Derita Kelainan Langka, Kisah Bayi yang Lahir Tanpa Tangan dan Kaki Ini Bikin Haru

Oleh Selma Intania Hafidha pada 30 Jun 2020, 12:25 WIB
Diperbarui 30 Jun 2020, 12:25 WIB
Ilustrasi bayi

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tua tentunya mengharapkan buah hatinya lahir dengan kondisi yang normal dan sempurna. Kesehatan sang ibu juga memberikan pengaruh terhadap kesehatan sang buah hati. Kelainan yang diderita ibu atau anggota keluarga lainnya bisa menjadi salah satu faktor jika saat dilahirkan sang buah hati mengalami kondisi yang tidak diinginkan.

Segala upaya tentunya dilakukan tenaga medis untuk menolong sang bayi jika dilahirkan tidak dalam kondisi baik-baik saja. Namun tidak segala hal bisa dilakukan ternaga medis. Jika kelainan yang dierita adalah kelainan bawaan tentunya hal tersebut diluar kendali seorang tenanga medis.

Bayi yang mengalami kondisi yang tidak sewajarnya saat dilahirkan tentunya membuat tenaga medis bingun sekaligus tertegun. Hal serupa juga terjadi di India, tepatnya di salah satu desa. Seorang bayi lahir dengan keadaan yang tidak normal karena menderita kelainan bawaan.

Dilansir dari Mirror oleh Liputan6.com pada Selasa (30/6/2020, bayi di India ini mengalami kondisi yang bikin terharu. Kelainan yang diderita adalah kelainan langka yang membuat keluarga dan dokter menjadi bingung. Pasalnya kondisi sang bayi sangat memprihatinkan karena terlahir tanpa 4 anggota tubuh.

2 dari 3 halaman

Menderita Kelainan Bawaan Resesif Autosomal

Derita Kelainan Langka, Kisah Bayi yang Lahir Tanpa Tangan dan Kaki Ini Bikin Haru
Kisah Bayi yang Lahir Tanpa Tangan dan Kaki Ini Bikin Haru. (Sumber: Mirror)

Bayi perempuan yang dilahirkan di desa Sakla India, Madhya Pradesh ini lahir tanpa empat anggota tubuhnya yakni 2 tangan dan 2 kaki. Bayi tersebut menderita kelainan genetik yang membuatnya terlahir dengan kondisi yang tidak sempurna. Bayi tersebut lahir pada tanggal 26 Juni lalu.

Kelainan yang diderita sang bayi adalah kelainan langka yang membuat keluarga dan dokter bingung dengan kondisi yang diderita bayi perempuan ini. Menurut laporan, bayi itu didiagnosis menderita kelainan bawaan resesif autosomal, yang disebut Tetra-Amelia, ditandai dengan tidak adanya keempat anggota badan.

Walaupun terlahir dengan kondisi langka, Dr Suresh Aggarwal yang merupakan seorang dokter anak di Rumah Sakit Rajiv Gandhi Smriti, Sironj memberikan penuturan jika kondisi sang bayi tersebut sehat-sehat saja.

3 dari 3 halaman

Sindrom Tetra-Amalia

Sindrom Tetra-Amelia adalah kelainan genetik yang disebabkan oleh mutasi pada gen WNT3 dan sangat jarang terjadi. Menurut Bhopal CMHO dan dokter anak Dr Prabhakar Tiwari, sindrom ini mempengaruhi satu dari 100.000 bayi yang baru lahir. Selain itu, dokter tersebut juga mengatakan kasus ini merupakan kasus yang pertama kali terjadi dalam sepanjang karirnya.

Sebuah studi 2011 oleh Dr Eva Bermejo-Sanchez dari Research Center on Congenital Anomalies (CIAC) di Instituto de Salud Carlos III di Spanyol menunjukkan bahwa gangguan tersebut terjadi pada kira-kira satu dari setiap 71.000 kehamilan. Dalam banyak kasus, paru-paru kurang berkembang, membuat sulit bernafas atau yang lainnya.

Para dokter menyarankan agar bayi diperiksa lebih lanjut untuk memeriksa apakah organ internalnya telah berkembang dengan baik.

Lanjutkan Membaca ↓