Sukses

5 Tips Tak Makan Berlebihan Saat Lapar, Kenali Dampak Buruknya

Tips tak makan berlebihan saat lapar bisa bantu jaga pola makan dengan simbang.

Liputan6.com, Jakarta Saat sedang lapar, memang nafsu makan secara tidak sadar menjadi tinggi. Jadi, wajar saja jika orang lapar kerap makan berlebihan. Padahal sebenarnya ada banyak sekali dampak buruknya bagi kesehatan. Hal ini membuat tips tak makan berlebihan saat lapar menjadi penting untuk diketahui.

Beberapa orang mungkin ada yang sudah memaklumi kebiasaan makan berlebihan saat lapar. Bahkan sampai ada yang tidak peduli bahwa sebenarnya ada penyakit tertentu yang menjadi penyebabnya.

Misalnya saja seperti stres, gangguan makan, diabetes, hipoglikemia, gangguan tiroid, dan masih banyak lagi. Nah, jika tips tak makan berlebihan saat lapar berhasil dipraktikkan maka penyakit ini juga bisa diatasi secara perlahan.

Selain bisa mengatasi berbagai jenis penyakit, tips tak makan berlebihan saat lapar juga bisa jaga berat badan. Jika sudah bisa terbiasa tak makan berlebihan, maka pola makan seimbang bisa menjadi kebiasaan. Kebiasaan ini kemudian akan membuat daya tahan tubuh kuat dan sistem pencernaan selalu sehat.

Berikut Liputan6.com ulas tips tak makan berlebihan saat lapar dari berbagai sumber, Rabu (22/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Air Putih

Mengonsumsi air putih sebelum, saat, dan setelah makan bisa dijadikan salah satu solusinya. Tips tak makan berlebihan saat lapar ini cukup ampuh. Perut pasti akan merasa lebih kenyang dan tak makan berlebihan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada orang dewasa lebih tua, orang yang minum sekitar 2 gelas (500 ml) air sebelum sarapan makan sekitar 13% lebih sedikit dibandingkan peserta yang tidak minum air sebelum makan.

Alih-alih mengonsumsi minuman berkarbonasi dan manis, lebih baik air putih saja. Air putih tak akan menambah jumlah asupan kalori harianmu jika dikonsumsi di sela-sela makan. Justru dahaga bisa benar-benar dilegakan dan metabolisme tubuh bisa lebih lancar dari biasanya.

3 dari 7 halaman

Sayuran

Sayuran bisa diandalkan sebagai tips tak makan berlebihan saat lapar. Hal ini disebabkan karena sayur memiliki banyak air dan serat.

Asupan kalori juga bisa lebih terkontrol dengan maksimal. Siasatilah dengan mengonsumsi sayuran dengan porsi setengah piring lebih banyak.

Selain bisa menjaga berat badan, sayuran juga termasuk makanan padat gizi dan nutrisi. Mengonsumsinya dalam jumlah banyak tak akan memengaruhi kesehatanmu.

Bahkan sayuran ini justru bisa membantu menjaga sistem pencernaan. Termasuk menjauhkan dari segala jenis penyakit yang kerap menyerang sistem pencernaan.

4 dari 7 halaman

Makan Sadar

Mulailah untuk mengonsumsi makanan secara sadar dan perlahan. Tips tak makan berlebihan saat lapar ini sebenarnya mudah sekali dipraktikkan.

Hanya perlu lebih fokus dengan makanan, bukan orang di sekitar atau bahkan benda-bendanya. Misalnya saja seperti ponsel, televisi, mengobrol, dan masih banyak lagi.

Makan dengan sadar akan membuat seseorang bisa membedakan antara kelaparan fisik dan kelaparan emosional. Seseorang bisa menjadi sadar untuk tidak makan berlebihan dan secukupnya saja.

Nah, jika masih sulit mengontrol makanan padahal sudah sadar penyebabnya karena emosional, lakukan terapi ringan.

