7 Cara Memutihkan Kulit Wajah Pria dengan Bahan Alami

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 09 Jul 2020, 16:25 WIB
Diperbarui 09 Jul 2020, 16:25 WIB
Ilustrasi pria cuci wajah
Perbesar
Ilustrasi pria cuci wajah

Liputan6.com, Jakarta Cara memutihkan kulit wajah pria tidak kalah penting untuk diperhatikan dengan benar. Sebab, memiliki wajah yang cerah akan meningkatkan kepercayaan diri ketika berada di tempat umum. Atau, bisa saja pasangan Anda akan semakin terpesona dengan ketampanan Anda.

Agar cara memutihkan kulit wajah pria ini dapat lebih maksimal hasilnya, sebenarnya cukup mudah. Bahkan beberapa bahan yang digunakan dalam cara memutihkan kulit wajah pria ini berupa jenis bahan alami yang sangat aman bagi tubuh.

Mengapa menggunakan bahan alami? Sebab, beragam produk perawatan kulit yang banyak dijual di pasaran tidak selalu aman. Salah-salah, justru produk perawatan kulit tersebut bisa menyebabkan kulit wajah Anda menjadi rusak dan akhirnya timbul masalah yang lebih parah.

Jadi, bagaimana sebenarnya cara memutihkan kulit wajah pria tersebut? Agar tidak membuat Anda pensaran lagi, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi yang dilansir dari Kapanlagi.com mengenai cara memutihkan kulit wajah pria yang tentunya aman dan mudah untuk Anda lakukan sendiri di rumah, Kamis (9/7/2020).

2 dari 8 halaman

1. Susu Murni dan Madu

Khasiat Masker dari Bahan Madu dan Susu
Perbesar
Madu dan Susu / Sumber: iStockphoto

Cara memutihkan kulit wajah pria ini memanfaatkan campuran susu murni dan madu. Campuran dari kedua bahan ini sangat kaya akan kandungan lactic acid serta enzim pencerah kulit sangat efektif dalam memutihkan wajah pria secara alami.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda cukup mencampurkan madu dan susu hingga rata. Lalu, Anda tinggal mengoleskan campuran tersebut pada wajah hingga merata. Setelah rata, diamkan selama 15-20 menit dan bilas hingga bersih.

3 dari 8 halaman

2. Madu dan Yogurt

Tumpaskan 4 Masalah Kulit dengan Facial Madu dan Yogurt
Perbesar
Yogurt dan madu mampu menumpaskan empat masalah kulit.

Selanjutnya merupakan masker alami yang dikombinasikan dari madu dengan campuran produk susu lainnya, yaitu yogurt. Cara ini merupakan alternatif apabila Anda tidak memiliki susu murni. Kandungan yang terdapat di yogurt kurang lebih sama dengan apa yang ada di susu, dan tentunya sama-sama efektif untuk memutihkan kulit wajah pria.

Cara aplikasinya juga sama dengan menggunakan campuran sebelumnya, yaitu Anda cukup mencampur madu dan yogurt lalu ratakan dan diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas hingga bersih.

4 dari 8 halaman

3. Tepung Beras dan Putih Telur

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Tepung beras sendiri sangat terkenal dengan kemampuan dalam mencerahkan kulit wajah, sedangkan putih telur efektif dalam mengangkat komedo membandel. Cara pembuatannya cukup campurkan seperempat mangkuk tepung beras, lalu beri dua butir putih telur.

Setelah itu, campur hingga merata dan oleskan masker tepung beras dan putih telur ini ke wajah. Diamkan selama 30 menit agar seluruh kandungan dalam masker tersebut dapat meresap sempurna. Setelah itu, bilas dengan air dan keringakan dengan handuk bersih.

5 dari 8 halaman

4. Madu dan Jeruk Nipis

Jeruk nipis dan madu
Perbesar
Jeruk nipis dan madu (sumber: Pixabay)

Cara memutihkan kulit wajah pria selanjutnya menggunakan bantuan dari vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis. Kandungan vitamin C ini ternyata memang terbukti secara efektif mencerahkan kulit wajah. Akan tetapi, pastikan kulit wajah Anda tidak terlalu sensitif ketika terkena kandungan vitamin C dari jeruk.

Sebab, jeruk nipis yang diaplikasikan pada wajah dengan kulit sensitif dapat menimbulkan efek samping seperti ruam merah dan sensasi kulit wajah yang terasa terbakar. Sedangkan madu memang sangat baik dalam menutrisi kulit karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan mencampur 2 sendok makan madu dan air perasan jeruk nipis. Lalu oleskan ke seluruh wajah. Tapi hati-hati agar tidak terkena bagian mata.

6 dari 8 halaman

5. Tepung Beras dan Mentimun

Mengapa Sebaiknya Ada Mentimun di Piring Kita?
Perbesar
Terlepas sebagai bagian dari lalapan semata, timun sebenarnya punya peranan yang cukup penting dalam sajian makan Anda.

Buah mentimun, selain terkenal dengan efek menyegarkan bagi kulit wajah, juga diakui menjadi bahan alami yang baik dalam mencerahkan kulit wajah. Cara pembuatan ramuan dari kedua bahan ini juga cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan mentimun yang sudah dihaluskan dengan tepung beras secukupnya. Setelah itu langsung oleskan ke wajah hingga merata.

7 dari 8 halaman

6. Jeruk Nipis, Tepung Beras, Kunyit

ilustrasi masker tradisional kunyit/unsplash
Perbesar
ilustrasi masker tradisional kunyit/unsplash

Banyak yang mengira jika kunyi akan membuat kulit wajah menjadi kuning apabila menggunakan kunyit sebagai masker. Padahal, cara ini menjadi cara yang cukup efektif dalam mencerahkan wajah. Anda bisa menggunakan kunyit bubuk apabila kesulitan menemukan kunyit asli.

Perbandingan takaran yang digunakan untuk membuat ramuan ini yaitu dengan mencampur 1 sendok makan perasan air jeruk nipis, 1 sendok teh tepung beras, serta 1/2 sendok teh kunyit bubuk. Lalu, Anda bisa langsung mengoleskan ramuan tersebut ke wajah hingga merata dan tunggu 10 menit sebelum dibilas bersih.

Satu hal yang perlu diperhatikan, cukup gunakan ramuan masker ini selama 15-30 menit saja. Sebab, apabila terlalu lama, hal tersebut yang akan membuat kulit menjadi kuning.

8 dari 8 halaman

7. Pepaya dan Pisang

Wajah Bebas Jerawat dengan Pepaya
Perbesar
Manfaat pepaya untuk jerawat yang bisa kamu dapatan dan kamu gunakan sebagai masker. (via: istimewa)

Lalu, cara memutihkan kulit wajah pria yang terakhir bisa menggunakan campuran antara buah pepaya dan pisang. Caranya cukup dengan menghaluskan papaya dan pisang tersebut dengan blender, tanpa campuran air pastinya. Lalu, Anda bisa mengoleskan ke wajah dan tunggu selama 20 menit.

Kandungan pada buah pepeaya sendiri berfungsi dalam mengangkat sel kulit mati, sedangkan pisang yang justru berfungsi dalam melembabkan, mencerahkan, serta menghaluskan kulit wajah. Sehingga perpaduan kedua bahan ini menjadi cara memutihkan kulit wajah pria yang cukup efektif.

Lanjutkan Membaca ↓