Sumber: iStockphoto

Tomat mengandung likopen, vitamin B, C, dan E yang merupakan antioksidan kuat untuk kulit. Nutrisi ini membantu menjaga kulit dengan menyerap lebih banyak oksigen. Tomat juga membantu mencerahkan dan melindungi kulit terhadap sinar UV.

Hancurkan satu buah tomat hingga halus. Campurkan satu sendok makan oatmeal dan satu sendok teh yogurt. Aplikasikan pada wajah dan lehier hingga merata. Diamkan hingga 10 menit lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

Masker timun

Ilustrasi timun (iStock)
Perbesar
Ilustrasi timun (iStock)

Timun punya sifat anti-inflamasi, terapi, dan peremajaan tinggi. Masker timun bisa membantu menghidupkan kembali kulit kusam dan kering. Kandungan airnya yang hampir mencapai 96% bisa membantu menghidrasi dan melembapkan kulit. Masker timun bisa membantu menghaluskan, menenangkan, dan mencerahkan kulit.

Haluskan setengah buah timur, bisa dengan diparut atau diblender. Campurkan seperempat cangkir susu, satu sendok makan madu dan brown sugar. Campur hingga membentuk pasta dan aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

Masker stroberi

Buah Stroberi
Perbesar
Ilustrasi Buah Stroberi Credit: pexels.com/Dana

Stroberi kaya akan vitamin C yang melawan radikal bebas. Stroberi juga bisa membantu mencerahkan kulit dan membantu mengurangi tampilan bintik hitam di kulit. Stroberi mengandung asam alfa-hidroksi yang merupakan zat pentinguntuk membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkannya.

Haluskan empat buah stroberi dan campurkan dengan satu sendok makan bubuk cokelat dan satu sendok teh madu. Aplikasikan pada kulit dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk kering.

Masker kulit jeruk

Ilustrasi kulit jeruk.
Perbesar
Ilustrasi kulit jeruk. (dok. congerdesign/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Kulit jeruk kaya akan antioksidan dan vitamin C. Ekstrak kulit jeruk juga mengandung berbagai senyawa yang menunjukkan sifat anti-penuaan. Kulit jeruk juga tidak terlalu asam dibanding air jeruk atau air lemon. Masker kulit jeruk akan membuat kulit nampak lebih cerah dan bercahaya.

Potong kulit jeruh menjadi potongan-potongan kecil dan bilas. Jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari selama sekitar tiga hari. Setelah mengering haluskan hingga membentuk seperti bubuk. Simpan bubuk dalam botol kering dan bersih.

Campur dua sendok teh bubuk kulit jeruk dengan satu sendok teh madu dan satu sendok makan yogurt dan oleskan pada kulit bersih. Aplikasikan pada wajah yang bersih. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.

Masker semangka

Ilustrasi Semangka
Perbesar
Ilustrasi Foto Semangka (iStockphoto)

Semangka kaya akan air yang bisa membantu menghidrasi kulit. Semangka bisa dijadikan sleeping mask untuk menjaga kesehatan kulit. Semangka mengandung likopen yang membantu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas yang berbahaya.

Haluskan semangka berdaging merah dan saring jusnya. Dengan bola kapas, oleskan air semangka di wajah dan biarkan mengering sebelum tidur. Bilas dengan air bersih keesokan paginya. Sleeping mask semangaka ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

 

Lanjutkan Membaca ↓