Cobalah untuk jalan-jalan, berolahraga, minum teh, atau menulis jurnal. Kemudian siasati dengan mulai meluangkan waktu 20 menit untuk fokus menghabiskannya secara perlahan.

5 dari 7 halaman

Alat Makan Kecil

Menggunakan alat makan yang kecil bisa diterapkan sebagai tips tak makan berlebihan saat lapar. Meskipun terdengar cukup aneh, tetapi hal ini sangat berdampak besar pada porsi makan.

Nah, untuk menghilangkan kebiasaan buruk seperti makan sepiring penuh karbohidrat, siasati dengan bentuk piringnya.

Piring yang berdiameter kecil bisa diisi dengan sepiring penuh makanan tetapi porsinya tak sebanyak biasanya. Misalnya saja bisa menggunakan piring 10 inci dibandingkan dengan piring 8 inci.

Tidak hanya piring, gunakan juga sendok yang memiliki cekungan lebih datar. Tujuannya agar lambung tidak kuwalahan menampung makanan dan mulut bisa mengunyah dengan maksimal walau sebentar.

6 dari 7 halaman

Rempah

Rempah selain bisa menambah cita rasa, ternyata bisa membantu mengontrol nafsu makan. Tips tak makan berlebihan saat lapar ini bisa mengandalkan cabai.

Cabai dikenal memiliki kandungan capsaicin yang bisa menimbulkan sensasi panas pada mulut. Hingga kemudian akan membuat seseorang tidak banyak makan karena seolah kepedasan.

Dalam sebuah penelitian, peserta yang mengonsumsi cabai merah pedas sebagai bagian dari hidangan pembuka, akan makan 190 kalori lebih sedikit selama makan siang.

Jika tidak suka cabai, coba gunakan jahe. Sebuah penelitian pada 10 pria kelebihan berat badan menemukan bahwa partisipan merasa kurang lapar ketika mereka minum teh jahe saat sarapan daripada ketika mereka melewatkan teh jahe.

7 dari 7 halaman

Dampak Buruk Makan Berlebihan

Rusak Metabolisme

Makan berlebihan memiliki efek berbahaya pada metabolisme tubuh. Para peneliti di Harvard School of Public Health melaporkan bahwa makan berlebihan dapat merusak respon metabolik tubuh.

Di dalam tubuh ada molekul yang disebut RNA-dependent protein kinase (PKR). Molekul ini berperan melawan virus dengan molekul lain, tetapi para peneliti mengatakan bahwa jika makan berlebihan, molekul ini juga menyerang metabolisme.

Cepat Ngantuk

Setelah makan berlebihan, banyak orang menjadi lamban atau lelah. Ini bisa disebabkan oleh hipoglikemia reaktif di mana gula darah yang turun tak lama setelah makan dalam porsi besar. Gula darah rendah umumnya dikaitkan dengan gejala seperti kantuk, kelesuan, denyut jantung yang cepat, dan sakit kepala.

Kembung

Mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dapat mengganggu pencernaan, menghasilkan lebih banyak gas, dan kembung. Makanan penghasil gas yang cenderung dikonsumsi berlebihan adalah makanan pedas dan berlemak, serta minuman berkarbonasi seperti soda.

Mual

Makan berlebihan juga bisa menyebabkan perasaan mual dan gangguan pencernaan. Dalam kasus yang parah, mual dapat memicu muntah yang merupakan cara tubuh melepaskan tekanan lambung.

Rusak Otak

Seiring waktu, makan berlebihan dapat merusak fungsi otak. Beberapa penelitian mengaitkan makan berlebih secara terus-menerus dan obesitas dengan penurunan mental pada orang dewasa yang lebih tua.

Tambah Lemak

Salah satu tanda yang mudah dikenali saat kamu makan berlebihan adalah penambahan lemak tubuh. Lemak ini bisa muncul di perut, lengan, paha, atau bahkan pipi. Akibatnya saat hari raya tiba, berat badanmu jadi bertambah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini