9 Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 30 Jun 2020, 15:25 WIB
Diperbarui 30 Jun 2020, 15:25 WIB
Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan Tubuh
Perbesar
Menurukan Kolesterol / Sumber: iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta Makanan dan minuman penurun kolesterol sebaiknya menjadi prioritas utama untuk pilihan hidangan Anda. Bukan tanpa sebab, namun demi mendapatkan tubuh yang sehat, ada baiknya mulai sekarang selagi fisik masih mampu bekerja dengan baik untuk menjaga pola makan dan jenis hidangan yang dikonsumsi. Sebab jika sudah terlanjur terpapar penyakit, penyesalan akan datang di belakang nanti.

Mengapa harus mengonsumsi hidangan berupa makanan dan minuman penurun kolesterol? Kolesterol pada dasarnya memang ada di tubuh setiap manusia. Kolesterol sendiri terbentuk di dalam hati dan memiliki fungsi sangat penting bagi tubuh. Di dalam tubuh manusia terdapat dua jenis kolesterol, pertama yaitu kolesterol LDL, yang merupakan jenis kolesterol berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Sedangkan jenis kolesterol selanjutnya yaitu kolesterol HDL. Jenis kolesterol HDL sendiri merupakan jenis kolesterol yang akan membantu dalam melarutkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Itulah mengapa kolesterol ini sangat penting untuk ditingkatkan kuantitasnya, agar kolesterol jahat yang bersarang di dalam tubuh dapat segera di kurangi jumlahnya, demi kesehatan organ tubuh.

Seiring dengan semakin berubahnya gaya hidup, maka orang-orang di masa kini justru rawan terserang penyakit kolesterol. Jika kesehariannya tidak mengonsumsi makanan dan minuman penurun kolesterol, justru mengonsumsi makanan dan minuman tinggi lemak dan gula. Sebut saja beberapa makanan dan minuman yang bisa menyebabkan meningkatnya kolesterol, seperti gorengan, susu, daging kambing, dan berbagai sumber lemak serta kolesterol lainnya.

Dan, apabila kadar kolesterol LDL tinggi, maka akan berisiko menimbulkan penyumbatan aliran darah. Dengan kata lain, hal ini akan memicu penyakit stroke hingga jantung. Biasanya, kolesterol tinggi identik dengan orang yang bertubuh besar atau obesitas, padahal orang dengan tubuh yang kurus pun berisiko memiliki kolesterol tinggi apabila asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak dijaga.

Jadi, agar Anda terhindar dari berbagai dampak negatif hadirnya kolesterol jahat dalam tubuh, ada baiknya Anda mulai mengonsumsi makanan dan minuman penurun kolesterol. Namun, selalu pastikan jumlah makanan dan minuman penurun kolesterol yang dikonsumsi sesuai dengan porsi yang wajar. Nah, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi mengenai makanan dan minuman penurun kolesterol yang dilansir dari situs resmi Harvard Medical School, Selasa (30/6/2020).

2 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol

Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

1. Oat

Langkah pertama yang paling mudah dalam menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsi semangkuk oatmeal atau sereal lainnya yang mengandung oat di dalamnya. Dengan mengonsumsi oat, maka juga akan memberi Anda serat yang cukup banyak. Tambahkan pisang atau stroberi untuk meningkatkan asupan serat sesuai yang direkomendasikan, yaitu sebesar 20 hingga 35 gram serat dalam satu hari.

2. Gandum Utuh

Selayaknya oat, makanan yang memiliki kandungan gandum utuh di dalamnya akan efektif dalam membantu menurunkan kolesterol yang menjadi penyebab serangan jantung.

3. Biji-Bijian

Berbagai jenis biji-bijian sangat kaya akan kandungan serat. Selain itu, biji-bijian juga akan diserap tubuh lebih lama, yang mana artinya akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Itulah yang menjadi alasan mengapa biji-bijian sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Tidak ada biji-bijian dengan kriteria khusus yang disebutkan dalam menurunkan kolesterol, sebab semua jenis biji-bijian sangat berguna dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

3 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol

Ilustrasi terong
Perbesar
Ilustrasi terong (sumber: iStockphoto)

4. Terong

Jenis sayuran ini ternyata sangat baik dalam menurunkan kolesterol, selain itu kandungan seratnya akan baik untuk membantu melancarkan pencernaan, dan terong juga sangat rendah kalori, sehingga baik untuk dikonsumsi ketika sedang ingin diet menurunkan berat badan.

5. Kacang-Kacangan

Berdasarkan penelitian, mengungkapkan jika mengonsumsi kacang almond, walnut, dan berbagai jenis kacang-kacangan lain sangat baik bagi kesehatan jantung. Mengonsumsi 2 ons kacang-kacangan dalam sehari, akan menurunkan sedikit kurang lebih 5% kadar LDL di dalam tubuh. Kacang-kacangan juga memiliki nutrisi penting lainnya yang berguna dalam menjaga kesehatan jantung.

6. Minyak Sayur

Menggunakan minyak sayur untuk memasak, seperti minyak canola, minyak bunga matahari, dan berbagai jenis minyak sayur lainnya akan sangat berguna dalam menurunkan kadar LDL di dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol

buah jeruk
Perbesar
ilustrasi buah jeruk/Photo by Anna Tukhfatullina Food Photographer/Stylist from Pexels

7. Apel, Anggur, Stroberi, dan Buah Sitrus

Berbagai jenis buah-buahan tersebut ternyata baik untuk menurunkan kandungan kolesterol LDL. Hal ini, disebabkan oleh kandungan pektin di dalam jenis buah-buahan tersebut. Namun ingat, jangan kebanyakan mengonsumsinya, sebab kandungan gula di dalamnya tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.

8. Kedelai

Mensonsumsi kedelai, baik dalam bentuk makanan atau minuman, ternyata baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Bahkan, dengan mengonsumsi 25 gram kedelai, Anda bisa menurunkan hingga 5-6% kolesterol LDL. Anda bisa mendapatkan manfaat kedelai ini baik dari makanan seperrti tahu atau tempe, lalu jenis minuman segar seperti susu kedelai, tentunya tanpa gula.

9. Lemak Ikan

Konsumsi ikan dua atau tiga kali dalam seminggu dapat menurunkan jumlah kolesterol LDL. Sebab, lemak yang berasal dari ikan merupakan jenis asam lemak Omega-3, yang sudah terbukti sangat baik untuk menurunkan trigliserida dalam darah dan juga mencegah timbulnya detak jantung yang tidak normal.

Itulah tadi berbagai makanan dan minuman penurun kolesterol yang akan sangat baik jika Anda konsumsi sehari-hari, agar jauh dari berbagai risiko penyakit yang membahayakan tubuh.

Lanjutkan Membaca ↓