Sukses

Cara Mencangkok Pohon Mangga Beserta Gambarnya, Mudah Dipraktikkan

Cara mencangkok pohon mangga beserta gambarnya yang mudahkan penanaman.

Liputan6.com, Jakarta Menanam buah mangga sendiri, terdengar membutuhkan waktu sangat lama. Apalagi jika menanamnya harus dari bijinya. Proses berbuah harus menunggu waktu sangat lama sampai pohon mangga bisa tumbuh besar dan dewasa. Padahal sebenarnya ada cara menanam mangga lebih mudah. Seperti cara mencangkok pohon mangga beserta gambarnya yang mudah dipraktikkan ini. 

Mencangkok merupakan pengembangbiakan tanaman dengan metode vegetatif dan bukan dari biji. Waktu yang dibutuhkan untuk menerapkan cara mencangkok pohon mangga beserta gambarnya ini lebih singkat dari yang dibayangkan.

Bahkan pohon mangga hasil dari penerapan cara mencangkok pohon mangga beserta gambarnya akan lebih cepat berbuah. Alih-alih membeli tentu saja lebih praktis untuk menanamnya sendiri dengan mencangkok ini. Nah, agar bisa lebih memahami prosesnya, simak cara mencangkok pohon mangga beserta gambarnya.

Berikut Liputan6.com sudah merangkumnya dari berbagai sumber, Selasa (14/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Alat dan Bahan Pencangkokan

- Pisau

- Gunting

- Kompos

- Tanah gembur

- Pupuk kandang

- Tali rafia

- Tabung bambu

- Plastic bening

- Sabut kelapa atau ijuk

 

3 dari 7 halaman

Memilih Induk

Kriteria yang paling penting pada saat memilih indukan pohon mangga adalah memilih indukan yang produktif. Mulai dari rasa buah yang dihasilkan, produktivitas pohon dalam menghasilkan buah, usia dan pertumbuhannya serta yang paling penting bebas dari penyakit.

Perhatikan cara mencangkok pohon mangga beserta gambarnya yang pertama ini. Pemilihan induk ini akan sangat memengaruhi hasil buah pencangkokan. Pencangkokan dilakukan agar bisa mendapatkan pohon mangga yang menghasilkan banyak buah lebih cepat. Pilihlah batang indukan yang sudah dewasa. Paling tidak indukan sudah berumur 2 tahun.

4 dari 7 halaman

Perawatan

Melakukan perawatan pada pohon yang akan dicangkok ini penting dilakukan. Lakukan perawatan dengan mulai lebih rajin memupuknya dan menghilangkan rumput yang menghalangi pertumbuhan pohon. Cara mencangkok pohon mangga beserta gambarnya ini wajib diterapkan.

Jangan lupa juga untuk lebih rajin membersihkan dahan-dahan kering pada batang yang akan dicangkok. Kemudian lebih rajin memetik daun yang tidak bagus pada batang. Kesehatan pohon atau batang mangga yang terjaga akan membuatnya terhindar dari hama saat pencangkokan.

5 dari 7 halaman

Memilih Batang

Kriteria yang tak kalah penting lainnya adalah dengan memilih batang yang bagus dan kuat. Salah satu ciri batang yang bagus untuk dicangkok adalah yang tidak terdapat luka atau memar. Terutama pada bagian kulit batangnya. Memilih batang yang bagus dan kuat akan mempermudah proses pengeratannya. Cabang batang pohon yang bagus berkisar antara 120-130 cm.

Cara mencangkok pohon mangga beserta gambarnya selanjutnya, memilih batang pohon yang biasa melakukan fotosintesis dengan baik. Batang ini akan lebih mudah ditumbuhi akar saat proses pencangkokan. Selain itu pilih juga cabang pohon yang paling produktif dalam menghasilkan buah. Sifat asal ini bisa sangat membantu hasil panen dari pencangkokan yang melimpah.

Pada saat anda mengelupas kulit batang, akan ada cairan yang keluar disekitar tempat pengelupasan. Cairan tersebut berasal dari cambium yang menjadi tanda khas dari metode pencangkokan. Setelah dikelupas, diamkan terlebih dahulu agar cairan cambium tersebut kering. Disarankan untuk menggunakan batang bagian tangga ketiga percabangan dari bagian pangkal batang.

 

6 dari 7 halaman

Media dan Perawatan Cangkok

Jika dirasa sudah mengeluarkan akar, saatnya melepas media tanam cangkok. Bersihkan tanah yang menempel pada batang cangkok. Kemudian potong batang cangkok yang sudah jadi dengan gergaji.

Pastikan media tanam untuk pemindahan cangkok di polybag sudah disiapkan. Jika sudah dipotong, langsung saja pindah ke polybang berisi tanah gembur dan pupuk kompos.

Pindahkan ke polybag terlebih dahulu selama 1-2 minggu sebelum memindahnya ke lahan dan tetap lakukan penyiraman rutin. Untuk sementara sebaiknya hindarkan dari paparan sinar matahari secara langsung.

Sambil menunggu, persiapkan lahan kira-kira dengan kedalaman 50 cm, lebar 50 cm, dan panjang 50 cm. Beri lubang yang sudah disiapkan dengan tanah subur, gembur, dan berkompos. Diamkan lubang ini selama 7 hari sebelum menanam cangkok dari polybag.

Cara mencangkok pohon mangga beserta gambarnya yang terakhir sudah bisa dilakukan. Setelah dipindah, pastikan tanaman cangkok ini mendapat paparan sinar matahari dengan cukup. Sinar matahari ini akan membantu pohon mangga hasil cangkokan berfotosintesis dengan baik. Proses pertumbuhannya juga bisa menjadi lebih maksimal dan cepat berbuah.

 

7 dari 7 halaman

Potong dan Pindah Media

Campurkan pupuk kompos yang sudah disiapkan dengan tanah subur dan gembur. Aduk rata dan tambahkan air secukupnya. Ambil plastik atau serabut untuk tempat menanam secukupnya. Jika sudah, tempelkan bahan tersebut pada sayatan dahan yang kering, tutup dengan sempurna.

Agar bisa lebih pas dan tidak mudah lepas, ikat menggunakan tali yang sudah disiapkan. Pastikan untuk tidak menutupnya terlalu rapat agar sirkulasi udara dalam media cangkok tetap terjaga. Jika menggunakan plastik beri lubang agar sirkulasi udara dan air lebih lancar.

Jika sudah selesai, tetap lakukan perawatan untuk menjaga kondisi kelembapannya. Selalu siram dengan air secara rutin apalagi di musim kemarau. Lakukan penyiraman pada setiap pagi dan sore harinya.

Ingat untuk tidak memberi terlalu banyak air karena bisa membuatnya membusuk. Perawatan ini bisa dilakukan kurang lebih 3-4 bulan. Lakukan sampai akar muncul dan cara mencangkok pohon mangga beserta gambarnya yang terakhir dilakukan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini