11 Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Kasar dan Kusam, Bikin Tampil Percaya Diri

Oleh Laudia Tysara pada 13 Jul 2020, 11:40 WIB
Diperbarui 13 Jul 2020, 11:40 WIB
Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi kulit wajah. (dok. pexels.com/Phong Bùi Nam)

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit wajah yang halus adalah dambaan semua wanita dan pria. Kulit wajah yang halus menandakan kondisi kulitmu sehat. Kulit wajah yang kasar dan kusam menjadi salah satu masalah yang harus diperhatikan. Hal ini membuat cara menghaluskan kulit wajah semakin penting untuk diketahui.

Kondisi kulit yang kasar dan kusam membutuhkan perawatan. Perawatannya tentu tidak sekadar cuci muka saja untuk menjadikannya halus. Coba praktikkan cara menghaluskan kulit wajah yang kasar dan kusam untuk mulai mengatasinya.

Cara menghaluskan kulit wajah yang kasar dan kusam tidak hanya menghindari penyebabnya. Menghaluskan kulit wajah karena paparan sinar matahari, usia, dan polusi bisa diatasi dengan bahan alami. Bahan alami dipilih karena lebih aman dan efek sampingnya tidak membahayakan.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghaluskan kulit wajah kasar dan kusam dari berbagai sumber, Senin (13/7/2020).

2 dari 5 halaman

Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Kasar

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Lemon dan Madu

Lemon juga kaya akan antioksidan dan vitamin C. Lemon juga mengandung alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas dalam kulit. Tidak heran jika ramuan ini diandalakan sebagai cara menghaluskan kulit wajah.

Caranya juga sangat mudah diterpakan. Hanya perlu mencampurkan 1 sdm air perasan lemon dan 2 sdm madu. Kemudian terapkan pada wajah yang kasar secara rutin agar bisa mendapatkan kulit yang halus dan mulus.

Alpukat

Buah alpukat dikenal memiliki kandungan yang baik untuk kulit. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin E, kalium, asam lemak omega 3 dan lesitin. Kandungan vitamin E inilah yang bisa diandalkan sebagai cara menghaluskan kulit wajah.

Caranya dengan kupas buah alpukat dan hancurkan sampai halus. Setelah itu tambahkan sedikit minyak kelapa dan campurkan. Gunakan masker tersebut secara merata di area wajah selama 30 menit.

Bubuk Kopi

Bubuk kopi dapat digunakan sebagai eksfoliator. Kulit yang kasar bisa dihaluskan dengan bubuk kopi ini. Cara menghaluskan kulit wajah ini terbilang aman dan mudah dilakukan.

Cara membuat scrub dengan bubuk kopi yaitu dengan mencampurkan 30 gram bubuk kopi segar, 30 gram brown sugar dan perasan lemon secukupnya. Kemudian gunakan scrub tersebut pada kulit wajah setiap 3 hari sekali setelah mandi. Tunggu scrub mengering selama beberapa menit dan bilas hingga bersih.

3 dari 5 halaman

Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Kasar dan Kusam

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung antimikroba dan anti inflamsi yang efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti pecah-pecah atau kulit kering. Tak hanya itu, minyak kelapa dipercaya dapat meningkatkan kelembapan kulit dan menambah jumlah lemak pada kulit.

Cara menghaluskan kulit wajah dengan bahan ini cukup mudah. Coba siapkan satu sendok minyak kelapa. Kemudian taruh pada kedua tangan dan usap hingga terbentuk lapisan tipis. Oles lapisan tipis tersebut ke seluruh wajah dan leher. Diamkan selama semalam dan bilas keesokan harinya.

Selain itu, minyak kelapa juga bisa dibuat menjadi masker dengan mencampurkan madu, masing-masing 2 sendok makan. Masker ini dapat digunakan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Rutin menggunakan pelembap maupun masker alami minyak kelapa ini juga bisa mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa diandalkan untuk mengatasi kulit wajah yang kasar dan kusam. Bisa dengan menjadikannya masker atau mengonsumsinya secara langsung.

Cara menghaluskan kulit wajah dengan lidah buaya ini sangat mudah. Cobalah untuk mengonsumsi minuman lidah buaya secara rutin. Konsumsilah jus lidah buaya, tanpa tambahan gula setiap pagi dalam keadaan perut kosong.

