6 Cara Menyimpan Kemangi Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Oleh Husnul Abdi pada 26 Jul 2020, 17:30 WIB
Diperbarui 26 Jul 2020, 17:30 WIB
Cara Menyimpan Kemangi
Perbesar
Cara Menyimpan Kemangi

Liputan6.com, Jakarta Cara menyimpan kemangi agar tetap segar dan tahan lama perlu kamu ketahui. Pasalnya, daun kemangi sangat mudah layu jika terkena panas ataupun udara bebas. Maka dari itu, sebaiknya kemangi segera diolah setelah dibeli atau dipetik.

Namun, bukan berarti kemangi tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama dan bisa tetap segar. Ada banyak cara menyimpan kemangi, seperti memasukkannya ke dalam kulkas ataupun menjaganya di suhu ruang. 

Cara menyimpan kemangi agar tetap segar adalah dengan menaruhnya di dalam wadah dengan sedikit air. Kamu bisa menaruhnya dalam vas bunga. Menyimpan kemangi di suhu ruangan dengan kondisi teduh atau tidak tersinar matahari langsung adalah yang terbaik untuk menjaganya segar dalam beberapa hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (26/7/2020) tentang cara menyimpan kemangi.

2 dari 4 halaman

Cara Menyimpan Kemangi

Kemangi
Perbesar
Kemangi | via: food.com

Pilih Daun Kemangi yang Berkualitas

Cara menyimpan kemangi agar tetap segar tentunya dimulai dari saat kamu membelinya. Kamu harus memilih daun kemangi yang benar-benar segar, yang masih menancap pada batangnya. Untuk mendapatkan daun kemangi segar yang bagus dan wangi, pilih yang umurnya muda dengan daun tipis dan lebar.

Selain itu, perhatikan juga tekstur daunnya. Pilih yang teksturnya halus, tidak berlubang, tidak kering, serta berwarna hijau segar. Hindari daun berukuran kecil dan keriting karena itu menandakan daun kemangi sudah berumur tua.

Bersihkan Daun Kemangi yang Rontok

Selain itu, cara menyimpan kemangi berikutnya adalah dengan membersihkan daun-daun kemangi yang rontok. Usahakan menyimpan kemangi dalam bentuk daunnya masih menempel pada batang-batang kecilnya.

3 dari 4 halaman

Cara Menyimpan Kemangi

Jangan Cuci Kemangi Sebelum Menyimpan

Selain itu, kamu tidak dianjurkan untuk mencuci kemangi terlebih dahulu. Cara menyimpan kemangi agar tetap segar ini perlu diperhatikan juga, karena mencuci kemangi bisa membuatnya lebih cepat busuk. Selain kemangi tak perlu dicuci terlebih dulu, kamu juga harus menjaga daun tetap kering atau apa adanya.

Gunakan Wadah Kaca atau Gelas Berisi Air

Cara menyimpan kemangi agar tetap segar berikutnya adalah menggunakan wadah kaca atau gelas berisi air. Ambil gelas atau wadah kaca yang agak tinggi, kemudian isi dengan air bersih sedikit saja. Kira-kira cukup untuk bagian batang paling bawah terendam air.

Kemudian simpan kemangi layaknya bunga dalam vas. Kamu bisa memotong batang kemangi jika terlalu panjang.

Taruh di Tempat yang Tidak Terlalu Panas

Cara menyimpan kemangi selanjutnya adalah dengan menaruhnya di tempat yang tidak terlalu panas. Kamu bisa meletakkannya di sudut ruangan yang tidak terlalu panas juga tidak terlalu gelap agar kemangi tahan lama. Selain itu, kamu juga bisa menyimpannya dalam kulkas dan ganti airnya per 2-3 hari.

Cara ini sangat baik dilakukan untuk mempertahankan kondisi kemangi. Meskipun akan ada beberapa daun yang gugur, namun kemangi akan tetap segar. Cukup ambil beberapa ketika dibutuhkan dan cuci sebelum memakainya.

4 dari 4 halaman

Menyimpan Daun Kemangi di Kulkas

Daun Kemangi
Perbesar
Daun Kemangi (Sumber: Pixabay)

Cara menyimpan kemangi tentunya tidak hanya bisa dengan menyimpannya layaknya vas bunga saja. Kamu juga bisa menerapkan cara menyimpan kemangi di kulkas ini untuk membuatnya tetap segar dan tahan. Namun, daun kemangi segar hanya dapat bertahan di kulkas selama 2 hari. Jika ingin mengawetkannya lebih lama, kamu bisa menyimpannya dalam freezer.

Caranya juga sangat mudah dan praktis, tak perlu dicuci, langsung bungkus daun kemangi utuh, yang masih ada batangnya dalam kertas atau plastik. Jika kamu memutuskan menggunakan plastik, beri beberapa lubang kecil pada plastik agar sirkulasi udara terjaga dan daun tidak cepat layu.

Itulah beberapa cara menyimpan daun kemangi agar tetap segar dan tahan lama. Kamu bisa memilih untuk menyimpannya di ruang terbuka dengan vas bunga atau langsung dalam kulkas. Dengan begitu, kamu bisa menggunakannya lagi saat membutuhkannya.

 

Lanjutkan Membaca ↓