5 Cara Menyimpan Ikan di Kulkas Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Oleh Husnul Abdi pada 16 Jul 2020, 14:20 WIB
Diperbarui 16 Jul 2020, 14:20 WIB
Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Liputan6.com, Jakarta Cara menyimpan ikan di kulkas ternyata tidak bisa sembarangan. Jika tidak mengikuti cara menyimpannya yang benar, bisa-bisa ikan sudah tidak segar lagi saat kamu megolahnya. Menyimpan ikan dengan benar dalam kulkas juga dapat membuatnya lebih tahan lama.

Cara menyimpan ikan di kulkas dapat membuat rasanya tetap enak dan nutrisinya juga tetap terjaga. Kamu bisa memilih ikan yang memang masih segar atau berkualitas baik dari awal, sehingga saat disimpan ia akan lebih tahan lama.

Kamu dapat menyimpan ikan dalam kondisi masih segar. Namun, jika ingin ikan tak hanya tahan lama tetapi juga memiliki rasa enak, kamu bisa menyimpan ikan dalam keadaan sudah dibumbui. Ikan yang telah dibumbui akan terasa makin lezat saat dimasak karena bumbu telah meresap dengan baik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/7/2020) tentang cara menyimpan ikan di kulkas.

2 dari 6 halaman

Pilih Ikan yang Masih Segar dan dengan Kualitas Terbaik

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Cara menyimpan ikan di kulkas yang pertama adalah memilih ikan dengan kualitas terbaik saat membelinya. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesegaran dan ketahanan ikan saat disimpan nantinya.

Kamu bisa memilih ikan yang masih segar, kenyal dan matanya masih bening. Ikan yang berkualitas baik akan tetap segar dan tahan lama saat disimpan di kulkas.

3 dari 6 halaman

Bersihkan Sebelum Disimpan dan Gunakan Perasan Jeruk Nipis

Membersihkan ikan sebelum disimpan merupakan salah satu cara menyimpan ikan di kulkas yang sangat penting. Bersihkan bagian insangnya dan buang bagian perutnya. Cuci bersih ikan agar bisa tetap segar dan tahan lama saat disimpan.

Selain itu, jika kamu tak ingin ikan berbau terlalu amis, kamu bisa memberi perasan jeruk nipis ke tubuh ikan.

4 dari 6 halaman

Simpan di Wadah Tertutup

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Cara menyimpan ikan di kulkas agar tetap segar dan tahan lama bisa juga dengan menyimpannya di wadah tertutup terlebih dahulu. Saat ikan selesai dibersihkan, kamu bisa menyimpan ikan di wadah tertutup.

Kamu bisa menggunakan stoples atau kotak makanan. Kamu juga bisa menyimpan ikan di dalam wadah plastik. Namun, untuk menyimpan ikan di wadah plastik dikhawatirkan akan membuat ikan mudah hancur saat dikeluarkan dari dalam plastik atau saat dimasak nanti.

5 dari 6 halaman

Simpan dalam Freezer

Cara menyimpan ikan di kulkas agar tahan lama berikutnya adalah menyimpannya dalam freezer. Usahakan untuk menyimpan ikan di lemari pendingin bagian freezer. Ikan yang telah membeku di freezer bisa bertahan hingga berhari-hari bahkan berbulan-bulan.

Saat kamu ingin menyimpan ikan di dalam freezer, sebelumnya pindahkan makanan lain seperti es krim, nugget, dan lain-lain ke bagian lain dari freezer. Kamu bisa membagi ruang freezer jadi 2 bagian yaitu bagian makanan mentah dan makanan beku (siap makan & masak). Pastikan semua bahan disimpan dalam wadah tertutup agar tidak saling mengeluarkan atau menyerap bau.

6 dari 6 halaman

Hindari Menyimpan Ikan Bersama Makanan yang Berbau Menyengat

Ikan
Perbesar
Ikan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, usahakan untuk membagi freezer menjadi dua bagian. Cara menyimpan ikan di kulkas selanjutnya adalah menghindarinya disimpan bersama makanan berbau menyengat.

Ikan yang disimpan di dekat makanan dengan bau menyengat sangat mungkin terkontaminasi bau makanan ini. Sebaiknya, hindari menyimpan ikan di dekat makanan berbau menyengat.

Itulah beberapa cara menyimpan ikan di kulkas agar tetap segar dan tahan lama. Jangan lupa untuk menerapkannya agar ikan tetap segar dan tahan lama. Ketika kamu ingin memasak ikan, ambil secukupnya dan masak sesuai selera. Kamu dapat mengolahnya dengan digoreng, pepes, atau sajian ikan lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