6 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria, Perhatikan Shampoo yang Digunakan

Oleh Laudia Tysara pada 30 Jun 2020, 17:40 WIB
Diperbarui 30 Jun 2020, 17:40 WIB
Ilustrasi pria rambut panjang | pexels.com
Perbesar
Ilustrasi pria rambut panjang | pexels.com

Liputan6.com, Jakarta Konon rambut pria bisa lebih cepat panjang dari rambut wanita. Padahal sebenarnya, keduanya sama-sama tumbuh 1,25 cm pada setiap bulannya. Meski begitu, rambut pria memang lebih subur karena nutrisi dan minyak alami kulit kepalanya. Bahkan, jika cara cepat memanjangkan rambut pria bisa diterapkan dengan benar, pertumbuhannya juga menjadi lebih bagus.

Bagi sebagian wanita, pria yang memiliki rambut panjang memang lebih sexy. Hal ini juga menandakan bahwa pria berambut panjang pandai merawat tubuhnya. Tidak menutup kemungkinan wanita akan lebih tertarik dengan pria berambut panjang ini. Agar rambut pria bisa menjadi lebih cepat panjang, coba cara cepat memanjangkan rambut pria secara alami.

Cara cepat memanjangkan rambut pria secara alami ini bisa diterapkan di rumah. Tidak terlalu ribet dan membutuhkan waktu lama perawatan. Pria yang ingin memanjangkan rambutnya hanya perlu melakukan perawatan biasa. Misalnya saja seperti lebih rajin mengonsumsi protein, memilih produk shampoo yang sesuai, dan menerapkan masker rambut sederhana.

Berikut Liputan6.com ulas cara cepat memanjangkan rambut pria dari berbagai sumber, Selasa (30/6/2020).

2 dari 7 halaman

Keramas

Ilustrasi keramas
Perbesar
Ilustrasi pria keramas

Keramas adalah aktivitas harian yang sudah biasa dilakukan pria. Jadi, jika sekadar untuk keramas pasti tidak memberatkan bagi pria yang ingin memanjangkan rambutnya. Hal terpenting dari aktivitas keramas ini adalah nutrisi yang terdapat dalam shampoo yang digunakan. Shampoo yang kaya nutrisi akan membuat rambut tidak mudah rapuh.

Pilihlah shampo yang memiliki kandungan asam amino. Asam amino ini akan membantu rambut memperbarui komponen protein. Sehingga akan membuat rambut lebih ternutrisi oleh protein dari luar dan dalam. Kulit kepala menjadi tidak mudah berketombe dan rambut tidak mudah rontok. Jika ketombe yang dialami parah, tambahkan penggunaan gel cair agar rambut tidak kering.

Jika sudah memiliki shampoo yang sesuai, jangan pula keramas terlalu sering. Keramas terlalu sering seperti setiap hari hanya akan merusak rambut. Waktu keramas yang dianjurkan adalah 2-3 kali dalam satu minggu. Perhatikan juga bilasan rambut ketika keramas. Pastikan bahwa tidak ada shampoo yang tertinggal di rambut atau kulit kepala. Jangan pula menggunakan air hangat terlalu sering, lebih baik gunakan air dingin saja.

3 dari 7 halaman

Konsumsi Protein

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Mengonsumsi protein adalah salah satu cara cepat memanjangkan rambut pria. Hal ini disebabkan karena protein merupakan nutrisi penting yang mampu membantu merangsang pertumbuhan rambut. Batang rambut manusia terbuat dari 90 persen keratin atau protein. Kekurangan asupan protein akan membuat rambut lebih rapuh dan mudah rontok.

Nah, agar kulit kepala menjadi lebih subur dan rambut tumbuh dengan lebat, coba penuhi asupan protein tubuh. Selain protein, seimbangkan juga dengan makanan tinggi omega 3 dan vitamin D. Kandungan ini bisa didapat dari daging ayam, daging sapi, ikan, dan kacang-kacangan. Daging ayam yang tinggi protein terdapat pada bagian dada dan pahanya. Sedangkan ikan yang memiliki sumber protein baik terdapat pada salmon dan tuna.

4 dari 7 halaman

Minyak Rambut

Ilustrasi minyak kelapa | istockphoto
Perbesar
Ilustrasi minyak kelapa | istockphoto

Menggunakan minyak rambut termasuk cara cepat memanjangkan rambut pria. Minyak rambut ini berupa minyak esensial yang bisa dioleskan ke rambut.

Mengoleskan minyak rambut secara rutin untuk perawatan rambut, bisa membuat kulit kepala subur dan ternutrisi dengan baik. Minyak ini berupa minyak zaitun, minyak kelapa, dan kemiri. Minyak ini sangat baik untuk menunjang pertumbuhan rambut pria.

Cobalah untuk memijat kulit kepala dengan minyak ini agar peredaran darah lebih lancar. Jika sudah, maka diamkan sebentar dan bilas dengan bersih. selama beberapa saat dan bilas hingga bersih.

 

5 dari 7 halaman

Hair Tonic

Ilustrasi rambut panjang pria | pexels.com
Perbesar
Ilustrasi rambut panjang pria | pexels.com

Hair tonic bisa digunakan sebagai cara cepat memanjangkan rambut pria. Penggunaan hair tonic akan membantu menguatkan akar rambut secara alami. Sehingga rambut akan lebih jarang mengalami kerontokan. Selain panjang, rambut juga bisa menjadi lebih kuat.

Penggunaannya tidak hanya diteteskan saja. Penggunaan hair tonic harus disertai dengan pemijatan ringan. Pijat kulit kepala dengan perlahan dan relaksasikan. Hal ini akan membuat kulit kepala memiliki peredaran darah yang lebih lancar. Jika peredaran darah lancar maka distribusi nutrisi menjadi lebih merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala.

6 dari 7 halaman

Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya | iStockphoto
Perbesar
Ilustrasi Lidah Buaya | iStockphoto

Lidah buaya sejak dulu memang sudah dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Tak terkecuali bagi kesuburan rambut pria. Cara cepat memanjangkan rambut pria adalah dengan mulai menjadikan lidah buaya sebagai masker rambut.

Masker rambut dari lidah buaya memang penerapannya membutuhkan kesabaran. Masker ini mengandalkan gel yang terdapat dalam daging lidah buayanya. Agar hasilnya bisa lebih maksimal, coba terapkan masker lidah buaya lebih rutin yakni 3 kali setiap satu bulan.

7 dari 7 halaman

Hindari Hairdryer

Ilustrasi hairdryer | unsplash.com
Perbesar
Ilustrasi hairdryer | unsplash.com

Penggunaan hairdryer harus dihindari sebagai bagian dari cara cepat memanjangkan rambut pria. Penggunaan hairdryer terlalu sering justru akan membuat rambut rusak. Selain itu penggunaannya dapat membuat kulit kepala iritasi dan kelembapannya alami rambutnya hilang. Beberapa terkadang akan mengalami rambut kusut dan sulit dirapikan.

Lanjutkan Membaca ↓