Sukses

6 Seleb Ini Keluhkan Tagihan Listrik Melonjak Selama Corona, Ada yang Belasan Juta

Ada yang tagihannya melonjak hingga Rp 17 Juta dalam sebulan.

Liputan6.com, Jakarta Selama pandemi Corona Covid-19, tak sedikit masyarakat yang mengeluhkan tagihan listrik yang melonjak. Ternyata hal ini pun dialami oleh para selebriti Tanah Air.

Beberapa di antaranya langsung menumpahkan keluhan tersebut di media sosial, salah satunya yakni Tompi. Pelantun tembang 'Sedari Dulu' ini kaget lantaran selama pandemi kantornya tak beroperasi namun ia menerima tagihan listrik yang fantastis.

"TAGIHAN PLN MENGGILA! Ini dr PLN kagak ada konfirmasi2 main sikat aja," tulis Tompi pada Rabu (10/6/2020). Menanggapi hal tersebut petugas PLN pun merespon dengan cepat dan mendatangi kediaman Tompi.

Masih ada sejumlah seleb lain yang tagihan listrik melonjak. Seperti apa kisah mereka? Berikut selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (16/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tompi

Pada bulan Juni, Tompi sempat mengeluhkan tagihan listrik di salah satu kantornya yang tak beroperasi. Meskipun tak digunakan sama sekali, namun jumlah ternyata ada jumlah tagihan minimal yang harus dibayarkan. 

"Pada tahu nggak, kalau PLN itu ternyata : ada tarif minimum yg harus dibayarkan meski gak ada pemakaian (kecuali sistem prepaid/token isi ulang). Nah kasus di gw ternyata harus bayar 2.1 juta per bulan meski gak dipake. Yang disayangkan adalah hal-hal begini 'kurang terinfokan' di awal," cuitnya pada akun Twitter.

3 dari 7 halaman

2. Tora Sudiro

Senada dengan Tompi, aktor kenamaan Tanah Air yakni Tora Sudiro juga mengeluhkan tagihan listrik di akun Twitternya. Ia menyebut bahwa pemakaian listrik sebelum dan sesudah pandemi tetap sama namun mengalami kenaikan hingga 100 persen.

Perasaan pemakaiannya sama ama sebelum covid?? naiknya 100 persen dong rumah gua,” tulis Tora di Twitternya pada 9 Juni 2020.

4 dari 7 halaman

3. Nagita Slavina

Melalui akun YouTube pribadinya, Nagita sempat pusing kalau tunggakan listriknya melonjak. Tak tanggung-tanggung, besarnya tagihan mencapai Rp 17 juta.

Menanggapi masalah tersebut, pihak PLN kemudian datang ke rumah Nagita dan Raffi Ahmad. Mereka menyelidiki dan mengulas mengapa tagihan bisa naik. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan alat elektronik yang juga tinggi.

"PLN kemudian menjelaskan bahwa tingginya biaya konsumsi listrik bisa jadi dikarenakan banyak peralatan elektronik atau penggunaan beberapa alat elektronik dengan daya yang besar," tutur Nagita Slavina.

5 dari 7 halaman

4. Chef Arnold Poernomo

Chef Arnold juga sempat meminta penjelasan PLN terkait tingginya tagihan listrik.

"WOI @info PLN KENAPA TAGIHAN HARGA LISTRIK RUMAH SAYA NAIK TURUN DARI 2.5Jt JADI 10Jt!?!!!! KENAPA?!!!" kicau Chef Arnold Poernomo pada akun Twitter.

Tak butuh waktu lama, petugas PLN pun terlihat mendatangi kediaman Chef Arnold untuk memastikan dan memeriksa. Petugas pun memberikan jawaban yang sama seperti halnya kepada Nagita Slavina.

6 dari 7 halaman

5. Kartika Putri

Bersamaan dengan keluh kesah Chef Arnold, Kartika Putri belum lama ini mengunggah curahan hati akan biaya tagihan listrik yang melonjak. Tagihan yang biasanya perbulan hanya habis sekitar Rp 6-7 juta, kali ini Kartika harus membayar sejumlah Rp 17 jutaan.

Kartika juga melanjutkan postingannya di Instagram dengan foto-foto jika dirinya mungkin akan mulai penghematan listrik. Mulai dari menggunakan surat manual, kipas tangan, hingga lampu minyak.

7 dari 7 halaman

6. Adrian Maulana

Adrian Maulana turut berbagi keluh kesahnya melalui akun Instagram. "Anjrittt tgihan listrik gw melejit!" tulis Adrian Maulana. Postingan presenter Tanah Air itu pun sudah mendapatkan penjelasan dari pihak PLN.

"Petugas Catat Udah Datang Teman-Teman, pelanggan listrik (pascabayar) yg alami lonjakan tagihan, bisa kirimkan angka stan kWh meter via WhatsApp PLN. (Caranya udah sy infokan di slide terakhir ya..) Menurut Senior EVP Bisnis & Pelayanan Pelanggan PLN, Yuddy Setyo Wicaksono jika ada pengaduan/keluhan pelanggan terkait ketidaksesuaian pencatatan stand akhir kWh meter & perhitungan rekening, maka akan diperhitungkan pada rekening bulan depan, sehingga pelanggan tetap tidak akan dirugikan Insya Allah," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini