Sukses

7 Penyebab Ban Motor Kempes, Perlu Diperhatikan

Tak hanya terkena tusukan benda tajam, beberapa hal ini bisa penyebab ban motor kempes.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab ban motor kempes umumnya disebabkan tusukan dari benda tajam ketika dalam perjalanan. Namun tahukah Anda, jika penyebab ban motor kempes ternyata bisa dari berbagai faktor. Salah satu faktor yang menjadi penyebab ban motor kempes adalah dari kualitas ban itu sendiri. Sebab kualitas ban yang kurang baik menyebabkan ban mudah terkikis dan menjadi tipis ketika digunakan untuk berkendara, sehingga ban cepat kempes.

Mungkin tidak banyak yang menyadari penyebab ban motor kempes tersebut, bahkan menghiraukan keselamatan berkendara demi mendapatkan harga ban yang lebih terjangkau. Memang sah-sah saja, namun Anda juga perlu cermat memilih mana ban motor yang cocok dan sesuai dengan motor Anda.

Penyebab ban motor kempes bisa karena faktor penggunaan yang terlalu ekstrim. Contohnya jika motor sering digunakan di area atau jalanan yang berbatu tajam dan berlubang. Hal ini biasanya akan semakin cepat membuat ban motor menjadi kempes. Apabila ban motor mulai kempes, maka akan merepotkan Anda sendiri sebagai pengguna, apalagi yang menggunakan ban motor standar dengan penggunaan ban dalam.

Nah, agar Anda lebih waspada dan mempertimbangkan ketika memilih ban motor, maka Anda perlu mengetahui lebih detail mengenai apa saja penyebab ban motor kempes. Maka di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum informasi tersebut dari berbagai sumber, Rabu (22/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Tertusuk Benda Tajam

Salah satu penyebab ban motor kempes yang paling umum karena tertusuk benda tajam. Memang benda tajam sangat mudah menembus lapisan karet pada ban motor. Itulah mengapa tidak heran jika benda tajam menjadi permasalahan utama bocornya ban motor.

Jenis benda tajam yang menjadi penyebab ban motor kempes bisa berupa pecahan kaca, paku, potongan seng, dan berbagai macam benda tajam yang mungkin tersebar di jalanan. Tapi jangan salah, bahkan kondisi jalanan yang memiliki batuan tajam juga berpotensi untuk menyebabkan ban motor menjadi kempes.

3 dari 8 halaman

2. Kurang Tekanan Angin

Penyebab ban motor kempes selanjutnya juga bisa dikarenakan kurangnya tekanan angin pada ban. Hal ini juga menjadi penyebab ban motor kempes yang paling umum terjadi. Mengapa demikian? Sebab, lipatan pada dinding samping ban akibat tekanan udara di dalamnya tidak mampu menahan beban sepeda motor. Hal tersebut akan semakin parah apabila jalanan tidak rata, berlubang, dan memiliki batuan tajam di sekitarnya.

Jadi, untuk mencegah penyebab ban motor kempes tersebut ada baiknya Anda segera memperbaiki tekanannya. Selain untuk menghindari kebocoran, hal tersebut juga agar tidak menimbulkan kecelakaan karena ban motor yang selip ketika di rem dan bisa menyebabkan tergelincir.

4 dari 8 halaman

3. Antara Ban dan Pelek Terdapat Benda Asing

Salah satu penyebab ban motor kempes ternyata bisa dikarenakan adanya benda asing yang mengisi celah antara ban dan pelek. Benda asing yang dimaksud di sini bisa saja pasir atau debu-debu yang memiliki partikel tajam.

Ketika berbagai penumpukan dari benda asing tersebut terdapat di ban dan pelek maka gesekan yang terjadi bisa menimbulkan celah. Celah yang menjadi penyebab kebocoran tersebut memang tidak terlihat kasat mata, dan untuk mengetahui bagian mana yang mengalami kebocoran perlu dilakukan pengecekan dengan air.

5 dari 8 halaman

4. Tidak Terpasangnya Tutup Pentil Ban

Mengapa pentil ban yang telihat sangat sepele tersebut bisa menyebabkan ban motor kempes? Sebab pentil ban menjadi tempat masuk dan keluarnya angin dari ban. Apabila terjadi kerusakan seperti pengendoran dan tidak terpasangnya tutup pentil dengan benar, maka angin dari dalam ban dapat keluar lalu membuat ban sepeda motor kempes yang menjadi penyebab utama dari kebocoran.

Selain itu, Anda juga perlu mengecek kondisi dari pentil ban itu sendiri. Apakah kondisi dari pentil mulai kendor atau mengalami kerusakan. Untuk mengeceknya bisa menggunakan air sabun agar lebih mudah.

6 dari 8 halaman

5. Ban Sudah Tipis

Mungkin banyak yang tidak menghiaraukan mengenai usia dari ban motor yang dikendarai. Padahal usia ban juga menjadi salah satu faktor yang membuat ban motor menjadi kempes. Maka dari itu selalu lakukan pengecekan dan penggantian ban jika usia dari ban depan motor tidak lebih dari 1,5 tahun, sedangkan ban belakang sekitar 10 bulan.

7 dari 8 halaman

6. Pelek Bermasalah

Biasanya, pelek pada motor yang sudah terlalu berumur akan muncul beberapa bagian yang keropos dan akhirnya keropos tersebut bisa menjadi penyebab dari bibir ban yang sobek. Untuk ban tubeless sendiri biasanya permasalahan juga bisa timbul dari kerusakan bibir pelek. Sela-sela bibir pelek yang bengkok atau penyok juga bisa menjadi penyebab bocornya ban sepeda motor.

8 dari 8 halaman

7. Kualitas Ban yang Jelek

Dan salah satu penyebab ban motor kempes yang sangat penting diperhatikan adalah kualitas yang kurang biasanya kurang baik. Maka dari itu, sebelum membeli ban Anda perlu memastikan jika ban tersebut baru, bukan bekas, bukan vulkanisir, memiliki standar uji kualitas nasional (SNI) dan internasional.

Tentunya berbagai penyebab ban motor kempes di atas perlu di perhatikan dengan seksama, agar tidak merugikan baik dari segi keselamatan maupun biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki ban yang kempes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini