Sukses

10 Makanan Tupai Terbang dan Cara Memberikannya yang Tepat

Makanan tupai terbang adalah buah dan sayuran yang sehat untuk tubuhnya.

Liputan6.com, Jakarta Makanan tupai terbang harus dikenali terlebih dahulu jika kamu ingin memeliharanya. Untungnya, hewan omnivore ini menyukai makanan-makanan yang cukup mudah ditemukan, seperti buah dan sayuran, hingga biji-bijian, jadi kamu tidak perlu khawatir. 

Mamalia kecil yang imut ini memang sedang banyak digandrungi karena bentuknya yang menggemaskan. Selain itu, merawatnya sebenarnya juga tidak begitu sulit asalkan kamu telah memahaminya dari awal dan mengikutinya dengan benar.

Makanan tupai terbang adalah buah dan sayuran yang sehat untuk tubuhnya. Kamu bisa memberikan buah dan sayuran yang disukai hewan jenis Sugar Glider dari Australia ini secara teratur. Usahakan untuk memberikan variasi makanan karena tupai terbang bisa bosan jika makanannya itu-itu saja.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (26/7/2020) tentang makanan tupai terbang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makanan Tupai Terbang

Pisang

Makanan tupai terbang yang pertama adalah pisang. Pisang sangat baik untuk kesehatan tupai terbang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat besi serta kalsium dalam pisang yang berguna untuk kesehatan tulangnya.

Kamu bisa menyajikan pisang dalam keadaan utuh dengan kulit untuk menjaga agar naluri mencari makan tupai terbang tetap ada. Selain itu, kamu juga dapat menyajikannya dalam wadah makan dalam keadaan sudah terpotong kecil-kecil.

Anggur

Makanan tupai terbang lainnya adalah anggur. Anggur kaya antioksidan serta nutrisi lainnya yang membuat buah ini layak disajikan untuk tupai terbang. Kamu dapat menyajikan anggur secara utuh di wadah makan atau menempatkannya di bagian sisi atas dari kandang tupai terbang.

Brokoli

Sayuran hijau ini merupakan makanan tupai terbang yang memiliki kandungan vitamin B6 dan vitamin C yang cukup untuk menjaga kesehatannya. Sajikan Brokoli dalam keadaan mentah namun tetap terjaga kebersihannya.

3 dari 5 halaman

Makanan Tupai Terbang

Pepaya

Makanan tupai terbang selanjutnya adalah pepaya. Kandungan pada pepaya seperti lemak, vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan protein sangat berguna untuk menjaga kesehatannya. Sajikan pepaya dengan potongan kecil dan tempatkan pada tempat makanan. Potongan kecil bertujuan untuk memudahkan tupai terbang saat memegang atau menggenggamnya.

Apel

Tekstur buah apel yang agak keras baik untuk variasi tekstur makanan tupai terbang. Berikan buah apel sebagai selingan makannya seminggu sekali. Tekstur apel yang agak keras baik untuk menstimulasi gigi tupai terbang. Selain itu, kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, serta mineral dalam buah Apel sangat baik untuk kesehatan tupai terbang.

Wortel

Makanan tupai terbang selanjutnya yang bisa diberikan adalah wortel. Wortel memiliki kandungan Vitamin A, antioksidan, serta serat yang melimpah. Kandungan tersebut baik bagi kesehatan tupai terbang. 

Tekstur keras yang dimiliki wortel juga baik untuk menstimulasi gigi tupai terbang Namun jangan pernah sekali kali memberikan wortel sisa dari sayur sop atau olahan makanan lainnya. 

4 dari 5 halaman

Makanan Tupai Terbang

Melon

Kandungan vitamin C, vitamin B6, serta kalium pada buah apel sangat cocok untuk menjaga kesehatan tupai terbang. Tekstur buah yang lembut ini tidak akan membuatnya mengalami kesulitan saat mengunyah.

Alpukat

Tekstur buah alpukat yang lembut cocok dijadikan makanan tupai terbang. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam alpukat juga baik untuk memelihara kesehatannya.

Kubis

Makanan tupai terbang selanjutnya yang bisa diberikan adalah kubis. Kubis memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin K dan Vitamin B6 yang cukup bagi kesehatan tuapi terbang. Kamu dapat menyajikan kubis dalam keadaan utuh satu lembar atau dapat memotongnya memanjang dan diletakkan di dalam wadah makan. 

Tetapi jangan menyajikan kubis yang direbus atau kubis yang diambil dari sayur sop, kubis dalam sayur sop sudah terkontaminasi penambah rasa dan garam yang kurang baik untuk kesehatan pencernaannya.

Ubi

Kadungan vitamin A dan vitamin C pada ubi juga baik untuk kesehatan tupai terbang. Tekstur ubi yang keras juga dapat mestimulasi gignya. Sajikan Ubi dalam keadaan mentah dalam bentuk kecil kecil.

5 dari 5 halaman

Cara Memberikan Makanan untuk Tupai Terbang

Setelah mengetahui makanan tupai terbang yang baik untuk kesehatan dan makanan yang disukainya, kamu tentu juga perlu mengenali cara memberikan makanan tersebut pada mamalia kecil ini. Berikut beberapa cara memberikan makanan untuk tupai terbang yang tepat:

Potong Kecil-kecil Makanan

Tupai terbang akan lebih mudah melahap makanan dalam potongan-potongan kecil karena tubuhnya yang juga kecil. Ukuran makanan yang tidak begitu besar juga bisa mendorongnya untuk mengonsumsi aneka makanan.

Singkirkan Sisa Makanan

Kalau tupai terbang sudah makan, pastikan kamu harus langsung membersihkan sisa-sisa makanan yang mudah rusak atau busuk. Mamalia kecil ini tidak akan menyentuh makanan yang sudah tidak segar. Untuk itu, kamu bisa menyediakan makanan kering saja seperti serangga beku agar tidak mudah membusuk.

Jangan Memberi Makanan Terlalu Banyak

Walaupun terlihat lahap saat mengunyah makanan, kamu tidak boleh terlalu memanjakan tupai terbang. Hal ini dikarenakan tupai terbang peliharaan tidak begitu aktif seperti yang ada di alam liar. Apabila mereka diberikan makanan berlebihan, tupai terbang akan kelebihan berat badan dan rentan terkena masalah kesehatan.

Itulah beberapa makanan tupai terbang dan cara memberikannya yang tepat dalam rangka perawatannya. Jagalah selalu kesehatan hewan peliharaanmu dengan memberikan makanan yang sehat secara teratur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini