Sukses

4 Cara Memakai Sorban di Leher dan Kepala, Praktis untuk Mudah

Cara memakai sorban di leher dan kepala cukup mudah, perhatikan langkah-langkah berikut.

Liputan6.com, Jakarta Cara memakai sorban di leher ternyata sangat mudah dan bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 10 menit. Sehingga cara memakai sorban di leher bisa menjadi alternatif ketika kamu sedang terburu-buru untuk keluar rumah namun keadaan sedang cukup dingin. 

Memang, sorban sendiri biasa digunakan sebagai penutup kepala oleh orang-oran gtimur tengan, namun, ketika malam hari terutama di daerah yang dingin, sorban bisa dijadikan salah kain untuk menghangatkan tubuh.

Selain cara memakai sorban di leher, bisa juga kamu mengaplikasikannya ke area seperti kepala yang bisa digunakan untuk menutup rambut dari cuaca yang panas. Tapi, mengapa cara memakai sorban di leher dan beberapa bagian kepala ini cukup penting diperhatikan?

Sebab, jika cara memakai sorban di leher atau kepala tidak diperhatikan dengan benar, sorban akan rentan terbang karena hembusan angin. Selain akan berpotensi terbang, sorbanmu juga akan cukup mengganggu ketika digunakan saat jalan-jalan, sebab sorban bisa terurai keman-mana dan membahayakan orang sekitar, terutama bagi pengemudi kendaraan bermotor.

Nah, tidak perlu penjang lebar mengenai bagaimana cara memakai sorban di leher dan bagian lainnya tersebut, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum bagaimana cara memakai sorban di leher yang benar dan tentunya bagian lain seperti kepala, yang penting untuk kamu pahami, Rabu (15/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Cara Memakai Sorban di Leher

a. Lipat sorban membentuk segitiga. Lalu, dalam keadaan terbuka dan hubungkan ujung satu ke ujung lainnya dalam posisi diagonal. Maka, kain akan terlipat dan membentuk sebuah segitiga.

b. Setelah itu, letakkan kain pada bagian bawah wajah atau tepat di leher. Salah satu ujung kain yang sudah dilipat haruslah menutupi hidung dan mulut.

c. Setelah itu, dua ujung lainnya akan berada di kedua sisi wajah, dan ujung yang pertama terlihat menggantung di depan wajamu menutupi leher dan bagian atas dada.

d. Tarik kedua ujung mengelilingi leher dan ikat keduanya.

e. Kemudian, tarik kedua ujung sorban di bagian kiri dan kanan wajah, menuju ke bagian belakang leher melewati bahu. Setelah itu Ikat.

f. Ketika kamu menarik kedua ujung kain tersebut ke belakang leher, usahakan posisi kain tetap berada di wajah sehingga kain yang menutupi wajah tidak longgar.

g. Kemudian, ikat kedua ujung yang kini berada di belakang leher sekali lagi. Pastikan ikatan harus cukup kuat supaya dapat menahan kain di tempatnya. Namun, jangan terlalu kuat agar kamu tetap bisa bernafas.

h. Biarkan sisa dari ujung hasil ikatan menggantung di depan dada dan bawa kedua ujung hasil ikatan tersebut kembali melewati bahu dan sampirkan di dada.

i. Selesai.

3 dari 5 halaman

2. Cara Memakai Sorban di Kepala

a. Lipat sorban membentuk segitiga. Dalam keadaan terbuka, temukan salah satu ujungnya ke ujung lain yang letaknya berlawanan secara diagonal, sehingga kain terlipat dan membentuk segitiga.

b. Letakkan kain yang sudah dilipat tadi di kepala, tepat di atas dahi. Tarik kedua ujung kain yang akan menjadi ‘kaki’ dari segitiga tersebut menuju kedua sisi wajah dan sampirkan di tengah-tengah garis rambut dan alis Anda.

Pastikan pagian kain yang lain harus menutupi bagian belakang kepala, dari pucuk sampai ke punggung, dan bukannya menutupi wajahmu.

c. Tarik ujung yang lebih pendek ke bawah dagu dan lilitkan ke ujung kiri pada kepala melewati bawah dagu dan menuju bagian belakang kepalamu.

d. Setelah itu, tahan ujungnya dengan tangan kanan, namun jangan masukkan dulu ke balik kain yang menutupi bagian belakang kepalamu, tetapi posisikan di depan ujung kanan.

e. Lilitkan ujung yang lebih panjang mengelilingi wajah, lalu tarik ujung kanan dengan tangan kiri melewati muka sehingga menutupi hidung dan mulut.

f. Tarik ujung kanan kain menuju pucuk kepala. Lanjutkan dengan melilit ujung yang lebih panjang dengan menariknya ke atas kepala. Ujung ini harus berada di atas kepalamu dan mengenai ujung lainnya di sisi kanan wajah. Dan pastikan, ketika melakukan ini, tangan kananmu harus tetap menahan ujung kiri di tempatnya.

g. Ikat kedua ujung yang bertemu di atas kepala. Ikat mati sebanyak dua kali untuk menahan kain di tempatnya. Tapi, jangan terlalu kencang agar kamu tetap bisa bernafas.

h. Kamu bisa mnyesuaikan lebar kain yang dipakai sesuai kebutuhan sehingga membungkus kepala dan bagian bawah wajah tanpa menutupi mata.

i. Selesai.

4 dari 5 halaman

3. Cara Memakai Sorban Sebagai Syal

a. Lipat sorban membentuk segitiga. Dalam keadaan terbuka, pasangkan satu sudut kain dengan sudut lainnya secara diagonal, sehingga kain terlipat dua membentuk segitiga.

b. Tutup bagian bawah muka dengan sorban yang sudah dilipat. Pastikan kedua ujungnya menutupi hidung dan mulut.

c. Lalu, dua sudut kain terlihat di kedua sisi wajah dan sudut lainnya ada dalam posisi menggantung di depan wajah, sedikit menyentuh leher dan dada bagian atas.

d. Tarik kedua ujung ke belakang kepala mengelilingi leher tanpa perlu diikat. Lalu, bawa kedua ujung yang ada pada kedua sisi wajah menuju bagian belakang leher melewati bahu.

e. Setelah keduanya berada di belakang leher, silangkan dan bawa kembali ke depan.

f. Ketika sedang melilitkan kain pada leher, tahan kedua ujung agar kain yang menutupi muka tetap dalam keadaan tegang dan tidak longgar.

g. Selanjutnya, ikat kedua ujung di bagian depan. Dalam keadaan tegang, ikat kembali kedua ujung yang berada pada dada Anda. Sembunyikan bagian ujung hasil ikatan di balik bagian kain yang menutupi wajah dan leher.

h. Terakhir, selipkan ujung sorban ke dalam jaket atau pakaian yang sekiranya cukup tebal dan dapat membuat ikatan sorban tidak terlihat.

i. Selesai.

5 dari 5 halaman

4. Cara Memakai Sorban Sebagai Masker

a. Lipat sorban menjadi dua hingga membentuk segitiga.

b. Letakkan tepat di depan wajah seperti kain bandana, lalu tahan pada bagian ujung-ujungnya.

c. Tarik kedua ujung kain ke belakang leher hingga bagian berbentuk segitiga tadi menutupi setengah wajahmu, lalu silangkan dan tarik kembali ke arah depan.

d. Tahap terakhir, tarik lagi ke arah belakang dan ikat kuat.

e. Selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini