6 Bahan Kain Jas Almamater yang Umum Digunakan

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 30 Jun 2020, 11:25 WIB
Diperbarui 30 Jun 2020, 11:25 WIB
Ilustrasi Jas

Liputan6.com, Jakarta Bahan kain jas almamater di pasaran saat ini sangat beragam jenisnya. Harga dari bahan kain jas almamater juga sangat beragam tergantung dari kualitas bahan yang digunakan. Sehingga sangat penting untuk memilih bahan kain jas almamater yang benar sesuai kebutuhan, agar kenyamanan ketika menggunakan almamater dapat terjaga.

Biasanya almamater identik dengan dunia perkuliahan. Almamater seakan menjadi identitas dari setiap jurusan yang ada di sebuah Universitas. Namun, almamater saat ini mulai banyak digunakan oleh anak sekolah baik SMP atau SMA. Penggunaan almamater memang biasanya hanya pada acara atau kegiatan tertentu, dan biasanya penggunaannya hingga berjam-jam.

Oleh sebab itu, agar aktivitas juga tidak terganggu perlu untuk memilih bahan kain jas almamater yang benar. Akan tetapi, sebelum memilih bahan kain jas almamater yang nyaman untuk dikenakan, Anda perlu menimbang perihal budget yang akan digunakan dalam membuat almamater, supaya Anda bisa mendapatkan bahan kain jas almamater terbaik pada budget yang dimiliki.

Nah, jika Anda sedang mempertimbangkan bahan kain jas almamater yang cocok bagi kebutuhan Anda, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai jenis bahan kain jas almamater yang umum ada di pasaran, Selasa (30/6/2020).

2 dari 7 halaman

1. Kain American Drill

Ilustrasi Jas
Ilustrasi Jas (kisscc0.com)

Jenis bahan kain jas almamater yang pertama yaitu kain American drill. Jenis bahan kain jas almamater ini memiliki ukuran serat kain yang tidak besar dan juga tidak kecil. Keuntungan serat kain ini tentu dari segi kenyamanan dan kekuatan kain yang seimbang. Sebab jika serat kain terlalu lebar akan berisiko timbulnya sobek.

Kain American drill ini memiliki permukaan bahan yang lembut dan karakter dari kain yang cukup kaku. Karakter kain yang kaku tersebut disebabkan bahan dasar dari kain American drill yang terbuat dari campuran katun dan polyester. Meningat karakter dari kain ini cukup kaku, maka akan sangat baik jika digunakan untuk membuat jas almamater yang kuat namun tetap nyaman dikenakan.

3 dari 7 halaman

2. Kain Japan Drill

Ilustrasi Jas
Ilustrasi Jas (kisscc0.com)

Salah satu jenis bahan kain jas almamater yang juga umum digunakan yaitu kain Japan drill. Kain ini memiliki ukuran serat yang besar, kuat, dan juga tebal.  Sebab, komposisi campuran bahan katun pada kain Japan drill lebih banyak jika dibandingkan bahan polyester, itulah mengapa kain ini cukup terkenal dan menjadi favorit dalam membuat jas almamater, sebab sudah pasti sangat nyaman, sejuk, lembut, serta mudah dalam menyerap keringat ketika dikenakan.

4 dari 7 halaman

3. Kain Twist Drill

Ilustrasi Jas
Ilustrasi Jas (kisscc0.com)

Bahan selanjutnya adalah kain twist drill. Jenis kain twist dril memiliki serat kain yang cukup kecil sehingga memberikan tampilan kain kaku dan juga mengkilap. Pada jenis kain jas almamater twist drill karakternya termasuk lebih kaku dibanding American drill. Namun, keuntungan dari penggunaan kain ini adalah membuat jas almamater yang dikenakan muncul kesan berwibawa. Jadi tidak heran, jika bahan kain jas almamater ini salah satu yang sering direkomendasikan.

5 dari 7 halaman

4. Kain Taipan Drill

[BIntang] Busana warna khaki
Mix and match busana dengan warna khaki. (pinterest)

Jenis kain ini mungkin akan sangat familiar bagi Anda. Benar saja, jenis kain jas almamater ini memiliki warna yang mirip dengan seragam PNS, ya warnanya cokelat muda atau khaki. Karakter kain yang dimiliki bahan taipan drill memang terkenal sangat lembut dan nyaman dikenakan. Sebabnya, bahan yang digunakan untuk membuat kain taipan drill berupa campuran katun 70% serta tetoron 30%. Campuran bahan tersebut yang turut membuat jas almamater yang terbuat dari kain taipan drill selalu memiliki kesan mewah serta berkelas ketika dikenakan.

6 dari 7 halaman

5. Kain Hisofy Drill

Ilustrasi Jas
Ilustrasi Jas (kisscc0.com)

Bahan kain jas almamater hisofy drill memiliki kualitas yang ada di atas American drill. Penyebabnya adalah kandungan bahan berupa katun yang lebih dominan dalam campuran bahan untuk membuat kain hisofy drill ini. Dan, karena lebih dominan penggunaan  katun di dalamnya, maka karakter dari kain hisofy drill sangat lemas serta lembut. Bahkan kelembutan dari kain hisofy drill akan semakin terasa setelah dicuci.

Dengan kandungan katun yang banyak di dalamnya, membuat kain hisofy drill ini terbilang lebih mahal dari segi harganya jika dibandingkan jenis kain lainnya. Sehingga, kain hisofy drill ini sangat direkomendasikan apabila ingin Anda buat jas almamater yang berkualitas unggulan.

7 dari 7 halaman

6. Kain High Twist

Sacco
Sacco hadirkan 12 warna pilihan light weight blazer yang nyaman dan stylish

Bahan kain jas almamater terakhir yang biasanya dijadikan pilihan yaitu jenis kain high twist. Secara tampilan, kain high twist memiliki tampilan yang sedikit mengkilap, rapi, tidak mudah kusut, serta sangat mudah untuk dirawat. Akan tetapi, kekurangan jas yang dibuat dari bahan kain high twist yaitu dari segi kenyamann untuk dikenakan.

Sebab, penggunaan kain hight twist memang cenderung membuat badan menjadi gerah dan panas, sebab kain high twist lebih banyak menggunakan jenis bahan kain sintetis. Itulah mengapa, bagi anggaran pembuatan jas almamater yang terbatas, sangat disarankan untuk memilih kain high twist, sebab harganya cukup murah jika dibandingkan jenis bahan kain jas almamater lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