Rusak dan Nyaris Ambruk, Rumah Ini Malah Terjual Rp 45 Miliar

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 30 Jun 2020, 10:45 WIB
Diperbarui 30 Jun 2020, 10:45 WIB
Rusak dan Nyaris Ambruk, Rumah Ini Malah Terjual Rp 45 Miliar

Liputan6.com, Jakarta Rumah adalah tempat tinggal yang paling diimpikan oleh banyak orang. Memiliki rumah sendiri akan membuat seseorang merasa masa depannya lebih terjamin. Hal itu karena ia tidak perlu bingung lagi memikirkan tempat tinggal untuk diri sendiri maupun keluarga. Tak heran jika banyak orang yang berusaha menabung untuk membeli rumah idamannya, baik itu mewah maupun sederhana.

Rumah mewah nan megah bagai istana memang sudah sewajarnya memiliki harga yang sangat tinggi. Namun bagaimana jika sebuah rumah yang lapuk bahkan hampir roboh dibayar dengan harga yang fantastis, tentunya hal tersebut sangat jarang terjadi di tengah masyarakat.

Seperti sebuah rumah tua dengan kondisi lapuk yang terletak di kawasan Darlinghurst, Australia ini. Meskipun kondisinya sangat buruk dan hampir roboh, rumah itu justru terjual dengan harga yang sangat tinggi mencapai Rp 45 Miliar.

Dilansir dari Mirror oleh Liputan6.com, Selasa (30/6/2020) rumah itu mengalami kerusakan atap sangat parah, sehingga banyak kamar telah dibatasi dengan tanda bahaya. Pada sejumlah ruangan, termasuk kamar mandi dan ruang tamu, dinding interiornya terlihat hancur dengan potongan-potongan puing berserakan di lantai.

2 dari 2 halaman

Terjual dengan Harga Fantastis

Rusak dan Nyaris Ambruk, Rumah Ini Malah Terjual Rp 45 Miliar
Rusak dan Nyaris Ambruk, Rumah Ini Malah Terjual Rp 45 Miliar (Sumber: Mirror)

Namun semua kerusakan itu tidak menghalangi pembeli untuk membeli rumah tersebut. Terdapat lebih dari 18 penawar terdaftar ketika rumah tua itu masuk ke pelelangan dan dipadati oleh lebih dari 100 kerumunan orang berkumpul untuk hadir.

Selama tiga tahun terakhir properti itu telah dibiarkan kosong, tetapi pemilik diyakini dapat menyelesaikan perawatan dasar selama periode ini. Rumah ini menawarkan lima hingga enam kamar tidur serta dua kamar mandi dan garasi untuk dua mobil. Letaknya pun sangat strategis, yakni di jantung lingkungan yang ramai.

Situs Real Estate menggambarkan rumah itu menawarkan kesempatan unik untuk mengubahnya dari bangunan lantai empat yang lapuk menjadi rumah impian. Jason Boon dari Richardson dan Wrench, yang menjual properti itu bersama dengan agen Shannan Whitney dari Bresic Whitney, mengatakan pelelangan menghentikan sementara lalu lintas di dekat lokasi ketika orang-orang bertebaran di seberang jalan untuk menonton proses pelelangan.

Juru lelang Gavin Croft, membuka penawaran pada harga Rp 31 miliar, namun dengan segera para calon pembeli menawarnya dengan harga yang sangat tinggi hingga akhirnya terjual senilai Rp 45 Miliar. Penjual properti itu pun tidak menyangka jika rumah tersebut akan dibeli dengan harga fantastis.

"Saya sangat terkejut dengan harganya tetapi ini adalah properti yang langka untuk daerah ini. Ini memiliki potensi yang luar biasa," kata Jason.

Diperkirakan harga rumah itu akan menjadi jauh lebih mahal jika sudah direnovasi. Apalagi melihat harga rumah-rumah di sekitarnya yang juga memiliki harga sangat tinggi.

Lanjutkan Membaca ↓