Selain itu, lidah buaya juga bisa dijadikan masker alami. Campurkan gel lidah buaya dengan 2 sendok teh madu, aduk hingga rata, lalu oleskan pada seluruh wajah. Tunggu beberapa menit hingga masker mulai mengering, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan, beberapa enzim, vitamin C, vitamin A dan senyawa anti peradangan yang dapat melembutkan kulit. Tetapi, sebelum menggunakan lidah buaya, lebih baik cobalah menempelkan sedikit gel lidah buaya di pergelangan tangan.

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah Anda alergi atau tidak. Apabila tak ada reaksi alergi, maka Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya di wajah sesuai kebutuhan.

4 dari 5 halaman

Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Kusam

Ilustrasi strawberry | Istimewa
Perbesar
Ilustrasi strawberry | Istimewa

Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Kandungan ini bisa diandalkan sebagai cara menghaluskan kulit wajah secara alami. Buka hanya itu, lemon juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah penuaan dini.

Sebelumnya, Anda bisa mengonsumsi jus lemon secara rutin dengan takaran yang cukup untuk mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Selanjutnya perasan dari lemon bisa digunakan sebagai pembersih wajah alami. Selain itu, kulit lemon juga bisa digosokkan di area leher untuk menghilangkan bintik-bintik hitam.

Strawberry

Strawberry dikenal memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi yang berguna untuk menyamarkan garis-garis halus. Tidak heran jika cara menghaluskan kulit wajah bisa dengan membuatnya menjadi masker wajah.

Asam Alpha Hydroxyl yang terkandung dalam beri yang lezat ini dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan memberi jalan masuk bagi sel-sel baru. Bahkan elastisitas kulit bisa benar-benar terjaga karena kandungannya.

Untuk membuat ramuan masker ini, cukup dengan menghancurkan beberapa buah strawberry segar hingga halus, lalu oleskan secara merata pada wajah. Tunggu hingga 20 menit lalu bilas dengan air bersih

Gula

Perawatan eksfoliasi wajah bisa menggunakan gula. Gula yang digunakan sebagai cara menghaluskan kulit wajah alami adalah gula halus. Sel-sel kulit mati yang tertumpuk di atas permukaan kulit bisa terkikis dengan baik karena gula.

Caranya cukup mudah, campurkan 1 sendok makan gula merah dan gula putih, kemudian tambahkan sedikit air. Aduk adonan hingga tercampur sempurna. Jika sudah menjadi pasta yang cukup halus, lalu oleskan pada wajah dan lakukan gerakan memutar secara perlahan.

Hal ini penting untuk diperhatikan supaya tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Sebab butiran gula halus bisa menggesek permukaan kulit dan menimbulkan luka jika dilakukan secara kasar.

5 dari 5 halaman

Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Kasar

Ilustrasi oatmeal | iStockphoto
Perbesar
Ilustrasi oatmeal | iStockphoto

Oatmeal

Oatmeal dikenal dapat menghidrasi dan melembapkan kulit. Oatmeal memiliki kemampuan dapat menyerap minyak berlebih dan mengunci kelembapan. Kemampuan ini bisa diandalkan sebagai cara menghaluskan kulit wajahmu.

Cara memanfaatkan oatmeal untuk menghaluskan kulit yaitu dengan mencampurkan oatmeal dengan air hangat. Setelah itu tambahkan yogurt, madu dan putih telur. Oleskan pada area wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas wajah hingga bersih.

Minyak Esensial

Minyak esensial ternyata bisa digunakan sebagai cara menghaluskan kulit wajah. Jangan asal menggunakannya, pilih sesuai kebutuhan. Lakukan perawatan sesuai dengan jenis kulit. Ada banyak sekali pilihannya, yakni minyak mawar, minyak lemon, minyak jojoba, tea tree oil, minyak lavender, dan lain-lain.

Madu

Madu memiliki sifat bioaktif yang sangat efektif mengatasi kulit kasar, keriput, kusam, dan kerutan halus. Tidak heran jika cara menghaluskan kulit wajah ini bisa menggunakan madu. Madu bisa diterapkan menjadi masker untuk perawatan. Gunakan masker madu secara rutin sekitar satu kali dalam seminggu.

Caranya, pastikan wajah telah bersih. Kemudian oleskan madu ke seluruh wajah dengan merata dan hindari area sekitar mata. Diamkan selam 30 menit dan cuci wajah hingga bersih.

 

Lanjutkan Membaca ↓