10 Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Kecantikan, Cegah Kerutan

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 30 Jun 2020, 11:10 WIB
Diperbarui 30 Jun 2020, 11:10 WIB
Manfaat Biji Anggur Untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Minyak biji anggur kerap hadir dalam produk perawatan kulit dan rambut. Minyak biji anggur berasal dari ekstrak biji anggur yang merupakan produk sampingan dari wine. Minyak biji anggur digunakan sebagai produk kecantikan alami.

Minyak biji anggur terkenal manfaatnya untuk kecantikan karena sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidannya yang menyehatkan kulit. Minyak biji anggur juga tinggi asam lemak rantai omega dan vitamin E. Minyak biji anggur hadir dalam bentuk serum atau campuran krim dan produk perawatan kulit lainnya.

Minyak biji anggur bebas dari bahan-bahan sintetis dan sarat dengan asam lemak yang melembapkan. Minyak biji anggur bisa menembus kulit dengan cepat dan tidak membuat kulit terasa berminyak. Minyak biji anggur murni bisa digunakan sebagai serum wajah sebelum tidur.

Berikut manfaat minyak biji anggur untuk kecantikan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(30/6/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Biji Anggur

minyak biji anggur
minyak biji anggur

Kaya vitamin E

Minyak biji anggur adalah sumber vitamin E yang baik, bahkan lebih dari minyak zaitun. Vitamin E adalah vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan yang larut dalam lemak, yang membantu melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas. Radikal bebas dan faktor lingkungan seperti matahari, angin, dan polusi dapat berpengaruh pada kulit. Faktor ini dapat meningkatkan tanda-tanda penuaan dan menyebabkan kulit kering dan perubahan warna.

Sumber omega 6

Minyak biji anggur kaya akan asam lemak tak jenuh ganda yang didominasi dengan asam lemak omega-6. Ssam lemak omega-6 dan omega-3 sangat penting untuk fungsi dan penampilan kulit. Asam lemak omega-6 khususnya diperlukan untuk fungsi penghalang kulit dari faktor berbahaya.

3 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Biji Anggur

ilustrasi skincare untuk jerawat/pexels
ilustrasi skincare untuk jerawat/pexels

Bantu atasi jerawat

Minyak biji anggur memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang kuat. Sifat ini dapat membantu mengatasi jerawat dan mempercepat penyembuhannya. Minyak biji anggur juga mengandung asam linoleat tingkat tinggi. Asam lemak omega-6 dalam minyak biji anggur dapat membantu mengendalikan jerawat dengan mengurangi pori-pori yang tersumbat.

Tingkatkan elastisitas kulit

Minyak biji anggur telah diuji, bersama dengan sejumlah bahan herbal lain dapat meningkatkan elastisitas dan kelembutan kulit. Minyak biji anggur dapat meningkatkan kelembaban kulit, kelembutan, dan kemampuan meningkatkan tekstur kulit. Kandungan vitmain E dan C dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang mendukung elastisitas kulit. Menggunakan minyak biji anggur bisa mencegah kulit dari keriput dan masalah penuaan dini lainnya.

4 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Biji Anggur

Munculnya Jerawat
Ilustrasi Munculnya Jerawat di Wajah Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Bantu ratakan warna kulit

Minyak biji anggur mengandung bahan antioksidan kuat yang disebut proanthocyanidin. Antioksidan ini dapat meratakan warna kulit ketika digunakan secara konsisten. Minyak biji anggur juga diteliti dapat mengatasi melasma, suatu hiperpigmentasi kulit.

Bantu atasi bekas jerawat dan penyembuhan luka

Vitamin E dalam minyak biji anggur juga dapat membantu mengurangi munculnya jaringan parut jerawat. Minyak biji anggur mengandung antioksidan kuat, mineral, vitamin, dan asam lemak yang bekerja untuk memudarkan bintik-bintik hitam dan mencerahkan bekas luka. Minyak biji anggur juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi pembentukan bekas luka keloid.

5 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Biji Anggur

Dampak buruk sinar UV matahari terhadap rambut
Dampak buruk sinar UV matahari (Foto: unsplash.com)

Lindungi kulit dari bahaya sinar matahari

Minyak biji anggur dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Minyak biji anggur kaya akan banyak senyawa menguntungkan lainnya, termasuk beta-karoten, vitamin D, C, E, dan polifenol. Antioksidan kuat dalam minyak biji anggur mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV sepenuhnya. Menggunakan minyak biji anggur bisa membuat kulit halus dan kencang. Kulit juga juga lebih terlindungi dari masalah yang lebih serius, seperti kanker kulit.

Lembapkan kulit

Asam lemak omega-6 dalam minyak biji anggur dapat membantu meningkatkan tingkat kelembaban kulit dengan mengurangi kehilangan air. Asam linoleat terintegrasi ke dalam membran sel untuk memperkuat pertahanan kulit, menghaluskan dan melembutkan kulit. Sementara itu, vitamin E membantu mengisi kembali lemak alami yang telah hilang. Lemak alami kulit membantu mempertahankan penghalang pelindung dan mempertahankan kelembapan.

Minyak biji anggur juga bisa digunakan pada kulit berminyak. Peningkatan kelembapan dari minyak biji anggur akan membantu memperlambat produksi minyak, yang cenderung menyerang karena kulit menganggapnya terlalu kering.

6 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Biji Anggur

ilustrasi penuaan dini/pexels
ilustrasi penuaan dini/pexels

Kurangi garis halus dan kerutan

Selain asam lemak, minyak biji anggur mengandung polifenol yang membantu melawan penuaan dini. Polifenol pada minyak biji anggur dapat membalikkan tanda-tanda penuaan, seperti bintik-bintik matahari, garis-garis halus, dan kerutan. Minyak juga mengandung sifat astringen alami, menghasilkan kulit yang tampak lebih kencang.

Sehatkan rambut

Minyak biji anggur dapat memperbaiki kondisi rambut dan kulit kepala. Minyak ini dapat mengatasi kulit kepala kering, ketombe, dan gatal. Minyak biji anggur relatif ringan dan tidak membuat rambut terlalu berminyak. Saat diaplikasikan pada rambut, minyak biji anggur akan menambah kelembapan, kekuatan, dan kilau.

Minyak biji anggur juga digunakan sebagai obat alami untuk kebotakan. Asam linolenat dapat merangsang pertumbuhan rambut. Minyak ini mengandung flavonoid yang disebut oligomer procyanidin. Antioksidan ini dapat menginduksi pertumbuhan rambut.

Lanjutkan Membaca ↓