8 Cara Memilih Telur yang Bagus dan Berkualitas untuk Dikonsumsi

Oleh Husnul Abdi pada 17 Jul 2020, 10:30 WIB
Diperbarui 17 Jul 2020, 10:30 WIB
Telur Ayam
Perbesar
Telur Ayam (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Cara memilih telur yang bagus dan berkualitas penting diketahui setiap orang. Pasalnya, telur merupakan salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tidak hanya dikonsumsi menjadi lauk, telur juga digunakan sebagai bahan untuk kue.

Harganya yang murah dan dapat dimasak menjadi berbagai macam olahan membuat telur sangat digemari. Apalagi, makanan satu ini juga memiliki kandungan gizi yang melimpah. Tidak heran jika telur memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Cara memilih telur yang bagus dan berkualitas bisa dilihat dari ciri-ciri tampak luarnya. Setelah memilih telur, kamu juga bisa mengetes kembali di rumah apakah telur benar-benar bagus dan berkualitas dengan merendamnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (17/7/2020) tentang cara memilih telur yang bagus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Memilih Telur yang Bagus dan Berkualitas

Ilustrasi Telur
Perbesar
Ilustrasi telur (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Hindari Cangkang Telur yang Sudah Retak

Cara memilih telur yang bagus dan berkualitas pertama adalah menghindari telur yang cangkangnya sudah retak. Di antara tumpukan telur yang dijual, kamu sebaiknya jangan memilih telur yang retak walupun hanya sedikit. Telur yang sudah retak sangat rentan terinfeksi kuman dan bakteri melalui cangkangnya.

Begitu juga saat mendapati telur yang sudah retak walau sedikit. Retakan halus itu bisa membuat pori-pori cangkang terbuka dan udara akan masuk ke dalam. Hal ini bisa membuat telur menjadi mudah rusak dan busuk.

Pilih Telur yang Berwarna Pekat dan Cerah

Cara memilih telur yang bagus dan berkualitas selanjutnya adalah dengan memperhatikan warnanya. Perhatikan kulit telur dengan teliti. Jangan memilih telur yang memiliki lubang, bintik, retak, dan kilap.

Telur yang mengilap menandakan bahwa telah disimpan terlalu lama dan telur yang memiliki bintik menandakan telah ditumbuhi jamur. Sedangkan retak dan lubang menandakan proses pengumpulan yang tidak baik dan cenderung akan terinfeksi bakteri.

Telur dengan kualitas baik memiliki cangkang yang berwarna pekat dan cerah. Hal ini menandakan telur masih segar.


Cara Memilih Telur yang Bagus dan Berkualitas

telur ayam
Perbesar
ilustrasi telur/Photo by Outsource Photo on Unsplash

Sorot Telur dengan Cahaya

Cara memilih telur yang bagus selanjutnya adalah dengan menyorotnya dengan cahaya. Kamu bisa mengecek telur dengan menyorotnya di bawah sinar lampu untuk melihat isinya.

Kamu hanya perlu mendekatkan telur dengan cahaya lampu. Jika bagian dalam telur terlihat terang dan jernih, kuning telurnya berada di tengah dan tidak bebas bergerak, maka telur tersebut memiliki kondisi segar.

Perhatikan Ukuran Telur

Cara memilih telur yang bagus selanjutnya dilakukan dengan memperhatikan ukurannya. Pilihlah telur dengan ukuran yang tidak terlalu besar atau kecil. Karena telur dengan ukuran terlalu kecil umumnya berasal dari ayam yang masih muda dengan cangkang keras untuk melindungi isinya. Telur ayam muda juga cenderung memiliki ukuran kuning telur yang kecil.


Cara Memilih Telur yang Bagus dan Berkualitas

Ilustrasi telur
Perbesar
Ilustrasi telur (sumber: iStockphoto)

Guncang Telur Secara Perlahan

Untuk memastikan telur itu masih dalam kondisi yang baik, kamu bisa mengocok telur. Kalau telur terasa bergerak-gerak dan di dalam telur mengikuti gerak kocok kamu, itu berarti telur sudah menandakan tidak baik lagi. Jadi cara memilih telur yang bagus adalah tidak terasa bergoyang dan tidak ada suaranya saat dikocok.

Cium Aroma Telur

Cara memilih telur yang bagus selanjutnya adalah dengan mencium aromanya. Telur yang memiliki kualitas baik tentunya tidak berbau busuk.

Saat membeli telur, kamu perlu menciumnya terlebih dahulu. Caranya cukup dekatkan telur ke hidung, lalu cium aroma telur tersebut. Kalau aroma telur tidak enak atau busuk, itu sudah dipastikan bahwa isinya juga sudah tidak baik.


Cara Memilih Telur yang Bagus dan Berkualitas

Ilustrasi Telur
Perbesar
Ilustrasi Telur Credit: freepik.com

Rendam Telur di Air

Cara memilih telur berikut ini memang tidak bisa kamu lakukan sebelum membelinya, namun hal ini bisa kamu lakukan sebelum mengonsumsinya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah telur masih layak dikonsumsi atau tidak.

Caranya adalah dengan merendamnya di dalam air. Kamu hanya perlu memasukkan telur ke dalam gelas yang berisikan air. Jika telur berada dalam posisi tertidur saat masuk ke air, maka telur tersebut memiliki kondisi yang baik. Sebaliknya, jika telur terapung makan telur tersebut sudah busuk atau tidak layak untuk dikonsumsi.

Pecahkan Telur

Cara memilih telur yang bagus selanjutnya juga hanya bisa dilakukan di rumah, yaitu dengan memecahkan telur. Telur yang segar dan masih layak konsumsi memiliki kuning telur yang bulatnya masih sempurna, lapisan putih telurnya tebal dan kental.

Tetapi kalau kuning telurnya sudah memencar kemana-mana atau berantakan dan putih telurnya encer, maka telur tersebut sudah tidak layak dikonsumsi.

Itulah beberapa cara memilih telur yang bagus dan berkualitas untuk dikonsumsi. Walaupun kamu sudah membeli telur, sebaiknya di rumah kamu tetap memeriksa apakah telur masih layak dikonsumsi atau tidak. Hal ini tentunya untuk menjaga kesehatan kamu dan keluarga.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya